2
124

√ Manfaat Bekicot Untuk Ayam Bangkok

Manfaat bekicot untuk ayam bangkok adalah memberikan beragam sumber nutrisi yang sangat baik untuk ayam hobi ataupun laga. Hal ini ternyata sudah dibuktikkan oleh berbagai peternak ayam disejumlah daerah.

Hewan bercangkang keras ini juga sering dianggap yang menjijikkan oleh sebagian orang. Salah satu penyebabnya karena terdapat lendir yang sulit dihilangkan. Sedangkan bagi menganggap bahwa siput ini sebagai hama perusak pada tanaman.

Walaupun demikian sejatinya terdapat sejuta manfaat diperuntukkan pakan unggas ternak seperti ayam bangkok ataupun bebek. Bagi sobat yang memelihara ayam simak dengan detail dosis dan cara pemberian yang tepat terhadap hewan peliharaannya.

Bekicot Adalah

Apa itu bekicot

Achatina Fulica atau lebih dikenal dengan nama bekicot merupakan jenis siput darat yang termasuk dalam kategori suku achatinidae. Asal muasalnya dari wilayah afrika timur dan telah menyebar di berbagai penjuru dunia karena terbawa dalam perdagangan.

Karena mudah dipelihara dan cepat berkembang biak moluska ini menjadi spesies invasif terburuk di dunia. Maka dari itu menyebabkan dibeberapa negara melarang untuk memelihara sebagai hewan timangan atau kesayangan.

Di wilayah indonesia bekicot mempunyai nama daerah yang berbeda-beda sebagai contoh untuk jawa tengah atau jawa timur menyebut dengan bekicot atau siput. Sedangkan masyarakat jawa barat memberikan nama dengan keong racun.

Selain itu bahwa bekicot sama keong mas atau keong sawah dan tutut itu berbeda. Tutut sangat berbahaya bagi manusia lantaran membawa parasit cacing yang dapat membahayakan peradangan otak.

Cara Memberi Bekicot Untuk Ayam Bangkok

Tips memberikan bekicot pada ayam

Bila kita berbicara terkait cara pengolahan dan metode pemberian bekicot pada ayam bangkok banyak informasi yang beredar berdasarkan pengalaman pribadi peternak ayam. Maka dari itu kita tidak bisa menyalahkan semuanya, sebab informasi yang disebarkan sudah dibuktikan pada dirinya.

Untuk pengolahan bisa dibuat menjadi tepung bekicot atau langsung dibersikan dagingnya lalu dipotong kecil-kecil kemudian diberikan pada ayam. Umumnya bekicot dimanfaatkan untuk mengobati ayam malamen atau kurus kering tidak nafsu makan serta sulit gemuk.

Sedangkan pemberian kurang lebih 2-3 kali dalam seminggu sesuai berat bobot ayamnya. Waktu terbaik memberikan yaitu sore hari sebelum ayam istirahat dengan tujuan memaksimalkan khasiat bekicot. Apabila sobat berminat mengolah menjadi tepung caranya yaitu memisahkan dagingnya dengan cangkang.

Setelah itu diberishkan beberapa kali lanjut dengan direndam air garam selama 30 menit. Kemudian pisahkan dan ganti dengan air bersih biasa dan direbus selama 20 menit. Tahap yang selanjutnya adalah menjemur sampai kering dan sobat giling haluskan lalu dimasukkan pada kapsul.

Jadi opsi ini bisa dijadikan referensi untuk menghemat waktu dan penyimpanan dalam jumlah banyak. Sehingga sewaktu-waktu membutuhkan bisa langsung diambil dan diberikan pada ayam kesayangan sobat dunia binatang.

Manfaat Bekicot Untuk Ayam Bangkok

Manfaat Bekicot untuk ayam bangkok

Daging bekicot kaya akan manfaat khususnya pada hewan peliharaan semacam ayam ataupun unggas lainnya. Sebagaimana dapat meningkatkan sistem kekebalan daya tahan ayam dan menambah energi ayam bangkok ketika musim pancaroba serta bertarung diarena laga.

Untuk ulasan lebih lengkapnya sobat bisa membaca daftar dibawah berikut ini. Dengan demikian maka tidak akan lagi bingung lantaran sudah sangat detail dengan deskripsinya. Oleh dari itu jangan lewatkan informasinya ya sobat dunia binatang.

  • Menambah Stamina Ayam

Khasiat yang pertama diperoleh sama ayam bangkok yaitu mendorong pada porsi stamina terbaik. Sehingga nafas ayam aduan bisa bertarung dalam waktu yang lama dan tetap diperforma stabil.

Berdasarkan ilmu kedokteran bahwa manfaat bekicot bagus untuk penderita penyakit asma atau gangguan pernafasan. Makanya tak heran bilamana siput darat ini diberikan sebagai suplemen ayam.

  • Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Ketika ayam setelah bertarung pastinya ada luka ringan sampai robekan yang bisa dikatakan parah. Bahkan tak jarang dapat menyebabkan cidera fatal ayam, adanya hama petani kini bisa dimanfaatkan sebagai sumber protein yang sangat berguna.

Bagaimana tidak hewan bercangkang ini mudah sekali didapatkan diarea perkebunan dan halaman rumah kita. Pemberian yang sesuai takarannya dipercaya untuk mengeringkan luka pada ayam bangkok. Alhasil sangat rekomendasi menjadi obat ramah dan gratis.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ayam

Manfaat bekicot untuk ayam bangkok yang ketiga adalah sebagai penambah daya tahan ayam. Makanya ketika musim tidak menentu ini akan menjaga keseimbangan kesehatan ayam sehingga tidak mudah terkena penyakit.

Adanya kandungan nutrisi B dan B12 pada daging memiliki kemanfaatan pada kekebalan tubuh ayam terhadap cuaca ekstrim. Selain hal tersebut ternyata bagus pula guna meningkatkan nafsu makan.

  • Bermanfaat Menyehatkan Bulu Ayam

Apabila sobat mengalami permasalahan bulu ayam mudah patah dan kusam makanya solusinya adalah memberikan daging bekicot. Umumnya hal tersebut dikarenakan sering bertarung dan bertemu musuh brutal.

Cara memberikannya sobat dengan rutin bisa 2 hari sekali dalam waktu 2 minggu. Asam amino pada bekicot sangat bagus membantu menyehatkan serta bulu menjadi kuat dan lebat. Apalagi mengkilapkan bulu yang kusam pada ayam pun bisa. Jadi jangan ragu untuk menggunakannya.

  • Mencegah Penyakit Kurap Ayam

Kurap biasanya menyerang ayam laga karena waktu membersihkan ayam dari habis bertarung kurang bersih. Hal paling menyebalkan kurap ayam itu adalah bersifat menular dan ayam jadi tidak sehat secara fisik dan mentalnya.

Sebagai langkah trobosan terbaik yaitu memberikan bekicot pada ayam aduan sobat setelah bertarung untuk antisipasi penyakit kurap. Selain itu lendir bekicot juga sangat bagus untuk kesehatan kulit dan ini belum banyak orang yang mengetahuinya. Bahkan cocok juga sebagai perawatan luka di kulit lantaran bisa menyebar dengan baik dipermukaan kulit.

  • Peredaran Darah Ayam Menjadi Lancar

Lalu manfaat bekicot untuk ayam bangkok berikutnya adalah mempercepat pertumbuhan anakan ayam. Hal ini tidak lepas adanya peran aktif dari protein sehingga memperlancar peredaran darah ayam.

Jika ayam milik kesayangan sobat mengalami keterlambatan pertumbuhan dan sulit makan serta tak gemuk walau makannya banyak. Coba atasi dengan memberikan daging bekicot ini karena akan memacu sirkulasi darah ayam yang tidak stabil.

  • Mencegah Penyakit Kuning Ayam

Pernahkan mengalami penyakit kuning ayam sobat atau bahkan saat ini mencari sulosinya? Oke kalau begitu akan kami jelaskan reaksi dari pemberian bekicot ini pada ayam kesayangan sobat dunia binatang.

Jadi penyakit kuning merupakan salah satu jenis penyakit yang termasuk kategori sering menyerang ayam bahkan beberapa study kasus bisa mengancam nyawa ayam. Namun solusinya untuk pengobatan dan pencegahan siput daratlah paling sederhana dan tradisional.

Zat besi yang terkandung pada daging bekicot lumayan tinggi dan dipercaya dapat meningkatkan produksi sel darah merah dimana berguna sekali pada kebutuhan sistem tubuh ayam dan hal ini menjadi penyebab ayam pucat kuning menyerang ayam aduan sobat.

Kandungan Gizi Bekicot

Kandungan gizi bekicot

Jarang sekali kita mencari informasi seluruh kandungan yang terdapat pada setiap hewan bertubuh lunak ini. Akan tetapi pada kesempatan yang baik ini kami akan membeberkan secara lengkap. Inilah kandungan yang melimpah ruah pada bekicot :

  • Protein 48,7 gram
  • Air 6,7
  • Energi 441 kalori
  • Lemak 20,3 gram
  • Abu (ASH) 8,4
  • Karbohidrat 15,8 gram
  • Fosfor 523
  • Zat Besi 16,6
  • Kalsium 6629 mg
  • Vitamin C 69 miligram
  • Thiamin (Vit.B1) 0,59 gram
  • Retinol (vit.A) 6 mikrogram
  • Karoten Total 1,408 mcg

Bahaya Makan Bekicot

Bekicot mengandung zat arsen yang sifatnya layaknya racun. Zat racun inilah apabila dikonsumsi memakan bekicot bisa memicu iritasi ginjal. Alhasil dampaknya fungsi dari ginjal tidak bisa dengan baik.

Makanya kami merekomendasikan jika dikonsumsi oleh manusia alangkah baiknya sebelum memakan. Porsinya yang sewajarnya dan jangan sampai lupa cara pengolahan dan memasaknya yang baik dan benar.

Demikianlah rangkaian informasi kali ini yang bisa kami sampaikan seputar manfaat bekicot untuk ayam bangkok. Semoga dengan adanya pemaparan yang detail diatas bisa sobat manfaatkan dengan semestinya. Kurang lebihnya mohon maaf sekian dari kami dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply