4
303

√ Cara Mengobati Ayam Kena Jalu

Cara mengobati ayam kena jalu amatlah penting bagi penghobi ayam laga. Jika tidak tau penanganannya bisa menjadi cidera fatal pada ayam. Salah satu guna mendapatkan informasinya ya membaca dengan artikel dibawah ini. Dunia pertarungan memang tiada habisnya akan tetapi ilmu pengetahuan dan pengalaman ialah salah satu modal utama paling berharga.

Umumnya pukulan taji ayam ini seringkali mengarah bagian vital seperti halnya kepala, telinga mata, leher dan paha ayam. Sejatinya ayam pukul jalu sudah turun temurun dari leluhurnya hanya saja terkadang perawatan yang menjadi faktor utama.

Meskipun taji dibungkus pun kalau sudah karakter pukul ya sangat mungkin bisa membuat luka robek ataupun lubang. Hanya yang perlu diantisipasi ialah pukulan ko atau bagian syaraf. Sehingga mau melerainya harus hati-hati supaya tidak mengakibatkan cacat permanen. Langsung saja simak pemaparan dibawah ini :

Bagaimana Cara Mengobati Ayam Kena Jalu?

Cara Mengobati Ayam Kena Jalu

Sebelumnya agar sobat tepat cara penanganannya yang mesti dilakukan yakni bagian mana ayam yang terkena jalu. Alhasil memudahkan dari pengalaman serta tingkat keseriusan sakitnya. Tujuan kami selaku admin dunia binatang ialah memberikan informasi yang akurat kepada sobat semua.

Bahkan terdapat beberapa metode yang dapat diaplikasikan untuk menyembuhkan ayam terkena taji secara tradisional ataupun kimia. Maka dari itu jangan lewatkan tips kali ini supaya menambah wawasan kita semua. Apa saja bahan-bahan yang perlu disiapkan? Simak penjelasan dibawah ini :

Obat Alami Luka Pukul Jalu Alami

Obat Ayam Sakit Alami

Pengobatan pertama ini dapat diterapkan pada bagian luka ayam, khususnya bukan yang vital seperti dada, punggung & leher. Karena bila mengenai mata, paha dan kepala ini cukup rawan terhadap syaraf ayam. Oleh sebab itu sobat juga mengetahui dari kedalaman luka jika lawan dengan taji panjang dan runcing.

Lalu apa yang bisa dilakukan sobat untuk mengatasi sobekan atau memar akibat pukulan jalu ayam secara tradisional? Tenang dulu sobat, yuk ikuti cara-caranya seperti daftar berikut :

Rekomendasi Obat Paling Sederhana

Siapkan perban/hansaplast. Lalu ambil kunyit tumbuk hingga halus. Kemudian Balurkan pada luka ayam lalu tutup dengan perban (Ini opsional tergantung dari tingkat sakitnya)

Tips Mengobati Luka Memar

Ambilah daun kelor dari pohonnya, metode ini yang dimanfaatkan ialah getah daunnya. Oleh sebab itu sangat membutuhkan yang dipetika langsung. Teteskan pada luka memar akibat hantaman taji. Agar lebih maksimal proses penyembuhannya berikan saja daun tersebut pada ayam sebagai jalan cepat untuk dari dalam tubuh ayam.

Lakukan cara ini selama 3 hari dan setiap pagi hari. Sesekali cek perkembangan dari sakit yang di derita ayam sobat. Jika sudah menerapkan dan sangat cocok, jangan lupa lampirkan komentar dibawah artikel ini ya sobat.

Obat Ayam Terkena Pukul Taji di Apotik

Obat Luka Ayam Aduan

Kemudian ada pula cara pengobatan ayam terkena jalu lawan secara obat pil ataupun kimia. Metode ini sangat disarankan kepada sobat yang tak mempunyai waktu yang lama untuk mengurus hewan ternaknya. Jadi cukup membeli dan langsung bisa diberikan pada ayamnya.

Pertama yaitu bernama obat supertetra. Caranya sendiri bisa dengan memberikan obat dalam dan luar. Teruntuk luka sobekan sangat ampuh sekali dengan menamburkan isi dari pil ini pada area luka. Insyaallah dalam kurun waktu 1-3 sudah kering dan mengelupas koreng pada ayam.

Kedua yaitu betadine atau obat merah, saran dari kami yaitu bila lukanya tidak terlalu parah. Bisa jadi robekan atau tusukan yang tak dalam, hanya saja ditambahkan perban untuk antisipasi kuman menyerang lukanya menjadi lama sembuh.

Ketiga ini rekomendasi obat untuk bagian fatal seperti mata, tembolok & paha ayam. Jika mengakibatkan cukup parah pada mata sebaiknya ditangani dengan memberikan tetesan air tembakau lalu ditutup supaya tidak berdampak kebutaan ayam. Sedangkan asupan obat dari dalam tubuhnya dengan obat tarivit atapun antibiotik seperti halnya amoxicilin dan lain-lainnya.

Langkah ke empat ini dengan memberikan antiseptic kepada luka ayam. Contohnya alkohol 70% atau betadine guna membersihkan sisa kotoran yang menempel pada tubuh ayam. Lalu jangan sampai lupa istirahatkan ayam sepenuhnya dan disuplai obat pil untuk memulihkan ayam pada kondisi sedia kala.

Selain itu sobat bisa juga memberikan obat bernama Cendo Xytrol yang bisa diperoleh apotik terdekat. Cukup dengan dibersihkan dengan daun sirih lalu teteskan saja obat mata Cindo tersebut dan lakukan selama 4 hari dengan pemberian 1 kali setiap harinya. Semoga beberapa daftar diatas ini dapat membantu dalam mengobati ayam milik sobat.

Perawatan Luka Ayam Kena Taji

Cara Merawat Ayam Terkena Taji

Munkin konteks ini cukup banyak manfaatnya serta lebih tepat dengan perawatan ayam habis di adu. Umumnya setiap habis bertarung akan berdampak luka ringan sampai fatal, sehingga memerlukan pengalaman yang menyeluruh agar lebih tepat.

Ketika di gelanggang ayam milik sobat bertemu dengan lawan tangguh pastinya akan sulit dan lama untuk memenangkannya. Secara otomatis sang ayam mempertahankan kekuatan fisiknya untuk bisa menumbangkannya. Tanpa sobat sadari pula dalam perawatan ini sangat banyak dan tak murahan.

Namun terkadang malah yang sering lupa disediakan ialah obat-obatan secara lengkap. Oleh sebab itu dari sekarang sobat harus memiliki obat secara herbal ataupun kimia. Tujuannya untuk mengatasi ayam yang sedang sakit karena alam ataupun habis berlaga.

Jadi yang mesti disediakan ialah kunyit, gula aren/merah, amoxicilin, tetra-chlor, minyak ikan, obat cacing dan antibiotik yang biasa sobat berikan pada hewan ternak dirumah. Hal ini dapat disesuaikan berdasarkan kecocokan lantaran tak semua jenis obat itu cocok dengan yang di aplikasikan.

Sedangkan perawatannya ayam kena taji ini yang penting dibersihkan dan berikan jamu atau obat untuk memulihkan tenaganya. Agar ayam sobat cepat sehat kembali dan akan mempercepat proses pengeringan lukanya. Jangan sampai ayam malah diberikan latihan ekstra yang dapat mengakibatkan sakit dalam dan kurus kering.

Apakah Mata Ayam Terkena Jalu Bisa Pulih?

Apakah benar mata ayam kena jalu bisa pulih

Pertanyaan diatas ini cukup menarik kita ulas sobat. Kalau jawaban versi kami ialah tergantung dari tingkat sakitnya. Karena ada yang sampai tertancap dan mata si ayam menjadi pecah, tentunya akan menjadi cacat fisik permanen.

Lalu kalau hanya sabetan pada mata juga bisa menjadi buta? Kalau ini yang kerap terjadi adalah menjadi siwir atau penglihatan tidak jelas. Secara kegiatan ayam sehari-hari tidak begitu berpengaruh hanya saja kalau buat turun arena sebaiknya dipertimbangkan lagi.

Opsi diatas bisa sobat terapkan pada ayam dijadikan pejantan saja jika sudah memangi pertarungan yang sudah banyak diberbagai arena gelanggang. Sehingga akan fokus untuk meningkatkan kualias anaknya dan dapat dijadikan andalan lagi pada suatu saat.

Inti pokoknya dari mata ayam diatas ialah tergantung tingkat pukulan yang berdampak pada ayam. Disisi lain juga penanganan yang baik dan benar masih berpeluang ayam pulih totalitas.

Demikianlah rangkaian informasi kali ini yang bisa kami sampaikan seputar cara mengobati ayam kena jalu versi dunia binatang. Semoga dengan adanya penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply