653

โˆš Obat Anak Ayam Mata Berair

Obat anak ayam mata berair dan bengkak bisa diatasi dengan cara alami ataupun obat khusus mata ayam. Dalam dunia ternak ayam pasti tidak akan jauh dengan yang namanya resiko sakit dan kematian, bukan hanya soal keuntungan saja yang wajib kita ketahui.

Kenapa kami sampaikan dengan terang-terangan? Sebab sesuatu hal yang berbaur dengan makhluk hidup pastinya resikonya juga tidak main-main. Walaupun disisi lain nilai keuntungannya juga cukup menjanjikan.

Akan tetapi pola pemeliharaan yang asal-asalan pastinya sangat memiliki resiko yang besar dibanding dengan cara yang terstruktur. Dalam kesempatan kali ini kami akan menyampaikan beberapa poin penting khususnya cara mengobati anak ayam matanya yang berair.

Penyebab Mata Anak Ayam Berair

Penyebab mata anak ayam berair

Kemudian untuk faktor yang mempengaruhi besar kemungkinan mata ayam menjadi berair itu sangat banyak. Sebagai contohnya kita memelihara ayam apa dulu nih, nah kalau sudah tau yang dipelihara pastinya ada metode memelihara skala kecil dan banyak.

Dengan adanya pemetakan ayam yang dipelihara ini juga berpengaruh terhadap cara penangannya. Karena ada bentuk pencegahan juga dimana sebagai upaya untuk mencegah perkembangan virus dari ayam yang sudah sakit. Berdasarkan informasi yang kami ketahui, berikut beberapa penyebab mata anak ayam berair.

  • Kadar Amonia Tinggi

Untuk yang pertama ini didasari oleh dampak amonia kandang ayam kadarnya sangat tinggi atau menyengat. Biasanya juga disebabkan oleh feses atau lembapnya kondisi kandang ayam sobat.

Nah apalagi kalau anak ayam yang dipisah dengan indukan dengan kandang kecil ini juga beresiko terjadinya mata ayam berair. Sebab kalau kandungan asam dari feses ayam tinggi bisa sangat cepat mengganggu sistem pernafasan ayam.

Supaya lebih faham sobat dapat mengeceknya langsung dengan alat indikator amonia meter. Jika ingin lebih mudah mengetahui secara detail sobat bisa memastikan dengan cara duduk atau jongkok dan kepala mendekati ketinggian ayam. Bila mana sobat merasakan indera penciuman bau menyengat bisa dikatakan sudah melebihi dari batasan.

Hal ini berlaku untuk berbagai jenis ayam peliharaan misalnya ayam pedaging, petelur atau ayam bangkok. Jadi kalau kita pahami ternyata ternak itu tetap wajib menjaga kebersihan dan tempat yang memadahi. Semakin faham kan sampai disini, jika kurang lengkap mari kita simak penjelasan lainnya.

  • Terkena Penyakit Pernafasan

Salah satu dampak dari mata ayam berbusa atau berair yaitu terserangnya sistem pernafasan dari berbagai jenis penyakit dan akhirnya menimbulkan mata berair. Dalam kondisi ini sejatinya tidak bisa ditandai satu penyebab saja, sehingga memerlukan analisa lebih dalam lagi.

Beberapa jenis penyakit sistem pernafasan ayam yang sering terjadi di Indonesia diantaranya Korisa, Infectious Laryngotractheitis (ILT), Chronic Respiratory Disease (CRD) & Swollen Head Syndrome (SHS). Untuk tanda-tanda spesifiknya sobat bisa konsultasi sama dokter hewan atau peternak yang sudah berpengalaman.

  • Reaksi Post Vaksin Ayam

Kemudian yang ketiga penyebab adanya mata anak ayam dibawah 3 bulan mengalami mata berair adalah adanya reaksi post vaksinasi. Kemunculan utamanya dari pemberian vaksin aktif seperti Infectious Laryngotractheitis (ILT). Penggunaan vaksin ini biasanya untuk ayam layer.

Secara rinciannya memang vaksin ILT ditargetkan pada organ pernafasan, alhasil membuat reaksi gangguan pernafasan ringan dan mata berair. Jadi tidak perlu khawatir karena ini memang bentuk reaksi normal dan akan hilang dalam kurun waktu 5-7 hari.

Tidak hanya itu saja ringan atau beratnya sebuah reaksi vaksinasi ILT tergantung juga sama kesehatan ayam dan kondisi kandangnya. Maka dari itu kalau kualitas kandangnya baik beserta status ayam baik insyaallah akan sangat ringan bahkan bisa dikatakan tidak ada dampaknya.

Daftar Obat Anak Ayam Mata Berair

Obat mata ayam berair

 

Berhubung sampai ke pembahasan utama kali ini jadi untuk obat anak ayam mata berair bisa diatasi dengan metode tradisional ataupun modern. Pengapliasiannya juga beragam tergantung populasi ayam yang mau diobati, oleh hal tersebut adanya pemetaan akan membantu dalam proses pengobatan.

Karena pada dasarnya pengobatan yang cepat dan tepat sangat dibutuhkan untuk menyembuhkan ayam yang sakit. Apalagi kalau konteksnya anak ayam yang sangat beresiko tinggi terhadap kesehatannya, sebab bisa mengganggu aktivitas ayam tersebut.

Obat Alami Mata Ayam Berair

Cara mengobati mata ayam berair alami

Apakah sobat ayamnya ada yang menderita berair dari usia 1 mingguan sampai sekarang ayamnya sudah dewasa tapi belum sembuh-sembuh? Jadi bagaiamana penanganan permasalahan seperti ini.

Benarkah untuk bisa kembali normal, karena saat ini ayamnya sudah menjadi jago. Apa benar juga ada indikasi penyakit bawaan menetas atau cacingan di mata ayam? Daripada sobat bingung yuk coba dengan tips dibawah berikut.

Perasan Air Daun Sirih

Rekomendasi yang pertama ini menggunakan air perasan daun sirih yang diusapkan atau diteteskan ke mata ayam yang berair bahkan bengkak. Sobat cukup merebus daun sirihnya sampai mendidih dan diamkan sampai hangat/dingin.

Sebelum ke tahap pengobatan sobat bisa membersihkan mata anak ayam dengan kapas ataupun tangkai sirihnya. Metode pengobatan dengan memberikan 1 hari sekali dan dilakukan selama 5-7 hari berturut-turut.

Hal ini karena kita sama-sama tau kalau daun sirih merupakan obat alias antiseptik alami yang banyak manfaatnya. Selamat mencoba dan semoga ayamnya segera sembuh sobat.

Daun Kelor Obat Tradisional Mata Ayam Berair

Kemudian untuk pengobatan tradisional lainnya sobat dapat memanfaatkan daun kelor. Secara metode pengobatan sama halnya dengan metode diatas. Jadi tetap menggunakan air rebusannya dan bisa usapkan ataupun diteteskan pada bagian mata yang sakit.

Khasiat dari pemberian daun kelor pun sangat banyak karena bisa dijadikan campuran ransum ayam sebagai tambahan nutrisi ayam dari daun-daunan. Bahkan juga sebagai solusi induk ayam yang suka memakan telurnya.

Obat Khusus Mata Ayam Berair

Insto atasi mata ayam berair

Untuk referensi obat mata yang bisa didapatkan di apotik ataupun poultry shop disekitar sobat ini kami akan memberikan informasi nama obat dan cara pemberiannya. Oleh sebab itu jangan lewatkan penjelasannya agar tidak bingung.

Kalau soal obat ini insyaallah sudah tidak diragukan lagi untuk khasiatnya. Sehingga cukup melakukan perawatan dengan maksimal serta pemberian obat sesuai anjurannya.

Insto Obat Mata

Upaya mengatasi mata ayam bangkok yang berair bisa juga dengan memberikan obat mata insto. Hanya saja untuk dosis pemberian sobat wajib lebih teliti, sebab obat ini memang khusus manusia.

Manfaat dari insto yakni akan membantu membersihkan kuman atau bakteri yang terdapat mata ayam seperti karena iritasi, terkena pukulan ayam atau faktor lainnya. Sedangkan kalau sudah terasa parah dapat sobat berikan 3 kali sehari.

Vixin Drops Obat Mata Ayam Merah

Vixin merupakan obat mata yang sangat steril dan isotonis sehingga efektif sekali untuk mengatasi mata ayam ataupun burung memerah serta berair. Selain itu juga bermanfaat dalam pengobatan radang mata atau akibat yang lainnya.

Aturan pakainya sendiri bisa sobat cek dalam setiap kemasannya. Karena sudah tertera dengan lengkap dan jelas, maka tidak perlu lagi mencari cara pemakainnya. Harga Vixin Drops kurang lebihnya Rp.10.000/botol yang berisi 10 ml.

Obat Mata Ayam Rahasia Juara

Lalu rekomendasi yang terakhir ini juga bisa digunakan untuk pengobatan snot, ayam kena jalu, mata katarak ataupun siwer. Obat yang dibuat dengan ramuan herbal ini dapat menyembuhkan beberapa indikasi ayam sakit mata.

Jadi sangat cocok sekali bila disimpan dalam kurun waktu lama bilamana akan menggunakan sewaktu-waktu. Bahkan bisa diperuntukkan pencegahan ketika musim penyakit ayam agar mata tetap sehat dan jernih.

Setiap kemasan obat mata ayam ini berisi 15 ml dalam bentuk botol kecil. Alhasil lebih mudah disimpan dan tidak memerlukan tempat yang besar. Soal harga obat rahasia ayam juara ini dibandrol Rp.30.000/botol. Jika mau membelinya bisa melalui media online khusus perbelanjaan.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan untuk kali ini. Semoga dengan adanya penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply