6
833

√ Rumus Kawin Silang Ayam Bangkok

Rumus kawin silang ayam agar menghasilkan anakan yang berkualitas memanglah penting, apalagi perkembangan dunia ternak sangat cepat. Untuk itu kita sebagai peternak harus pandai-pandai mencetak anak ayam yang dibutuhkan oleh pasar. Maka dari itu beternak pun ada ilmunya pula.

Perkawinan silang tak hanya berlaku pada ayam bangkok saja, bisa juga diaplikasikan pada hewan ternak semacam ayam kampung unggulan dan unggas lainnya. Namun juga disertai metode yang baik supaya sobat tidak rugi waktu dan biaya-nya.

Sehingga cara seperti bukan masalah mudah karena proses percobaan harus menunggu sampai ayamnya besar. Mungkin kalau ayam pedaging lokal bisa lebih cepat, namun ya 2-3 kali percobaan baru bisa dikatakan layak dipasarkan.

Sebagai pertenak pun harus sabar dan kreatif  meningkatkan hasil ternaknya, supaya bisa menembus pasar lebih luas. Agar sobat semua semakin paham mari kita langsung ke topik utamanya sebagai berikut :

Tips Rumus Kawin Silang Ayam

Rumus kawin silang ayam

Sejatinya istilah perkawinan ayam itu sangat banyak, tentu penyebutan tersebut tidak lepas dari genetik dan kualitas hasil anakannya. Terkadang ayam betina para peternak tidak dijual bila dijual pun harus jauh dan harganya lebih mahal.

Cara seperti diatas ini dilakukan agar tidak menirukan produknya sehingga menyebarnya diluar daerahnya. Secara tidak langsung rahasia peternak agar kualitasnya tetap terjaga dilingkungannya. Disisi lain adanya rumus kawin silang ditujukan meningkatkan kualitas supaya para pembeli puas dengan hasil ternak sobat.

Inbreeding

Pertama ini perkawinan dua individu yang mempunyai hubungan darah yang sangat dekat. Alhasil bisa terjadi pada ibu dengan anak ataupun bapak dengan anak serta anak dengan anak.

Secara penguatan genetik bagus sih, akan tetapi biasanya minusnya pada daya tahan tubuh atau kecacatan fisik. Oleh hal tersebut kami menyarankan untuk menghindari metode ini kalau sobat belum begitu faham perkawinan silang ayam.

Outbreeding

Kemudian yang kedua ini bertolak belakang dengan yang diatas, karena istilah out itu keluar/luar. Jadi merupakan perkawinan silang antara individu dengan jenis yang sama namun aslinya ada perbedaan pernanan guna memperbaiki kualitas keturunannya. Istilah lainnya meningkatkan heterozygot.

Jadi dengan penyilangan ini bisa menghasilkan anakan ayam yang lebih baik secara genetik dan fenotipe-nya. Akan tetapi kembali lagi pada kedua indukannya apakah hasil anaknya bagus atau biasa saja.

Line Breeding

Rumus kawin silang ayam yang ketiga ini terjadi pada dua individu yang saling memiliki hubungan darah yang tidak jauh. Karena line sendiri berarti garis jadi secara umum dapat dikatakan perkawinan satu garis keturunan yang sama namun tidak begitu jauh.

Sebagai contohnya kakek dengan cucunya, paman kawin keponakan dan seterusnya. Umumnya teknik ini diaplikasikan untuk mempertahankan genetik serta menghindari kecacatan, kelemahan fisik & mudah terserang penyakit. Selain itu metode ini juga diterapkan pada ayam aduan atau sejenisnya.

Cross Breeding

Selanjutnya istilah perkawinan pada dua ayam yang saling tidak memiliki hubungan darah, juga bisa hubungan darahnya sudah sangat jauh. Penyilangan semacam ini sering dilakukan untuk percobaan atau mencampur genetik agar menghasilkan anakan dari dua strain yang beda.

Namun fakta yang dilapangan malah jadinya hancur lancaran masih tahap satu persilangan, alhasil karakternya masih tarik-tarikan. Apabila sobat sebagai peternak ayam sebaiknya dilakukan beberapa tahap supaya mengetahui kualitas anakannya sebelum dijual pada penggemar ayam lainnya.

Superfightbreed

Sesuai namanya rumus kawin silang ini ditujukan pada 2 individu khusus laga atau aduan. Jadi sebelum melakukan penyilangan setiap individu sudah menghasilkan anakan dengan kualitas masing-masing. Sehingga cukup mencocokkan genetik keduanya. Bahkan tidak serta merta langsung dijual umum, sebelumnya dilakukan uji kualitas agar bisa menyesuaikan kebutuhan pasarnya.

Kurang lebihnya tujuan utama metode ini untuk membangun suatu populasi yang ada didalam kandang dengan genetik yang hampir sama. Maka tidak harus 100% sama melainkan homogen dengan hasil ternak dikandang. Meskipun berbeda tak begitu terlalu jauh sehingga masih relevan.

Super Breed

Untuk yang terakhir ini antara dua individu yang sama-sama dapat menurunkan karakter sifat paling baik pada keturunannya. Dengan teknik ini sebelumnya setiap ayam sudah melewati perkawinan dan mengetahui kualitas anak-anaknya.

Maka dari itu keduanya menyimpan genetika atau fenotipe yang homogen agar nantinya anakan ayamnya bisa sesuai keinginan kita. Walaupun kita tidak bisa menjamin 100% jadi paling tidak ya 50% sudah layak.

Jadi untuk rumus kawin silang ayam cukup banyak istilahnya. Namun penyebutan diatas merupakan berlandasan hubungan darah, genetika dan garis keturunannya. Maka dari itu kalau sobat mau menerapkan sebaiknya pahami ayam yang mau dikawinkan silang.

Cara Memurnikan Gen Ayam

Tips memurnikan geneetik ayam

Tips untuk mengembalikan gen asli ayam itu cukup panjang dan lama prosesnya karena kalau salah seleksi F1 atau seterusnya ya harus ada yang diulang lagi. Kalau sepengetahuan kami itu paling cepat ya 2-3 tahun prosesnya untuk memurnikan genetik.

Mungkin solusi yang cukup bagus untuk kita sebagai peternak desa adalah membuat genetik baru dengan ciri khas tertentu supaya lebih mengetahui kelebihan dan kelemahan hasil persilangannya. Sebagai contohnya ya ayam gorila, larmod dan joper lainnya.

Sebab apabila sobat mengaplikasikan perkawinan inbreeding malah menurunkan mutu genetiknya, sehingga untuk jangka panjangnya tidak bagus bagi pembeli yang kurang paham memelihara ayam.

Sedangkan untuk pemurnian gen ayam kita harus mengumpulkan satu jenis lalu dilakukan persilangan dan direset secara kualitas genetik, fenotipe dan ciri-ciri lainnya. Jadi kalau mau belajar lebih sobat bisa langsung datang ke badan peternakan daerah saja.

Cara Menyilangkan Warna Ayam

Rekomendasi mencetak warna ayam solid

Rahasia menciptakan warna ayam itu inti pokoknya harus mengetahui garis keturunannya. Misalkan tidak tau galurnya ya sobat bakal mengetahui setelah menghasilkan anakannya.

Selain itu ada beberapa warna bulu yang sifatnya resesif, contohnya abu-abu. Sedangkan untuk mencetak beragam warna bisa dari indukan betina hitam kalaupun mau mendapatkan beberapa varian warna bisa juga dari betina gondang, wangkas, emas.

Apabila sobat memiliki blorok umumnya tetap dominan keluar seperti induknya, meskipun mudanya hitam atau putih nanti setelah ganti bulu baru ada perubahan 360 derajat. Misalkan tidak percaya coba saja sobat.

Bahkan yang tidak begitu dipahami oleh penghobi ayam yaitu faktor kekuatan gen yang nantinya akan menghasilkan dominan ke pejantan atau indukan ini yang perlu diketahui juga.

Berdasarkan pengalaman kami sendiri beternak, untuk mencetak warna juga tergantung dari dominan warna bulunya sebab kadang kalau tidak bagus malah menghasilkan yang becampur-campur. Jadinya tidak enak dipandang maupun susah dijual.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan seputar rumus kawin silang ayam versi dunia binatang. Semoga dengan adanya informasi diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply