5
67

√ Ayam New Hampshire

Ayam new hampsihre ialah salah satu jenis ayam yang dikembangkan pada abad ke 20 yakni tepat di negara bagian new hampshire melalui metode perkembangbiakan selektif. Sedangkan keterlibatan dari muncul strain ayam petelur ini adalah ayam rhode island red.

Jadi awalnya para petani di daerah tersebut melakukan sebuah penelitian yang di kawasan stasiun percobaan pertanian new hampshire, Durham. Hingga akhirnya unggas berwarna merah terang ini di terima american standard of perfection pada tahun 1935 kemudian ditambahkan bantam di tahun 1960an.

Lalu tahun 2018 new hampshire red dibakukan sebagai unggas resmi dinegara bagian melalui proposal siswa sekolah dasar Canaan. Salah satu daya tarik dari ayam ini yakni dapat menghasilkan telur dengan banyak dan pertumbuhan yang cukup cepat, maka dari itu tidak heran bila kini sudah tersebar luas diberbagai penjuru dunia.

Asal Usul Ayam New Hampshire

asal usul ayam new hampshire

Sejarah ayam new hampshire merupakan dari keturunan ayam rhode island red (RIR) yang asal muasalnya dari negara bagian new hampshire di Amerika Serikat. Melalui proses penelitian puluhan tahun, akhirnya unggas ternak ini diakui sebagai jenis baru pada negara tersebut.

Kurang lebihnya kemunculan ayam satu ini pada abad kedua. Pengembangannya setidaknya memakan waktu 30 tahun yang mana dilakukan oleh petani dibagian tersebut dengan penelitian berkelanjutan. Keunikan ayam dwiguna ini adalah cepat tumbuh besar, berbulu lebat dan memiliki ciri khas warna bulu merah terang.

Sobat perlu ketahui juga ayam ini telah berkontribusi pada tahun 1940-an khususnya pada pengembangan breed delaware di negara bagian tersebut. Oleh hal demikian tiada salahnya kalau sobat hendak mengembangkan strain ini dengan ras kampung untuk mengangkat produksi telur maupun kualitas daging yang dihasilkan.

Karakteristik Ayam New Hampshire

Karakteristik ayam new hampshire

Selanjutnya untuk mengetahui cir-ciri ayam new hampshire ini tidaklah sulit, sebab secara visual fisiknya sobat hanya memerlukan pengamatan sederhana. Bahkan tipe ayam dari negara amerika serikat tersebut tidak jauh berbeda dengan strain lainnya.

  • Memiliki warna bulu merah terang dibandingkan ayam RIR
  • Warna paruh, kaki kuning dengan corak ekornya hitam
  • Pertumbuhan bulu cepat lebat
  • Pial dan jenggernya bercorak merah dengan model tegak
  • Bobotnya ayam dewasa jantan 3,5-4,0 kg dan betina 2,5-3,0 kg
  • Telurnya berwarna coklat dan ukurannya lebih besar dengan telur ayam rhode island red.

Dari pemaparan diatas bahwa kita simpulkan bila secara fisiknya ayam new hampshire ini memiliki karakteristik yang tidak jauh berbeda dengan ayam rhode island red sebagai leluhurnya. Hanya saja perbedaan dari warna bulunya antara terang dan gelap. Sampai disini jangan sampai salah lagi ya sobat dunia binatang.

Keunggulan Ayam New Hampsire

Keistimewaan ayam new hampshire

Sedangkan untuk kelebihan dari memelihara ayam new hampshire sangatlah banyak. Karena salah satu keuntungannya adalah sebagai ayam dwiguna dimana bisa dimanfaatkan sebagai ayam petelur maupun dagingnya. Sebab di tanah air sebagian besar hanya dari tipe ayam petelur dan ayam pedaging saja.

Menyiasati peluang ternak ini, sobat bisa membuat perencaan agar target yang akan dicapai dapat berkelanjutan dan sangat mungkin untuk mengurangi angka pengangguran di indonesia. Caranya dengan memberdayakan penghobi ayam untuk mengembangkan ayam sebagai peternak mandiri.

Oh iya, kembali ke topik utama kali ini. Untuk beberapa kelebihan yang bisa sobat ambil dari beternak ayam new hampshire adalah sebagai berikut.

  • Mampu memproduksi telur 250 butir/tahun
  • Sifat ayam tenang
  • Pertumbuhan lebih cepat dari ayam kampung biasanya
  • Dapat dipelihara dalam jumlah banyak
  • Harga jual relatif stabil
  • Memiliki ciri khas warna bulu
  • Dapat kawinkan silang untuk memperbaiki kualitas ayam lokal
  • Bisa memenuhi kebutuhan daging ayam setiap daerah
  • Membuka peluang baru untuk sektor peternakan

Sedangkan kekurangan dari memelihara ayam new hampshire ini memerlukan beberapa kali kawin silang agar mendapatkan ciri khas warna ayam lokal. Telur masih seperti ayam petelur komersil. Genetik bulu lebat dan warna dominan merah. Selain itu harga import dari amerika membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Harga Ayam New Hampshire

Harga ayam new hampshire

Jika sobat untuk mengenai harganya yaitu tidak jauh berbeda dengan ayam rhode island red. Sebab ayam ini keturun asli dari RIR tanpa campur genetik ayam jenis lain didalamnya. Karena tidak sepopuler ayam pada umumnya, sehingga di indonesia rata-rata dipelihara oleh peternak mandiri yang fokus dalam penyilangan.

Maka oleh hal tersebut sobat jangan khawatir karena tidak perlu repot-repot import dari negara amerika dibeberapa peternak ternama sudah memilikinya. Jadi cukup mencari komunitasnya supaya bisa mendapatkannya dengan mudah.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan seputar informasi ayam new hampshire versi dunia binatang. Semoga dengan adanya penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply