1976

โˆš Mengenal Ayam Indio Gigante

Ayam indio gigante adalah salah satu strain ayam terbesar di dunia, maka dari tak heran masyarakat menyebut dengan ayam raksasa. Keunikan dari ayam ini yakni memiliki postur tubuh yang tinggi sehingga sangat mudah untuk membedakan dengan jenis ayam pada umumnya.

Saat ini tak sedikit yang bereksperimen menyilangkan giant dengan ayam petelur atau pedaging di indonesia. Tujuan utamanya yaitu menciptkan ras baru dengan kualitas dan kuantitas diatas rata-rata. Mengingat persaingan pasar yang sudah dikuasi oleh pabrik, alhasil peternak kecil harus mengikuti arusnya supaya bisa berkembang juga.

Memang masih jarang yang memelihara indio gigante di tanah air, hal ini tak lepas dilatarbelakangi oleh harga yang cukup fantastis dikalangan pelaku ternak rumahan. Oleh sebab itu indio gigante bisa dikategorikan ayam pedaging dan hias di Indonesia.

Asal Usul Ayam Indio Gigante

Asal Usul Ayam Raksasa

Indio gigante adalah ayam pedaging yang berasal dari negeri brazil. Masyarakat sengaja mengembangkan ayam ini dimana seorang peternak brazil merasa khawatir karena jarang sekali mengkonsumsi daging ayam.

Pada akhirnya mereka menemukan sebuah ide untuk menyilangkan ayam ras malayoid dari india dengan plymouth rock yang asalnya dari pakistan. Hasil dari persilangan kedua jenis ayam tersebut akhirnya membuahkan hasil lalu diberikan naa Indio Gigante.

Selain itu pemberian nama juga tidak asal-asalan. Kenapa bisa dinamai demikian yakni memiliki ukuran tubuh yang sangat besar. Indio sendiri bermakna inda dan gigante adalah raksasa. Agar sobat dunia binatang tidak ketinggalan informasi lainnya, yuk simak terus pemaparan dibawah ini.

Ciri-Ciri Ayam Indio Gigante

Karakteristik ayam indio gigante

Apa yang kita sama-sama ketahui terkait karakteristik dari ayam ini? Sebetulnya sangat mudah sekali baik dari fisik tinggi badan, bobot dan perawakan kepalanya. Hanya saja tak semua sobat sudah mengetahuinya, untuk itu kami cantumkan pada daftar dibawah berikut :

  • Memiliki tinggi tubuh 100-120 cm
  • Ayam dewasa bisa mencapai berat 4-7,5 kg
  • Terdapat corak titik putih seperti polkadot
  • Postur ayam jangkung
  • Mempunyai gen dominan ayam malayoid
  • Terdapati gelambir dibawah paruhnya
  • Menghasilkan telur 160 butir setiap tahunnya

Jadi untuk sobat yang mau membeli harus jeli ketika hendak transaksi, pastikan beli pada peternaknya yang memberikan edukasi dan amanah. Sehingga kedepannya sobat tetap bisa menyilangkan ataupun mengembangkan yang indio gigante original.

Kelebihan Ayam Indio Gigante

Kelebihan ayam indio gigante

Keistimewaan dari indio gigante sangatlah banyak. Alhasil tak heran bila dari berbagai negara belahan dunia ingin mendatangkannya. Sebab kalau difikirkan lebih dalam, manfaatnya sangat banyak untuk meningkatkan ayam modern yang diinginkan pasar lokal baik segi pedaging ataupun hias.

Di negeri kita sendiri sudah ada yang mengembangkan ayam ini namun sudah dikolaborasikan dengan strain yang diminta oleh pasar. Hasil dari karya anak bangsa ini dinamakan ayam gorila, segmen pasarnya adalah ayam kampung super dengan pertumbuhan dan bobot diatas rata-rata.

Teruntuk sobat yang ingin berkreasi lebih juga bisa dengan metode yang sama, namun sobat harus riset pasarnya dan hasil akhirnya akan seperti apa. Tips ini memudahkan sobat dalam menciptakan strain ayam baru dengan kualitas dan kuantitas terbaik. Tapi harus sabar sebab proses tersebut bisa memakan waktu yang lama.

Kelebihan dari ayam ini pun bisa dimanfaatkan sebagai ayam hias. Sebab masih jarang yang memelihara dan harganya pun cukup mahal, selain itu ciri khas yang sangat tinggi dan kokoh ini cocok untuk dipelihara oleh penghobi juga.

Peluang Bisnis Ayam Indio Gigante

Peluang ternak ayam indio gigante

Kemunculan ayam indian giant menghebohkan dunia ternak ayam, pasalnya terdapat keistimewaan dari ayam tersebut. Tentunya hal ini menjadi peluang besar untuk pelaku ternak ayam pedaging, petelur dan hias. Selain itu karena fisiknya yang kokoh ini tak menutup kemungkinan bagi penghobi ayam laga sebagai bahan persilangan.

Karakter yang jinak dan beragam warna bulunya menjadi daya tarik bagi masyarakat pelestari ayam. Tak sekedar itu saja peluang bisnis di nusantara juga karena ayam sangat cocok dengan iklim tropis dan yang agak panas. Maka dari itu bisa menjadi uang pemasukan tambahan bagi keluarga sobat dunia binatang.

Oke itu saja yang bisa kami bagikan untuk informasi kali ini, semoga dengan adanya penjelasan ayam indio gigante diatas dapat bermanfaat untuk kita semua. Sekian dari kami dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply