9
473

√ Ayam Shamokoy : Asal Usul, Ciri-Ciri, Perawatan, Kelebihan & Kekurangannya

Ayam Shamokoy yakni hasil perkawinan silang dengan strain sangat populer dan mahal. Karena kiblat botoh ayam laga di Indonesia adalah Thiland sehingga tidak dipungkiri sangat suka dengan permainan cepat dan ukurannya cenderung kecil.

Kenapa banyak yang memburu shamo sebagai pejantan untuk menghasilkan jenis terbaru dan sangat bagus untuk aduan. Tak heran bila banyak sekali sekarang yang melakukan crossbreed dengan ayam import.

Salah satu alasan utama strain shamo tidak langsung dijadikan ayam petarung karena ukuran terlalu besar sehingga sangat sulit untuk mencari gandengannya. Dari persilangan ini genetik jantan untuk meningkatkan postur dan mentalnya. Alhasil gaya bertarungnya sangat istimewa baik segi brakot dan brutalnya semakin bagus.

Asal Usul Ayam Shamokoy

asal usul ayam shamokoy

 

Berdasarkan serajarhnya bahwa belum diketahui dengan pasti siapa yang pertama kali membudidayakannya. Akan dari melihat grafik dari media sosial dan google sudah ada sejak 2015 silam. Banyak yang mengira jika ayam ini dari import tapi sesungguhnya adalah hasil breeding orang nusantara. Tapi banyak yang langsung menjualnya F1 bukan yang sudah sampai tahap penyempurnaan genetik.

Alhasil bila dibeli dan menjadikan sebagai pejantan/induk betina tentunya akan masih heterogen yang pastinya akan saling tarik menarik genetik dari jantan/betinanya. Jadi dapat dibilang bahan mentah yang sudah diperjualbelikan dengan bebas. Apabila sobat memang suka ayam laga dan beternak pastinya akan meningkatkan kualitasnya agar hasil ternak yang dijual benar-benar berkualitas tinggi.

Awal mulanya ayam shamokhoy ini ditujukan membuat strain baru yang dominan ukuran relatif kecil dari pejantannya. Sehingga akan lebih cocok sebagai ayam laga untuk di nusantara. Meskipun dominan kecil tapi masih termasuk besar, kurang lebihnya seperti jenis bangkok klasik dari segi tulangan dan bobotnya.

Karakteristik Ayam Shamokoy

ciri-ciri ayam shamokoy

Karena jenis ayam shamo juga banyak maka dari itu, pejantan yang kebanyakan dipakai adalah o-shamo dan ada pula yang shamo taiwan, eropa dan lainnya. Dengan ini akan menyulitkan para penggemar yang masih awam. Akan tetapi secara garis besar akan tetap mudah dikenali oleh botoh ayam.

Pasalnya dalam dunia ayam atau hobi ini latar belakangnya adalah selera, jadi bagaimana cara kita untuk mengembangkan dengan tujuan utama. Sehingga bila mengacu untuk beternak dan penjualan maka sobat harus siap-siap analisa pemasaran yang paling dicari dan cukup terjangkau diberbagai kalangan. Berikut beberapa ciri-ciri dari ayam shamokoy :

  • Postur tegak dan tulangan tebal
  • Bobot jantan dewasa rata-rata 2,9-3,5 kg
  • Ekor lumayan panjang dan melengkung ke bawah
  • Paruh tebal & kuat
  • Karakter bermain dominan brakot keras
  • Pukulan dalam sangat bagus
  • Karakter badan menurunkan dari shamo
  • Bobot betina dewasa 2-2,5 kg
  • Terdapat berbagai varian warna bulu seperti hitam, merah, jalak & kelabu

Kelebihan Ayam Shamokoy

kelebihan ayam shamokoy

Nah mungkin banyak dari sobat dunia binatang yang menanyakan bagaimana gaya pertarungan ayam shamokhoy ini? Supaya lebih mengetahuinya dengan detail dan lengkap, maka simak terus penjelasan dibawah ini ya.

Keunggulan shamokoy memang sangat istimewa bagi yang suka karakter brakot brutal ketika berlaga. Apalagi mengalir darah shamo untuk meningkatkan mental dan pukulan dalamnya lebih akurat ke musuhnya. Berikut beberapa contoh dari kelebihannya :

  • Ukuran badan sedang/strandart kontes laga
  • Pukulan brakot sangat mendominasi
  • Pertahanan kuat dan tidak mudah tumbang
  • Mental berlaga seperti ayam shamo
  • Memiliki pukulan dalam sangat keras
  • Gaya bermain kuat dengan waktu lama
  • Masih sedikit peternaknya
  • Pertumbuhan cepat besar
  • Harga cenderung mahal
  • Penggemarnya banyak
  • Mudah mencarikan musuh

Kekurangan Ayam Shamokhoy

kekurangan ayam shamokoy

Siapa yang menyangka bahwa ayam shamkhoy pun memiliki kelemahan dari hasil perkawinan silang tersebut. Walaupun demikian tidak mematahkan para penggemarnya untuk beternak dan membelinya meski cukup menguras isi kantong. Ayam sehebat apapun juga akan kalah dengan ayam jadi tidak ada yang abadi sebagai pemenang terus diarena laga.

Memang beberapa tahun kebelakang ini sedang ramai dengan strain mangon, pama, pakhoy dan shamokhoy ini. Dari pengamatan kami berdasarkan media sosial paling banyak diburu adalah pama & mangon. Entah dari grup ayam manapun. Oleh hal demikian kami akan menyampaikan beberapa kelemahan yang biasanya terdapat pada ayam shamokoy :

  • Kecepatan/speed semakin berkurang
  • Unsur genotipe dan fenotipenya masih sangat terlihat jelas
  • Sebagian besar masih tarik-tarikan genetik pejantan dan betinanya
  • Mirip dengan ayam bangkok dari fisiknya
  • Perkawinan silang rata-rata langsung diambil F1-nya
  • Pejantan dari berbagai jenis o-shamo

Gaya Tarung Ayam Shamokoy

teknik bertarung ayam shamokoy

Melihat dari hasil peranakan peternak dan penghobi di tanah air, dari pengamatan kami rata-rata anakannya memiliki karakter bertarung brakot, pukul dalam dan pertahanan bagus. Kenapa bisa demikian? Sebab dari posturnya menurun dari genetik pemacek sehingga mempunyai pukulan dalam yang tetap istimewa.

Selain dari hal tersebut ayam pakhoy biasanya terkenal dengan mental yang kurang baik, nah dengan crossbreed ini meningkatkan kualitas mentalnya layak dengan shamo. Sehingga tat kala diarena laga tidak akan ragu-ragu dan lebih mendominasi unggul dari lawan-lawannya. Akan tetapi terkadang ada pula yang turun mentalnya sebab induknya lebih banyak menurunkan gen ke anakannya.

Adapun hal yang wajib sobat ketahui dengan persilangan ini umumnya akan mengurangi dari kecepatan atau speed shamokoy sebab dari posturnya cenderung besar. Alhasil tidak se agresif pakhoy asli, mungkin itu sedikit penyampaian dari teknik ayam shamokhoy ketika diadu.

Daftar Harga Ayam Shamokoy Terbaru

NomorUmur/UsiaJenis/PersilanganHarga Ayam Shamokoy
1.Telur TetasShamo x pakhoyRp.50.000-100.000/Butir
2.Anakan 1-2 BulanShamo Jepang X PakhoyRp.200.000-400.000/Ekor
3.Anakan 2-4 BulanShamokoy F1Rp.600.000-1.000.000/Ekor
4.Anakan 1-2 BulanShamokhoy X Bangkok (BK)Rp.200.000-300.000/Ekor
5.Anakan 1-2 BulanShamokoy X MangontradRp.250.000-400.000/EKor
6.Anakan 1-3 BulanShamokoy X KhoyngonRp.200.000-350.000/Ekor
7.Jantan DewasaShamokoy F1Rp.1.000.000-3.000.000
8.Betina DewasaShamokoy F1Rp.750.000-2.000.000
9.Sepasang IndukanShamokoy F1Rp.3.000.000-5.000.000

Apakah sudah melihat tabel diatas yang kami berikan kepada sobat semuanya. Dari daftar diatas tentunya bukan dari ayam yang kualitas asal-asalan. Jadi bagi sobat yang ini membeli untuk dijadikan pejantan suatu saat, maka sebaiknya mencari yang F1 atau shamkhoy original. Dengan demikian percampuran boodline masih cukup mudah untuk dicrossbreed.

Karena perkembangan dunia ayam sangat pesat kemungkinan besar 1-2 tahun kedepan akan semakin ramai dari hasil ternak perayaman di Indonesia. Oleh hal itu mari dari sekarang lebih cermat untuk mendatangkan calon pejantan masa depan. Bila ingin membeli alangkah baiknya dari rekomendasi teman atau peternaknya langsung bisa dipantau oleh sobat. Semoga sukses ya sobat dunia binatang hasil ternaknya.

Demikianlah rangkaian informasi seputar ayam shamokoy yang bisa kami sampaikan, semoga dengan adanya wawasan baru ini menambah pengalaman baru untuk kita semua dan sama-sama bermanfaat. Kami mohon maaf bila masih banyak kekurangan dan kesalahan dalam penyampaian. Sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply