2
21

√ Obat Ayam Mencret Medion

Obat ayam mencret medion adalah formulasi untuk pencegahan dan penanganan terhadap kotoran ayam cair atau diare. Apakah metode ini juga bagus untuk kondisi ayam yang terlihat masih sehat? Hal ini bisa memicu masalah dalam organ ayam? Lalu cara mengatasinya bagaiman?

Sebetulnya perubahan bau, bentuk dan warna feses ayam adalah indikasi dari adanya perubahan sistem pencernaan dan kesehatan ayam. Umumnya ayam sehat akan mengeluakan kotoran yang berwarna kehijauan atau kecoklatan dan solid serta diselimuti corak putih asam urat disisi atasnya.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan kepada sobat dunia binatang terkait pengobatan ayam diare dari merk medion. Bagaimana kelanjutannya, terus simak pemaparan dibawah berikut.

Penyebab Kotoran Ayam Mencret

Penyebab kotoran ayam basah

Menentukan kondisi penyakit pada suatu hewan ternak bukan sekedar dari kondisi feses saja. Akan tetapi dari ciri-ciri bentuk dan warna kotoran inilah bisa membantuk untuk mendeteksi diagnosa pada ayam.

Supaya mendapatkan hasil yang lebih akurat alangkah baiknya bila kita melakukan pengamatan secara mendetail. Salah satu caranya bisa dengan pembedahan atau mengamati dari perubahan saluran pencernaan, uji laboratorium dan perubahan kondisi fisik.

Berikut ini ada beberapa penyebab dari kotoran ayam basah atau mencret. Maka dari itu untuk penanganannya sobat bisa membaca secara lengkap dari faktor-faktornya.

  • Heat Stress

Feses yang basah bisa diakibatkan oleh heat stress, ini merupakan dampak dari lingkungan kandang dengan suhu terlalu tinggi. Pasalnya kondisi yang panas akan mendorong ayam meminum air sangat banyak dan tidak seimbang dengan konsumi pakannya.

Jadi kalau dihitung sesuai perbandingan umumnya membutuhkan pakan berbanding 2:1 ini justru suhu panas presentase ayam minum mencapai 5:1 hal ini bersifat alami karena mengkonsumi air minum untuk menurunkan suhu tubuhnya.

  • Infeksi Penyakit

Faktor ayam mencret berikutnya yaitu adanya penyakit pencernaan yang diakibatkan atau ditularkan sama virus, bakteri ataupun parasit sehingga ada gejala diare. Penyebab ini sangat mungkin terjadi lantaran beberapa jenis penyakit seperti kolera, salmonellosis, gumboro, ND, dan masih banyak lainnya.

Bahkan infeksi seperti parasit cacing berupak koksidiosis maupun leucocytozzoonosis bisa menyebabkan ayam mencret juga. Jadi diare yang diderita oleh ayam ini dari setiap penyakit terdapat ciri-ciri yang berbeda-beda.

  • Kualitas Nutrisi Pakan

Kemudian penyebab ayam diare juga bisa dilandasi kadar protein dan garam yang tinggi. Dengan demikian akan menganggu keseimbangan elekrolit dalam organ dalam ayam alhasil feses menjadi basah. Kadar garam yang tinggi memicu sebuah peningkatan konsumsi air yang pada akhirnya menjadi mencret.

Hal ini pun bisa terjadi bila mana protein pakan terlalu tinggi dikonsumsi namun tidak dapat dicerna secara baik. Maka dampaknya asam urat menimbun dalam ginjal dan menyebabkan air minum sangat banyak untuk menurunkan kadar asam uratnya.

Daftar Obat Ayam Mencret Medion

obat ayam diare medion

Tips penanganan pertama terhada ayam yang mencret menggunakan obat-obatan dari medion, alangkah baiknya sobat memisahkan ke kandang lainnya supaya tidak menular lebih parah lagi. Andaikan sudah menjalar ke alas kandang yang berupa sekam lebih bagus diganti, tujuannya sobat tidak rugi lebih banyak.

Berdasarkan informasi kami ketahui bahwa PT.Medion Farma telah menghadirkan beberapa merk obat ayam mencret atau diare baik dengan kapsul, serbuk dan injek. Berikut ulasannya dan dosis penggunaannya.

Amoxitin Medion

Dosis Amoxitin medion

Amoxitin adalah obat yang mengandung amoxicilin trihidrare yang sangat efektif untuk membasmi secara tuntas seperti bakteri escherichia coli, haemophilus paragalinarum. Bentuk dari obat satu serbuk dan sangat dianjurkan pada ayam petelur ataupun pedaging.

Cara pemakaian atau anjuran dosisnya yaitu setiap 1 gram dilarutkan pada air minum 1-2 liter atau 0,1-0,2 gram dari berat badan ayam. Lalu sobat berikan dalam kurun waktu 3-5 hari secara berturut-turut.

Khasiat dari amoxitin sangat cepat terserap dan akan langsung ditrisbusikan ke ogran dalam ayam yang terinfeksi khususnya sistem pencernaan. Alhasil daya kerja lebih cepat dalam mengatasi bibit penyakit lainnya. Harganya relatif murah karena yang berisi 100 gram dibandrol dengan Rp.36.500 sedangkan yang 250 gram kurang lebihnya Rp.76.000-80.000.

Medoxy-LA Untuk Ayam

Dosis Medoxy-la untuk ayam

Obat ayam mencret medion berikutnya ini bernama medoxy-la, ini merupakan rekomendasi pengobatan dengan cara injeksi. Kandungan pada medoxy terdapat oxytetracyline yang efektif dengan sebagian besar bakteri gram -/+. Jadi sangat bagus juga untuk mempercepat penyembuhan ayam yang ngorok, kolera, korisa dan infeksi oleh bakteri.

Jadi cara menggunakan medoxy-la untuk ayam dilakukan penyuntikan secara instramuskuler yakni menembus daging atau otot hewan ternak atau subkutan dibawah kulit unggas. Dosis yang diberikan sebaiknya 0,25 ml setiap ayam berbobot 1 kg dan dilakukan 1 kali penyuntikan saja. Untuk kasus yang sudah kronis bisa diulangi setelah 3 hari.

Produk medoxy-la ada yang mulai isi 20-100 ml. Sehingga akan lebih beragam harganya yakni dari Rp.28.000-Rp.49.000 setiap 1 kemasannya. Sobat dunia binatang bisa mendapatkannya di toko online seperti shopee ataupun tokopedia.

Antibiotik Koleridin-K

Manfaat obat ayam koleridin

Obat ayam diare yang ketiga ini berupa kaplet yang bernama koleridin. Jadi kalau sobat merupakan peternak ayam bangkok ataupun ayam kampung skala kecil sangat cocok menggunakan koleridin ini. Karena bentuknya kaplet lebih mudah disimpan dalam waktu lama.

Koleridin mengandung antibiotik spektrum luas. Dengan demikian dianjurkan sekali terhadap pengobatan ayam berak kapur, CRD, kolera ataupun berak darah. Kemasannya terdapat beberapa macam seperti isi 10 kaplet, 50, 100, 500, 1000 dan 5000 kaplet.

Aturan pemakaian dengan memasukkan kaplet ke mulut ayam lalu didorong ke dalam kerongongon. Dosisnya ayam berbobot kurang dari 1,5 kg satu hari 1 kaplet dan berikan selama 3-5 hari. Sedangkan ayam yang berat badanya lebih dari 1,5 kg satu hari 2 kaplet dan diberikan selama 3-5 hari berturut-turut juga.

Tycotil Obat Pencernaan Ayam

Rekomendasi obat ayam mencret medion yang terakhir ini menggunakan tycotil, yang mana dapat mengatasi permasalahan sistem pencernaan ayam dan pernafasan. Bentuk obatnya adalah serbuk yang dilarutkan dengan air.

Kombinasi kandungan 2 antibiotik seperti tylosin dan colistin sulfate sangat efektif terhadap membasmi infeksi pada sistem pencernaan maupun pernafasan. Karena kemasan 250 gram cukup mahal dengan demikian diperuntukkan pada pelaku ternak ayam petelur atau pedaging skala 100-500 ekor.

Cara Mencegah Ayam Mencret

Cara mencegah ayam diare

Peningkatan kesehatan sistem pencernaan ayam khususnya usus sangatlah penting sobat lakukan guna mengurangi kasus ayam diare maupun feses basah. Sebab infeksi semacam ini didasari bakteri patogen dalam usus.

Jadi perkembangan bakteri patogen secara koloni dimana berdampak pada lisisnya sel epiten vili usus. Alhasil penyerapan air terhadap jaringan usus ayam menjadi berkurang. Salah satu metode pencegannya ialah dengan menjaga keseimbangan antara mikroflora usus dengan suplementasi probiotik.

Selain itu sobat mengatur dari suhu udara kandang dan kebutuhan protein yang dibutuhkan ayam. Jangan lupa untuk mencegek kesehatan ayam dengan berkala sebagai upaya dalam mencegah berbagai jenis penyakit kepada ayam kita. Demikianlah rangkaian informasi terkait obat ayam mencret medion versi dunia binatang. Semoga dengan adanya penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply