2
1142

√ Tips Mengobati Ayam Bangkok Pucat

Mengobati ayam bangkok pucat bisa dengan beragam metode, seperti halnya negara kita tercinta ini yang berbeda-beda namun memiliki satu tujuan yang sama. Jadi secara konteksnya alat & bahan yang berbeda tapi untuk pengobatan sama.

Mungkin bagi yang baru terjun dunia ternak khususnya ayam akan kebingungan kok beda pendapat dan caranya. Ya begitulah keindahan dalam seni beternak. Hal ini bisa didasari oleh ketersediaan bahan dasar, daerah, budaya serta penyakitnya.

Sehingga tidak heran bagi penghobi ayam ada yang menerapkan obat-obatan tradisional maupun kimia. Kurang lebihnya demikian, sebab kita tidak tentu menerapkan metode yang sama bisa berhasil. Maka dari itu harus menemukan kecocokan obatnya. Bahkan sulit dilogika kalau soal perawatan ayam, terlebih ayam yang memerlukan perawatan khusus.

Dalam kesempatan yang baik ini kami akan memaparkan terkait cara mengobati ayam bangkok pucat. Entah dikarenakan kesalahan kita sendiri dan jenis penyakit khusus. Sebelum ke pembahasan utama, alangkah baiknya kita mengetahui dari penyebabnya terlebih dahulu :

Penyebab Ayam Bangkok Pucat

Penyebab ayam pucat

Mungkin sebagian besar sobat dunia binatang belum begitu mengetahui faktor utama ayam bangkok menjadi pucat dan sering kali disertai kurus kering. Bahkan porsi pakan sudah banyak juga tidak ada perubahan yang cukup memuaskan, bukankah begitu permasalahannya sobat.

Jadi berdasarkan pengalaman kami dan informasi yang didapatkan ayam yang pucat bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti halnya pola perawatan yang kurang baik bisa menjadi pertimbangan yang cukup akurat. Akan tetapi kita tak dapat bertumpu pada satu persoalan saja. Barangkali juga fakor lainnya. Simak saja penjelasan dibawah ini :

  • Terlalu Lama Tidak Keluar Kandang

Penyebab pertama ini seringkali dikarenakan ayam tidak pernah diumbar atau mandi dan jemur. Karena kekurangan nutrisi pakan dan kandang yang lembab menjadikan pucat bahkan bisa kurus kering. Jadi bagi sobat yang masih baru belajar beternak silahkan jauhkan hal tersebut pada ayamnya.

Mungkin karena ada kesibukan pula sobat tidak memiliki waktu lebih untuk mengecek ayam-ayamnya. Maka dari itu alangkah baiknya sobat membuat jadwal sendiri supaya perawatan ayam bangkok dikandang bisa lebih bagus lagi.

  • Disebabkan Ayam Cacingan

Selanjutnya yang kedua ini dilatarbelakangi adanya cacing pada tubuh ayam, jika tak segera ditangani dengan segera bisa berakibat cukup fatal. Karena untuk memulihkan ayam tersebut membutuhkan waktu setidaknya 1 bulan.

Ciri-ciri ini dapat dikenali dengan makan banyak yang berkualitas namun tidak ada perkembangan pada bobot ayamnya. Rekomendasi dari kami usahakan memberikan obat cacing dengan berkala bisa 2-3 bulan sekali. Insyaallah akan manjur dan ayam pun sehat dengan bobot ideal.

  • Kekurangan Sel Darah Merah

Fungsi utama darah merah merupakan media penyalur makanan serta oksigen dalam tubuh ayam. Jika ada ayam yang kekurangan maka secara otomatis kesehatan terganggu, khususnya pada wajahnya akan menjadi pucat.

Kalau orang jawa biasanya menyebutnya malamen. Penanganan pertama yang biasa kami lakukan yaitu memandikan, menjemur dan mengumbar ayam yang sakit tersebut. Kemudian memberikan pengobatannya seperti daging.

  • Memakan Benda Sulit Dicerna

Penyebab ayam pucat ke empat ini juga disebabkan oleh memakan benda yang keras atau sulit untuk urai oleh sistem pencernaan ayam. Umumnya ayam yang jarang diumbar akan mudah mengkonsumi benda asing disekitarnya. Jadi sangat rawan bila kondisi kandang ayamnya banyak berupa plastik, karet, kaca dan lain-lainnya.

Beberapa tanda yang bisa sobat ketahui dari ayam yang mengalami gangguan ini ialah semakin malah bergerak, badan yang semakin kurus dan mukanya pucat. Kalau kondisi belum lama bisa dibeda atau dispet untuk mengeluarkannya.

  • Mengalami Dehidrasi Akut

Ayam adalah hewan peliharaan yang membutuhkan air sangat banyak untuk memenuhi kebutuhan tumbuh kembangnya. Andaikan ayam mengalami dehidrasi berkepanjangan maka akan mengakibatkan malas makan dan membuat raut kepala pucat.

Jika sobat menerapkan pakan kering sebaiknya menyediakan air minumnya agar tidak menganggu pertumbuhan ayam. Selain itu dapat memberikan pakan basah supaya kebutuhannya tercukupi.

  • Kualitas Pakan & Takaran Sedikit

Protein pakan yang baik adalah pada kisaran 20% jika kurang dari itu dan masih dikombinasikan dengan dedak yang banyak secara otomatis akan mengurangi nilai gizinya. Jadi tidak efektif bila diberikan pada ayam yang pada masa pertumbuhan serta dewasa.

Untuk itu jika ingin ayam-ayamnya tetap gemuk sehat sobat mesti memperhatikan kualitas dan campuran pakannya. Tips ini sudah wajib bagi peternak ayam hukumnya agar kesehatan serta bobotnya masuk kriteria standarnya.

  • Latihan Fisik Berlebihan

Terakhir yaitu dikarenakan latihan fisik yang berlebihan namun suplemen yang diberikan asal-asalan. Sehingga ayam mengalami kecapean dan kebutuhan tubuh yang tak tercukupi membuatnya down.

Jadi bagaimana langkah yang tepat untuk mengatasinya? Berdasarkan pengalaman dan informasi kami ketahui sobat mesti menerapkan settingan pada ayam-ayamnya. Setidaknya standarisasi jamu dan suplemen pada ayam laganya.

Cara Mengobati Ayam Bangkok Pucat

Cara Mengobati Ayam Bangkok Pucat

Setelah mengetahui beberapa penyebab ayam bangkok atau aduan menjadi pucat. Agar sobat dunia binatang semakin tahu dan memahami tidak lengkap rasanya bila tanpa solusinya. Kami akan memberikan hal yang dilakukan untuk memecahkan masalah ini.

Sebenaranya metode yang lakukan cukup mudah, namun karena pengetahuan dan pengalaman setiap orang berbeda-beda. Makanya akan kami sampaikan secara rinciannya, supaya lebih maksimal pemulihan ayam-ayamnya. Simak penjelasan dibawah berikut ini :

Obat Ayam Pucat dan Lemas Alami

Pengobatan yang ampuh secara sederhan untuk ayam bangkok pucat adalah memberi jamu. Bahkan metode ini sudah diwariskan turun temurun sejak zaman nenek moyang kita. Sedangkan bahan-bahan yang digunakan yaitu :

  • Telur
  • Madu
  • Gula Merah
  • Kunyit
  • Lengkuas
  • Jahe

Untuk pembuatannya bisa disesuaikan saja hal biasa sobat terapkan. Selain itu jangan lupa dosis yang gunakan harus sesuai agar tips mengobatinya lebih cepat. Setiap komponennya memiliki manfaat masing-masing, alhasil sangat efektif guna memulihkan serta menjaga kesehatan hewan ternak.

Treatment Ayam Bangkok Pucat

Langkah selanjutnya yang dilakukan untuk mengobati ayam yang sakit dengan cara seperti rawatan harian. Hanya saja tidak kita memberi jam tambahan berupa latihan fisik. Tujuannya ayam akan lebih cepat kembali pada tenaga sebelum sakit pucat.

  • Membiarkan bergerak dikandang umbaran
  • Mengurangi waktu penjemuran
  • Memberikan pakan pasah yang lebih banyak voernya
  • Meminumkan larutan air gula merah sebagai menambah stamina

Memberikan Makanan & Vitamin Tambahan

Cara mengobati ketiga ini dengan menambah kebutuhan badan ayam yang disuplai dari pakan serta vitamin. Setidaknya untuk memaksimalkan prosesnya sobat memberi full konsentrat atau mengurangi campurannya. Sehingga bisa dipantau secara mendetail.

Sedangkan vitamin bisa berupa minyak ikan, daging bekicot, daging kambing, belut, telur dan pisang. Kalau tidak sempat membelinya daging, bisa menggantikan produk untuk khusus ayam seperti super power, jamu bima & jamu mbah joyo.

Mengurangi Aktivitas Ayam

Terakhir yaitu mengurangi jam aktivitas ayam seperti halnya menjemur sampai siang, latihan fisik treadmil, abar 1 air. Alangkah bagusnya meliburkan kegiatan ayam tersebut andaikan dalam masa pemulihan dari pucat lesu.

Jadi kurang lebihnya demikian untuk mengatasi ayam aduan pucat kurus kering yang ampuh versi dunia binatang. Bila sobat semua ada saran ataupu kritik membangun jangan lupa dicantumkan kolom komentar ya.

Tips Agar Ayam Tidak Pucat & Kurus

Tips Ayam tidak pucat

Sesudah mengetahui penyebab dan cara mengobatinya tentunya kita bisa belajar untuk mengantisipasinya. Jadi apa yang mesti dilakukan supaya ayam yang dipelihara tetap sehat, bobot ideal & lancar beternaknya. Ikuti saja rekomendasi dari admin dunia binatang berikut :

  • Memberikan pakan, vitamin & jamu yang terbaik
  • Mengecek berkala setiap individu ternak
  • Segera menangani jika ada yang sakit
  • Menyiapkan kandang umbaran yang layak
  • Menambah jalinan silaturahmi antar peternak sekitar
  • Sayangi ayam sewajarnya & perlakukan selayaknya kita sebagai makhluk hidup juga

Demikianlah informasi dari kami seputar mengobai ayam bangkok pucat yang dapat disampaikan. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply