2
110

√ Jamu Pencegah Penyakit Ayam

Jamu pencegah penyakit ayam sangatlah dibutuhkan semua kalangan penghobi ataupun peternak. Hanya saja kecocokan dan pengalaman juga berkesinambungan terus menerus. Maka dari untuk menggali wawasan baru tak heran kalau memiliki komunitas atau teman dari berbagai daerah.

Dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tips yang bisa sobat pelajari dan dipraktikkan dalam beternak. Adanya pemaparan ini sangat bermanfaat dalam kelangsungan memelihara hewan ternak, baik ayam kampung, joper ataupun bangkok skala rumahan.

Lalu bagaimana nasib kami yang menekuni bidang pembesaran ayam broiler? Sebenarnya tetap worth it sih hanya saja kalau sudah jumlahnya ribuan ini yang agak khawalan. Sehingga akan lebih cocok kalau sobat broiler menerapkan yang sudah dianjurkan oleh PT atapun dokternya. Supaya kalau tidak cocok nilai kerugian sobat ini tidak begitu membengkak.

Jadi apa nih yang hendak disampaikan oleh admin dunia binatang? Ya benar sekali jamu pencegah penyakit ayam, sesuai judul yang tertera diatas dan melanjutkan informasi sebelumnya yang mengupas vitamin ayam saat musim penghujan. Langsung saja kita ke topik utamanya, simak dengan detail informasi dibawah ini :

Penangkal Penyakit Ayam Bangkok?

Jimat Penangkal Penyakit Ayam

Istilah diatas ini sangat cocok untuk melemahkan persebaran virus ayam. Dalam sentra peternakan ada beragam opsi yang dapat diterapkan, baik secara ilmu medis dan tradisional. Sehingga tak heran kalau banyak sekali informasi di dunia online berbeda-beda namun tetap satu tujuan.

Teruntuk sobat dunia binatang semuanya jangan khawatir, karena kami akan memberikan contoh yang sudah sering diaplikasikan oleh peternak ayam dari berbagai penjuru daerah. Yakin tidak mau menambah ilmu nih? Ya sudah kalau begitu buruan baca secara lengkap penjelasannya.

Memberikan Jamu Ayam Aduan Tradisional

Ramuan yang pertama ini sudah sangat familiar di tanah air dan dipercaya banyak manfaatnya baik untuk manusia ataupun hewan ternak. Hanya saja seiring berkembangnya teknologi serta lahan bertani semakin mengerucut menyebabkan kurang begitu diminati. Selain itu juga ada kegiatan pokok selain beternak ayam.

Perlu sadari sobat semua jamu merupakan obat tradisional yang bahan utamanya adalah rempah-rempah dari bahan memasak yang sering kita jumpai didapur. Setiap rempah tersebut memiliki khasiat masing-masing, dengan adanya racikan yang pas sangat ampuh dalam mencegah sekaligus obat dalam medis.

Peran jamu memang di akui secara luas jadi tak heran bila muncul ide membuat dan memperjualbelikan hasil racikan tersebut di media sosial. Sebagai contoh beberapa produk yang telah tersebar diberbagai daerah ialah Mbah Joyo, Sasana Ngapak/SN, Jalu Aji, Panca Jaya & Djaloe.

Obat Kimia Ayam

Kemudian yang kedua ini ialah dengan memberikan obat kimia beberapa kelebihannya yaitu reaksinya cepat, efektif dalam mengobati penyakit parah dan bekerja lebih spesifik serta hanya memperbaiki beberapa sistem tubuh ayam.

Era teknologi semakin canggih maka dari itu dalam dunia pengobatan terus diperbaiki dan permudah untuk meminimalisir resiko. Walaupun obat tradisional sudah diaplikasikan ratusan tahun lalu dalam menangani ayam. Jadi solusi yang tepat dalam mencegah ataupun meningkatkan kesehatan ayam sangat dianjurkan dengan metode herbal.

