2245

โˆš Ayam Bangkok Blorok

Ayam bangkok blorok merupakan salah satu jenis ayam yang memiliki ciri fisik seperti dengan ayam pada umumnya. Hanya ada perbedaan yang sangat mencolok yakni dari warna bulunya. Keberagaman versi blorok menjadi cikal bakal yang sulit ditebak dan hal inilah menjadikan keunikan khusus.

Para penghobi ayam di nusantara tak sedikit yang mengaitkan bahwa ayam blorok memiliki banyak keistimewaan tertentu. Hal ini sejalan dengan anggapan botoh ayam maupun kalangan peternak. Karena faktanya banyak ayam blorok yang bisa memenangkan pertarungan dan menjadi juara.

Bahkan ada yang menanyakan dari katuranggan pada ayam blorok. Pemikiran ini tak lepas karena salah satu identitas dari ayam bangkok yaitu masih sangat melekat dengan katuranggan. Selain itu setiap ayam pun memiliki keunggulan masing-masing sebagai contoh dari kepala, kaki, bulu dan lain-lainnya.

Ayam Bangkok Blorok Adalah?

ayam bangkok blorok adalah

Ayam bangkok blorok merupakan ayam yang dipelihara untuk hias maupun petarung. Sebagian kecil juga memanfaatkannya sebagai ayam pemacek untuk menyilangan dengan ayam petelur atau ras kampung.

Jadi blorok merupakan warna ayam yang didasari warna putih atau hitam. Kemudian pada bagian bulu rawisnya terdapat beberapa kombinasi seperti kuning, orange, hitam, kelabu dan merah.

Maka dari itu bila semakin unik dan tembus antara perpaduan warna dasar dan rawisnya. Alhasil nilai jual belinya bisa mencapai harga yang sangat fantastis, apalagi di dukung dengan hasil anakannya yang berkualitas. Dengan demikian maka ayam blorok milik sobat semakin dikenal dan banyak yang mau membelinya dari berbagai daerah.

Ciri-Ciri Ayam Blorok

Ciri khas ayam bangkok blorok

Kemudian untuk mengetahui karakteristiknya secara mendasar, sobat bisa mengecek penjelasan lebih lengkap. Sebab hampir semua ayam blorok memiliki ciri fisik dengan daftar dibawah berikut ini :

  • Warna bulu dasar putih atau hitam yang disempurnakan dengan bulu kombinasi trotol
  • Ciri fisik sama halnya dengan ayam bangkok biasanya
  • Ayam blorok hitam putih umumnya mempunyai warna dasar hitam lalu pada bagian trotolnya putih dan begitu juga sebaliknya
  • Sementara blorok madu memiliki ciri khas bulu rawis berwarna kuning cerah seperti jagung baik leher & punggungnya
  • Kategori ules tembus yaitu antara warna paruh, mata, kaki, sisik, kuku, jalu seirama atau sama menjadi menyambung.
  • Karakteristik ayam bangkok klasik yaitu untuk paruhnya ngalen atau bergaris tidak terlalu terbal ataupun tipis.
  • Model sisiknya yakni belimbing atau buaya menjadi 2 garis kering rapi.
  • Sementara model kepala sama dengan buah pinang

Semakin kental silsilah ayam bangkoknya, maka bisa dipastikan ciri-ciri diatas 90% terdapat pada ayam blorok milik sobat. Namun untuk saat ini persilangan antar jenis ayam sangatlah mungkin jadi untuk mendapatkan dengan spesifikasi diatas butuh kesabaran dan uang yang cukup.

Warna Rawis Ayam Blorok

Jenis warna ayam blorok

Keistimewaan pada ayam blorok bisa kita ketahui dari keberagaman kombinasi warna bulu rawisnya. Entah dari yang kuning, hitam, merah, wido dan klawu pun ada. Maka dari itu sobat semunya membutuhkan klasifikasinya secara lengkap.

Salah satu tujuan penjebaran ini adalah mendetailkan karakteristik setiap ayam yang memiliki label blorok. Karena terkadang kemiripan corak bulu menjadi salah informasi yang bisa sangat fatal. Oleh hal demikian, alangkah baiknya sobat simak pemaparan dibawah berikut.

Ayam Blorok Hitam Putih

Ayam Blorok Hitam Putih

Klasifikasi yang pertama ini memiliki ciri khas atau bulu dasar hitam ataupun sedangkan untuk trotolnya dengan warna putih bahkan sebagain besar rawisnya pun demikian. Presentase rawis merah sangatlah minim sekali pada jenis ini karena lebih cenderung kombinasi hitam dan putih.

Memang tipe ini sangat mudah ditemu pada ayam masih belia atau belum mabung. Sebab rata-rata ayam blorok setelah ganti bulu umumnya akan berubah-ubah. Apabila terdapat 2 warna itu saja orang-orang akan menyebut ayam blorok tulak.

Ayam Blorok Madu

Ayam bangkok blorok madu

Lalu yang kedua ini sangat idaman bagi penghobi ayam bangkok. Jadi tak heran beberapa pecinta ules blorok masih salah menyebut atau memaknai karena tidaklah mudah mendapatkan ayam blorok madu. Karakteristik ayam ini adalah warna bulu dasar hitam dengan kombinasi trotol putih yang disempurnakan sama rawis kuning madu.

Karena presentase perpaduan rawis unik inilah yang menjadi cikal bakal pemberian nama blorok madu. Sedangkan dari harganya cukup beragam, ada yang dijual anakan 100.000-1.000.000 pun ada. Pada intinya silsilah juara dan kualitas sangat mempengaruhi nilai jual belinya.

Ayam Blorok Hitam

Ayam blorok hitam super

Selanjutnya warna blorok ini memiliki dasar 75% hitam dan trotol putih serta rawis bercorak merah kecoklatan atau kumbang. Meskipun cukup jarang kita temui, terkadang indukan dan pejantan blorok masih bisa mewariskan warna nyentrik ini.

Selain itu karena kombinasi yang hampir sepenuhnya berwarna hitam, maka tak heran kalau menemukan digrup jual beli ayam disebut dengan kumbang juga. Hal ini sebaiknya sobat menanyakan dari silsilahnya supaya mengetahui secara detail warna dari leluhurnya.

Ayam Blorok Klawu

Ayam bangkok blorok klawu

Blorok klawu yaitu bulu warna ayam dengan bentuk dari dasarnya putih dengan beberapa kombinasi seperti hitam, kuning dan orange. Contohnya corak semacam ini sangat mungkin diturunkan oleh indukan kelabu dengan pejantan blorok rawis merah atau kuning.

Walaupun sangat beragam warna seperti ini juga banyak yang menyukai karena dari sisi fisiknya sangat gagah ditambah dengan bintik warna rawis yang unik. Beberapa jenis blorok klawu juga ada yang memiliki rawis dominan merah kecoklatan. Sehingga kalau dipelajari lebih dalam sangat banyak dari jenis warna rawisnya.

Ayam Blorok Wido

Ayam blorok wido

Blorok tapi wido? Apakah hal ini ada dan benar-benar sudah terbukti secara nyata. Sangat betul sekali keberagaman blorok masih berlanjut pada rawis wido. Lalu dari karakteristik fisiknya bagaimana? Berikut ada beberapa ciri fisiknya yang bisa sobat ketahui.

Wido atau ayam jalak juga ternyata ada yang memiliki bulu dasar blorok. Ya karena warna dasarnya hitam kemudian sebagain trotolnya itu putih yang dilengkapi rawis leher dan punggung bercorak wido. Umumnya ketiga warna tersebut bisa seimbang dan tetap terlihat terkesan.

Bahkan beberapa penghobi dan peternak masih banyak pula yang memilikinya. Kemunculan jenis warna ini tak lepas dari perkawinan silang antara ayam yang berwarna blorok sama jalak. Karena kepuasan setiap peternak berbeda-beda ada yang fokus sama kualitas dan ada pula yang menjadi pencipta karakter warna.

Sehingga kita tak bisa menyalahkan siapa-siapa. Lantaran selera warna bulu ayam bagi penghobi ayam tidak bisa dibatasi dan ditentukan secara individual. Nah itulah beberapa daftar klasifikasi warna ayam bangkok blorok yang populer di nusantara versi dunia binatang.

Keistimewaan Ayam Blorok

keistimewaan ayam blorok

Sebelum mengetahui dari keunggulan pada ayam bangkok blorok tidak ada salahnya kita mengupas dari sisi kelemahan atau kekuragannya. Sebagaimana pada makhluk hidup semuanya pasti mempunyai keistimewaan dan kekurangan maka dari itu kita sama-sama belajar untuk menambah pengetahuannya.

Kekurangan Ayam Blorok

  • Secara umum ayam warna blorok warnanya mudah kusam apalagi jika kerap diadu pada arena lantai tanah.
  • Kelemahan fisiknya dominan kuran tahan dalam waktu yang lama baik dari ketahanan dan staminanya
  • Banyak pantangan ayam blorok ketika mencari musuh tandingan karena masih menerapkan ilmu primbon jawa
  • Sebagian besar ayamnya mudah lemas dan warna bulunya berubah-ubah
  • Sulit untuk menciptakan ciri khas sangat spesifik dari warna rawis ayam blorok

Kelebihan Ayam Bangkok Blorok

  • Mempunyai gaya pertarungan yang sangat unik dan cepat sehingga menyulitkan lawan dalam menghindar
  • Memiliki keberagaman warna bulu unik dan menarik banyak orang
  • Tidak mudah ditiru untuk ciri khas warna rawisnya
  • Visual fisiknya sangat tinggi, struktur tulang tebal dan gagah
  • Memiliki warisan mental jawara sehingga tak sedikit yang menjadi juara
  • Dipercaya jika memelihara ayam blorok madu bisa menjadi pelindung dari berbagai sebaran penyakit bahkan pada hewan ternak kita.
  • Tergolong ayam berkelas tinggi dan mempunyai katuranggan sangat komplit.

Kurang lebihnya untuk keunggulan dan kelemahan ayam bangkok blorok sudah dijabarkan secara lengkap. Bila mana sobat masih merasa kurang memahaminya bisa cantumkan komentar dibawah artikel ini.

Cara Merawat Ayam Bangkok Blorok

Perawatan ayam blorok sejatinya tidak serumit yang kita bayangkan. Namun tujuan dari memelihara ini menjadi tumpuan untuk merawat sesuai target pribadi sobat. Misalkan untuk ayam laga harus bagaimana? Seperti pada ayam bangkok aduan biasanya saja ya semacam mandi, jemur, jamu, latih fisik dan uji lapangan.

Kalau sobat ingin mengembangkan sebagai ayam laga non sabung ya tinggal dipadukan sama standari dari persyaratan lombanya. Namun jika fokusnya menjadi pemacek tangguh untuk memperoleh doc petelur dan pedaging ya persiapkan pengelolaan yang baik agar hasilnya bisa bagus juga.

Tetapi warna blorok itu ayam yang memiliki beberapa corak jadinya mudah kusam dan kotor andai tidak dirawat dengan baik. Maka dari itu terus belajar dari peternak ayam ambil sisi baiknya buang hal buruknya. Karena kita adalah generasi muda yang harus mengubah sudut pandang negatif dari masyarakat terkait memelihara ayam bangkok.

Demikianlah rangkaian informasi terkait ayam bangkok blorok dari kami yang bisa disampaikan. Semoga dengan adanya penjelasan tersebut dapat bermanfaat untuk kita semuanya, sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply