√ Daftar Harga Ayam Cemani Terbaru & Jenis-jenisnya

Harga Ayam Cemani- Unggas ini merupakan salah satu jenis yang ada di Indonesia yang memiliki warna hitam legam rata di seluruh bagian tubuhnya. Dengan keunikan yang dimilikinya dan mitos yang beredar di sekitar ayam cemani membuat nilai jual ayam cemani menjadi sangat tinggi. Ayam cemani juga memiliki berbagai jenis dengan harga yang berbeda dari satu jenis dan jenis lainnya.

Jenis-Jenis Ayam Cemani

Ternyata ada berbagai jenis ayam cemani yang ada di Indonesia yang bisa dimiliki sebagai koleksi ayam hias. Pembagian jenis-jenis ayam cemani ini dikelompokkan menjadi beberapa berdasarkan ciri-ciri fisik yang dimilikinya. Seperti diketahui jika ayam cemani memiliki warna hitam seluruh tubuhnya, namun ada beberapa jenis yang tidak hitam pada bagian tertentu. Berikut ini jenis-jenis ayam cemani:

1. Jenis Ayam Cemani Berdasarkan Jengger

 Jenis Ayam Cemani Berdasarkan Jengger

Pembagian jenis ayam cemani memang menggunakan banyak indikator salah satunya adalah berdasarkan jengger. Jengger adalah bagian pada wajah ayam yang biasanya berbentuk seperti rumbai dan berwarna merah pada ayam biasa. Berdasarkan jengger ayam cemani dibagi menjadi 4 jenis yaitu:

  • Wilah: Bentuk jenggernya melebar ke atas.
  • Sumpel: Bentuk jengger sumpel bulat kecil saja.
  • Telon: Bentuk jengger melebar dan bercabang tiga.
  • Mahkota/mawar: Bentuk jengger menyerupai mahkota.

Itulah jenis ayam cemani berdasarkan bentuk jengger yang menghiasi wajahnya. Semakin bagus bentuk jenggernya tentu saja harga ayam cemani akan semakin mahal.

2. Jenis Ayam Cemani Berdasarkan Bulu

harga ayam cemani

Bulu adalah bagian fisik ayam yang paling mudah terlihat dari luar, bulu juga dijadikan indikator dalam pengelompokan jenis ayam cemani. Berdasarkan bulunya ayam cemani dibagi menjadi 4 jenis yaitu:

  • Bulu biasa. Adalah ayam cemani biasa dengan bulu hitam seperti ayam pada umumnya tetapi bulunya hitam 100%.
  • Bulu walik. Adalah ayam cemani dengan bentuk bulu terbalik, seolah menyingkap terbalik keatas, sehingga terlihat sangat unik. Bulunya seolah bergelombang tidak rapi karena semuanya terbalik ke atas tidak seperti bulu ayam sewajarnya.
  • Rajeg (bulu besi). Adalah ayam cemani yang memiliki bentuk bulu seperti sapu lidi, lurus-lurus sehingga orang menyebutnya bulu besi.
  • Cemani putih (klawu). Meskipun ayam cemani identik dengan yang serba hitam, tetapi ada ayam cemani yang memiliki bulu tidak hitam 100%. Bulu ayam jenis ini berwarna putih atau abu-abu atau hitam merah (blorok). Namun bisa disebut cemani karena kulit seluruh tubuhnya hitam termasuk langit-langit mulutnya.

Itulah jenis ayam cemani berdasarkan bulu yang dimiliki diseluruh tubuhnya, semakin hitam bulunya maka akan terlihat semakin bagus. Ayam cemani asli memiliki bulu yang hitam 100% tanpa warna lain kecuali jenis tertentu.

3. Jenis Ayam Cemani Berdasarkan Kulit Dan Lidah

harga ayam cemani

Kulit dan lidah juga tidak lepas dari pengamatan, kedua bagian ini juga dijadikan indikator untuk mengelompokkan ayam cemani. Berdasarkan kulit dan lidahnya ayam cemani dibagi menjadi 3 jenis yaitu:

  • Ayam cemani biasa. Adalah sebutan untuk ayam cemani yang memiliki warna keseluruhan tubuh berwarna hitam tetapi untuk warna lidahnya abu-abu bukan hitam juga.
  • Cemani super. Adalah sebutan untuk ayam cemani hitam dengan tekstur warna hitam pada kulit dan bulunya lebih pekat dari cemani biasanya. Dengan ciri demikian ayam ini disebut super karena kehitamannya melebih ayam cemani pada umumnya.
  • Asli lidah hitam. Adalah sebutan untuk ayam cemani yang memiliki warna hitam pada seluruh tubuhnya, bahkan termasuk lidahnya pun berwarna hitam, sehingga nilai jualnya sangat fantastis.

Itulah jenis-jenis ayam cemani berdasarkan pengelompokkan ciri fisiknya yang beragam. Setiap jenis ayam cemani memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Keindahan fisiknya yang terlihat dari warnanya yang hitam sangat mempengaruhi harga ayam cemani di pasar ayam hias Indonesia.

Harga Ayam Cemani Berdasarkan Jenisnya

harga ayam cemani

Harga ayam cemani dibagi berdasarkan banyak faktor yang mempengaruhi ayam cemani itu sendiri. Salah satu pembagian harga ayam hitam ini dilakukan berdasarkan jenis ayam cemani. Berikut ini adalah daftar harga ayam hitam cemani berdasarkan jenisnya yang ada di Indonesia:

1. Ayam Cemani Biasa

Ayam cemani biasa dijual dengan harga berdasarkan usianya, semakin besar usianya maka harganya semakin mahal. Harga ayam ini berkisar antara 100 ribu sampai 4,5 juta rupiah tergantung usianya.

2. Ayam Cemani Super

Ayam cemani super memiliki kelebihan warna bulunya sangat hitam jika dibandingkan dengan cemani pada umumnya. Hal ini membuat harga ayam cemani super sedikit lebih mahal dibandingkan yang biasa.

3. Lidah Hitam

Salah satu jenis ayam cemani yang memiliki harga fantastis, karena dirasa memiliki ciri fisik yang sangat unik. Semua bagian tubuhnya berwarna hitam, termasuk lidah dan langit-langit mulutnya semua berwarna hitam legam harganya berkisar 40-70 juta rupiah.

4. Ayam Darah Hitam

Meskipun darah ayam cemani pada umumnya berwarna merah pekat seperti ayam pada umumnya, namun ternyata ada yang darahnya hitam. Ayam cemani jenis ini harganya dibandrol luar biasa mahal mencapai 30 juta rupiah.

5. Ayam Cemani Putih

Ayam cemani putih atau klawu, yang kulitnya hitam tapi bulunya berwarna lain memiliki harga yang tidak begitu mahal dibandingkan jenis lainnya. Harga ayam cemani putih dewasa mencapai 2 juta rupiah saja.

6. Ayam Cemani Kedu

Harga ayam jenis ini sesuai usianya, semakin dewasa usia ayam cemani yang dijual tentu harganya semakin mahal. Dalam mengembang biakan ayam cemani ini tidak boleh dilakukan perkawinan silang karena bisa menyebabkan penurunan kualitas warna kulitnya.

7. Ayam Cemani Walik

Harga cemani walik ini tidak terlalu mahal, seperti ayam cemani biasa saja, yang dibandrol sekitar 2 juta saja untuk setiap pasangan dewasa. Untuk ayam yang masih kecil adalah 300 ribu rupiah saja.

Itulah kelompok ayam cemani berdasarkan jenisnya yang beredar di pasaran Indonesia. Untuk mendapatkan ayam cemani terbaik haruslah mengetahui dan paham benar ciri-ciri ayam cemani asli agar tidak tertipu oleh pedagang ayam. Cara lain mendapatkan harga terbaik ayam cemani adalah dengan membeli langsung pada peternak ayam cemani asli.

Harga Ayam Cemani Berdasarkan Usia

Selain berdasarkan jenisnya, biasanya ayam cemani juga dijual berdasarkan usianya. Berikut daftar harga versi duniabinatang.net :

1 bulan: Harga cemani yang berusia 1 bulan adalah sekitar 110.000 rupiah

2 bulan: Harga cemani pada usia 2 bulan sudah meningkat menjadi 150.000 rupiah.

3 bulan: Harga cemani pada usia 3 bulan sudah mencapai 200.000 rupiah.

4 bulan: Harga cemani pada usia 4 bulan adalah 300.000 rupiah.

5 bulan: Harga cemani pada usia 5 bulan adalah 500.000 rupiah

Betina dewasa: Untuk ayam cemani dewasa dengan jenis kelamin betina harganya sudah sangat tinggi yaitu 2 juta rupiah

Jantan dewasa : Harga ayam hitam desa berjenis kelamin jantan adalah sekitar 3,5 juta – 4,5 juta rupiah.

Demikianlah Informasi daftar harga yang bisa kami sampaikan semoga sangat bermanfaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terimakasih.

Leave a Reply