Sekarang banyak sekali produk obat untuk hewan ternak baik yang tradisional atau kimia. Jadi sobat dunia binatang semuanya jangan takut dan khawatir sebab telah di uji kelayakan dan keampuhannya.

Vaksin Injeksi Untuk Ayam

Selanjutnya yang ketiga ini adalah penangkal penyakit hewan ternak dengan metode injek. Umumnya teknik ini lebih banyak ditemukan kepada pelaku ternak ayam petelur dan pedaging. Apakah sangat efisien teruntuk ayam bangkok ataupun jenis sabung?

Kalau berdasarkan ilmu yang kami pelajari lebih akurat dan cepat sembuh dari pada kedua penangkal diatas. Hanya saja ada alat dan dosis tertentu supaya tidak menimbulkan hal yang tak diinginkan, seperti halnya bengkak, lumpuh bahkan kematian ayam.

Biasanya vaksin suntik dilakukan setiap 3 bulan sekali. Apabila sobat ingin menerapkan pengobatan ini bisa langsung belajar kepada peternak ayam ras ataupun dokter hewan disekitar. Tujuannya ialah menimba ilmu dahulu baru praktik alhasil tidak bingung dan panik ketika salah dosis atau penyuntikannya.

Jamu Pencegah Penyakit Ayam Musim Pancaroba

Tips Mencegah Penyakit Ayam

Jamu adalah salah satu langkah paling sederhana dan bisa diberikan sehari-hari dengan beberapa komponen dasar yang turun temurun hingga sampai saat ini. Mengingat cuaca tidak menentu menjaga kekebalan tubuh adalah hal yang wajib. Apalagi kalau basic sobat untuk beternak jangka panjang.

Jadi sesungguhnya cara antisipasi seperti ini sangat mudah dan murah kalau dikalkulasi nominal. Maka oleh dari itu apa yang perlu dipersiapkan dan bagaimana cara pembuatan atau penyampurannya. Ikuti saja daftar dibawah berikut ini :

Ramuan Herbal Ayam Sederhana

Rekomendasi yang pertama ialah dengan metode paling mudah didapatkan serta cara membuatnya. Ya memang latar belakang sobat semua berbeda-beda, sehingga tak semuanya memiliki waktu luang yang cukup dalam merawat ayam. Dengan demikian bisa juga berbenturan dengan pembagian waktu dan kedisiplinan dalam memberi pakan hewan ternak.

Oleh maka dari itu yang harus diantisipasi ialah ketika nutrisi yang tidak cukup secara otomatis akan memperlambat proses perkembangan ayam. Selain itu sangat mungkin ayam menjadi kurus dan mudah terserang penyakit.

Berdasarkan pengalaman kami sendiri yang sudah diterapkan beberapa tahun akhir ini ialah dengan memberikan ramuan herbal yang terbuat dari bahan baku tradisional. Berikut bahan-bahan yang perlu dipersiapkan adalah :

  1. Kunyit
  2. Bawang Putih
  3. Gula Aren/Jawa
  4. Kencur
  5. Air Bersih

Dari sekian bahan diatas kami sesuaikan dengan populasi ayam bangkok yang dipelihara. Pertama-tama bersihkan semua kompisinya lalu tumbuk hingga halus dan siapkan panci lalu ditambahkan air.

Kemudian masaklah hingga mendidih dan air rebusan menjadi berubah warna, tunggu sampai hangat baru dicampurkan dengan pakan sehari-hari ayam. Jika untuk anakan dibawah 1 bulan sobat bisa diberikan berupa air minum. Tips ini sangat bagus untuk menjaga kekebalan tubuh ayam disaat peralihan musim.

Jamu Pencegah Penyakit Ayam Super Lengkap

Lalu cara mencegah ayam terkena penyakit berikutnya ialah dengan mengkombinasikan beberapa bahan baku tradisional juga. Hanya saja memerlukan peralatan dan bahan lebih komplit. Jadi sangat cocok teruntuk sobat yang beternak ayam kampung skala 100 ekor lebih. Simak terus metode pembuatannya.

  1. Temulawak
  2. Lengkuas
  3. Jahe
  4. Kencur
  5. Kunyit
  6. Bawang Putih
  7. Pinang Kering 150-200 Gram
  8. Daun Sirih
  9. Gula
  10. Bawang Merah
  11. Sereh
  12. Gula Jawa/Pasir
  13. EM4
  14. Air Bersih

Untuk prosesnya sobat mesti menghaluskannya kemudian disaring agar ampasnya tidak tercampur lagi. Jika sudah siapkan air bersih dalam ember kurang lebih 5 liter dan larutkan gula sebanyak 1 gelas dan EM4 10 tutup botol saja. Aduk sampai merata agar mikroba untuk proses fermentasi lebih maksimal.

Tahap berikutnya adalah mencampurkan sari-sari bahan jamu dengan air dalam ember yang sudah tercampur gula dan EM4 diatas. Persiapkan derigen, sebelum dipindahkan sobat pastikan kalau kedua larutan sudah tercampur secara merata.

Simpan jamu super lengkap ini selama 6 hari untuk menjadi fermentasi dan jangan lupa sesekali dibuka tutup derigen. Setelah satu pekan kini jamu siap diberikan ke hewan ternak sobat. Gunakan 2 tutup botol jerigen yang dilarutkan air bersih 2 liter bisa sebagai air minum ayam. Sedangkan campuran pakan basah.ayam dengan takaran 8 tutup botol yang dikombinasikan 1 kg makanan ayam.

Tanaman Mencegah Penyakit Ayam

Terakhir jamu pencegah penyakit ayam dengan memanfaatkan tanaman, ya memang banyak sekali jenis tumbuhan yang ada dinegeri kita tercinta ini. Bahkan ada juga yang sangat berkhasiat untuk ramuan dalam hewan ternak khususnya ras ayam. Selain itu sudah menjadi ilmu warisan leluhur dalam merawat ayam.

Dari sekian jenis tanaman ada beberapa yang sangat familiar dan mudah didapatkan disekitar kita, berikut daftar paling banyak digunakan oleh peternak ayam bangkok nusantara :

  1. Daun Pepaya
  2. Daun Jambu Biji
  3. Akar Rumput Teki
  4. Daun Sirih
  5. Lidah Buaya dan masih banyak lainnya

Pemberiannya dapat disesuaikan kebutuhan ayam dan menjaga keseimbangan bobot ayam. Disisi lain juga memangkas pengeluaran pakan pokoknya karena dicampur daun-daunan. Insyaallah kalau sudah terbiasa seperti ini ayam sobat jarang yang sakit apalagi sampai akut ya.

Bahkan tidak menimbulkan efek samping terhadap hewan ternak. Kalau sobat dunia binatang masih belum faham juga bisa cek seputar jamu tradisional ayam bangkok warisan leluhur.

Cara Memberikan Jamu Penyakit Ayam

Pemberian Jamu Ayam Bangkok

Seringkali kita tidak memperhatikan efek dari pemberian jamu terhadap ayam kesayangan kita. Bahkan tak sedikit pula yang menyebabkan ayam cepat rusak dan malah down fisiknya. Jadi salah satu penyebabnya adalah memberi jamu agar ayam menjadi fit dan optimal. Namun kalau tidak didasari oleh dosisnya ya sama saja tidak memikirkan kondisi hewan.

Apalagi kalau ayam aduan dengan jamu atau dopping yang lebih cepat menjadikan ayam overdosis bahkan kematian secara mendadak. Alangkah baiknya sobat memberikan dengan batas minimal 2-3 hari sekali untuk ayam siapan dan ayam pemulihan diberikan suplemen atau vitamin untuk pendukung proses pengembalian tenaga ayam.

Demikianlah rangkaian informasi kali ini yang bisa kami sampaikan seputar jamu pencegah penyakit ayam versi dunia binatang. Semoga dengan adanya penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply