2544

√ Ayam Layer Modif Adalah!! Ingin Tau Penjelasannya?

Ayam layer modif atau larmod merupakan hasil perkawinan silang anatara ayam layer arab & merah salah satu jenis ayam petelur yang ditujukan untuk mencetak doc ayam kampung dengan produksi telur layaknya layer umumnya.

Mungkin belum semuanya mengenal lebih dalam dari strain unggas ternak satu ini. Sebab berdasarkan informasi kami ketahui salah satu pencetus dan pengembangan ternaknya ialah Bang Abdi sitorus. Beliau sendiri mengembangkan beragam jenis unggas namun lebih fokus ke ayam kampung ungggul dan petelur.

Salah satu hasil ternaknya yang sudah malang melintang diberbagai penjuru nusantara yaitu ayam gorila. Kembali lagi ke pembahasan utama, agar tidak memecah topik hari ini maka langsung saja kita kupas tuntas sampai ke akar-akarnya perihal ayam larmod.

Silsilah Ayam Larmod

Asal Usul Ayam Layer Modif

Ayam layer modif ialah layer yang dimodifikasi secara genetiknya dengan perkawinan beberapa ekor layer jenis lain. Sehingga dengan metode demikian ini tidak mengubahnya ras/strain layernya dan tetap mengikat daya telurnya setinggi layer umumnya.

Perlu diketahui dari modifikasi genetik ini tidak ditujukan dijual telur konsumsi, melainkan menghasilkan DOC ayam kampung atau telur tetasnya. Karena sudah terdapat modifikasi dari berbagai layer sendiri contohnya isa brown, new hampshire, ayam arab, copper maran dan rhode island red (RIR).

Dengan beberapa jenis strain petelur diatas dikombinasikan teknik perkawinan dan seleksi sangat dalam maka lahirlah satu ayam layer modif yang memiliki warna mulai beragam seperti hitam, merah dan sebagainya. Perlu diketahui dalam masa puncak produksinya bisa menghasilkan telur 90% dan masa umumnya setara 70% tanpa mengeram telur-telurnya.

Karakteristik Ayam Layer Modif

Spesifikasi Ayam Layer Modif

Secara fisiknya ayam larmod terdapat beragam warna bulu oleh karena itu maka tidak bisa disebut dengan satu/dua warna saja. Hal ini dilandasi atas kombinasi perkawinan dari berbagai suku ayam layer bukan dari rekayasa genetik ya sobat dunia binatang. Jadi jangan sampai salah sangka dan pemahaman terkait isu tersebut.

  • Warna bulu kelabu, coklat hitam, hitam ayam kampung, putih kehitaman, jali dan merah RIR.
  • Produksi Telur 70-90%
  • Warna cangkak telur mirip dengan ayam ras
  • Bobot dewasa 2KG lebih
  • Presentase telur 250-320 butir/tahun

Jenis Ayam Larmod

Sedangkan dari klasifikasinya terdapat 2 jenis hingga kini yang sudah dikenali banyak peternak ayam. Meskipun secara fisiknya tidak begitu signifikan perbedaannya apalagi secara bobot dan kualitas hasil telurnya.

Ayam Arab Modif

Ayam Arab Modif

Larmod biasa atau arab modif merupakan satu jenis petelur yang bertujuan untuk mencetak doc ayam kampun maupun telur tetas dengan daya produksinya antara 70-80% dan masa puncaknya mencapai 90%.

Secara visual arab modif memiliki fisik lebih tinggi genetik arabnya akan tetapi dari bobotnya sudah berbeda jauh. Maka oleh dari itu sangat rekomendasi guna mencetak bibit ayam kampung baik mengejar bobot dan produksi telurnya.

Karena sudah ada modifikasi genetik sehingga gen arabnya sudah melemah alhasil induk betina akan menghasilkan anakan genetik atau garis keturunan pejantannya. Misalnya sama ayam bangkok maka akan rata dengan sang pejantannya.

Ayam Layer Modif Blue

Ayam Larmod Blue

Ayam larmod blue adalah hasil perkawinan silang antara arab modif dengan jenis blue atau keturunan asli dari copper maran. Dengan demikian maka blue tersebut akan menghasilkan anakan yang dominan kelabu apabila dikawinkan lagi sama layer modif dan arab modif berwarna kuning.

Berdasarkan track record peternak yang pernah mengambil anakannya pertumbuhannya sangat pesat, bahwa dalam 2 bulan bisa mencapai bobot 1,7kg dengan FCR yang rendah. Jadi kami rasa sangat bagus untuk mengembangkan ras lokal yang kualitas super.

Dari hasil anakannya bisa beragam corak warna bulu seperti kelabu, jali kecoklatan, hitam dan mirip dengan ayam kampung biasa. Dengan kualitas demikian pemasaran telur tetas/dagingnya akan lebih mudah dan proses panen pun sangat cepat.

Perbedaan Ayam Layer Modif & Layer Biasa?

Perbedaan ayam layer modif

Menurut Candra Rianto perbedaan utama layer biasa dengan larmod secara fisiknya lebih kecil dibandingkan larmod/armo. Kedua dari bulu bagian dalam layer biasa umumnya putih.

Selain itu kalau tidak salah bahwa layer biasa merupakan dari persilangan layer ps coklat dan betina silangan ps putih dari hasil kombinasi beberapa jenis salah satunya white leghorn. Umumnya layer biasa juga digunakan sebagai bahan indukan joper dan apabila dikawinkan pejantan warna hitam anaknya belum tentu dominan hitam melainkan masih bercampur-campur.

Ayam layer biasa penghasil telur konsumsi sedangkan larmod untuk pencetak doc kampung dan telur tetas. Harganya pun sangat berbeda entah dari telur maupun anakannya. Sebab tujuannya sudah berbeda cukup jauh.

Kelebihan Ayam Larmod

keistimewaan ayam layer modif

Memang tak ada makhluk hidup yang sempurna, namun kita sebagai manusia sudah berkewajiban untuk berusaha semakimal mungkin untuk memperbaiki setiap kekurangannya. Dalam konteks kali ini kami akan menyampaikan beberapa kelebihan dari ayam layer modif diantaranya :

  • Pertumbuhan cepat harga cenderung meningkat
  • Produksi telur 80-90%
  • Dapat dimanfaatkan untuk cetak DOC kampung super
  • Tidak memiliki sifat mengeram
  • Pangsa pasar sangat luas
  • Harga telur termasuk ayam kampung
  • Tersedia beragam corak warna bulu
  • FCR pakan rendah hasil masih memuaskan
  • Harga daging ayam larmod stabil
  • Solusi penghasil uang tambahan
  • Perawatan tidak ribet dan rewel
  • Daya tahan lebih kuat sebab bukan dari induk final stock

Mungkin masih ada pendapat terkait kelebihan yang belum kami cantumkan diatas menurut versi sobat dunia binatang bisa komentar dibawah ya. Selain itu bahwa kelemahan/kekurangan larmod ini bila dipancing mengeram maka bisa mengeram juga. Misalnya telur yang menumpuk banyak yang dibiarkan maka sang betina bisa mengeraminya.

Harga Ayam Layer Modif

harga ayam larmod

Pasti banyak yang mencari tahu nih harga dari ayam layer modif blue atau yang biasa? Apalagi lokasi sobat bukan di medan atau aceh tentunya harus sabar mengantri dengan peternak lainnya. Jadi dikesempatan ini kami sudah merangkum informasi dari bang abdi sitorus/Candra rianto, simak baik-baik ya sobat jawabannya.

Pertama harga telur tetas ayam layer modif yang kami ketahui terbaru ialah Rp.3.350/butirnya. Apabila hendak membelinya 10-20 butir sobat cukup mengkalikan saja dan jangan lupa biaya ongkos kirimnya. Misal sudah ada peternak didaerah sobat kami sarankan langsung ke yang satu daerah agar lebih mudah mendapatkan telur tetasnya ataupun DOC.

Selanjutnya DOC ayam larmod harga dari bang candra rianto ialah tidak menentu karena pasaran di kawasan medan sendiri ada yang jual Rp.7.000-10.000/ekor doc. Jadi kita hitung saja yang 7000/ekor-nya, dengan demikian bila mau beternak ayam layer modif mendatangkan DOC 100 ekor membutuhkan biaya Rp.700.000 belum dengan biaya ongkos kirimnya. Kalau dari sudut pandang kami itu termasuk murah karena kita sudah membeli produk jadi bukan bahan ya.

Disisi lain produksi yang sangat luar biasa bisa menjadi opsi buat sobat mau memfokuskan ke pedaging ataupun petelur masih terbuka lebar. Kalau harga pullet/indukan dan pejantan hingga kini kami belum mengetahuinya, mungkin estimasi-nya di nominal Rp.75.000-150.000/ekornya.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan seputar ayam layer modif semoga dengan adanya pengetahuan ini menjadi inspirasi kita semua. Sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply