587

โˆš Ayam Sussex Penghasil Telur & Daging?

Ayam sussex merupakan suatu strain ayam yang memiliki dual guna yang mana dari negeri inggris tepatnya britain. Pemeliharaan unggas ternak ini oleh masyarakat sekitar dimanfaatkan untuk mengasilkan telur dan daging.

Mungkin sobat dunia binatang sangat awam dengan ayam satu ini karena masih jarang dan walaupun tahu hanya sekedar dari pembicaraan orang. Jadi pada kesempatan kali ini kami akan memberikan pemaparan lengkap terhadap ayam sussesx.

Sebenarnya kalau sobat memperhatikan unggas ini sangat bermanfaat untuk persilangan ayam maupun dijadikan ayam hias. Sesuai dengan keunggulan yang dimilikinya adanya dual guna cukup bagus bila mana ditujukan penghasil anakan untuk penghasil daging ataupun kelas petelur.

Asal Usul Ayam Sussex

Sejarah Ayam Sussex

Sejarah ayam sussex yakni dari kaunti terletak di tenggara negara inggris. Menurut informasi kami ketahui bahwa jenis ayam tertua di Britain. Jika dikupas lebih dalam lagi ternyata pada tahun 1485 unggas old sussex atau kent telah dipamerkan pertama kalinya dipertunjukan Zoo London.

Awalnya ayam tertua ini tidak didaftarkan pada standar unggas dalam edisi pertama. Akan tetapi di pameran unggas oleh william bernhardt tegermeier kurang lebihnya tahun 1865 menjadi standar kesempurnaan. Lalu di tahun 1902 itulah ayam sussex mulai didaftarkan bersama dengan beberapa variasinya seperti warna putih, merah dan rintik.

Pembagian dari jenis warna bulu ini juga dipengaruhi oleh adanya cikal bakal strain ayam brahma dan cochin serta dorking. Pada awalnya jenis warna merah ayam sussex asalnya dengan dada warna hitam sedang merah dan perak dipengaruhi oleh ayam laga india.

Lalu munculnya hibrid komersial yakni menjelang perang dunia kedua. Dengan demikian ayam sussex dan RIR merupakan dua strain pedaging paling populer di united kingdom. Karena ukurannya dominan lebih kecil dan corak bulunya kurang menarik dijadikan ayam penghasil telur daripada ayam kontes atau pameran.

Ciri-Ciri Ayam Sussex

Karakteristik ayam sussex

Selanjutnya untuk mengetahui dari karakteristik fisiknya unggas ini sobat bisa memperharikan secara visualnya. Mungkin sekilas nampak mirip dengan ayam brahma karena dari corak bulu hampir kembar. Tapi apa yang membedakan dari kedua jenis ini, berikut penjelasannya.

  • Memiliki badan ayam panjang
  • Struktur tulang dada lurus dan panjang
  • Badan ayam membentuk segi empat presisi
  • Bola matanya berwarna merah bagi jenis yang gelap sedangkan yang berbulu terang adalah terang
  • Kulit dan kaki warnanya putih
  • Cuping telinga merah
  • Ayam jantan dewasa berbobot 4,1 kg dan betina 3,2 kg
  • Cangkang telur berwarna putilh

Klasifikasi Ayam Sussex

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa jenis ayam sussex dapat dibedakan menjadi 3 klasifikasi warna bulu. Ketiga tersebut memiliki persamaan dan perbedaan tidak jauh teruma dalam ciri khas fisiknya.

Misalkan sobat mau menangkarkan ayam ini bisa mencari para importir ayam khususnya wilayah eropa. Walaupun cukup mengeluarkan isi saldo yang banyak, namun keuntungannya sangat banyak entah untuk diternak dengan ayam ras kampung atau dijadikan ayam hias serta petelur.

Ayam Light Sussex

Ayam sussex putih

Sekilas varietas pertama ini memiliki kemiripan dengan ayam brahma akan tetapi perbedaan utamanya terletak ukuran bobot serta produksi telurnya. Meski termasuk ayam yang sifatnya tenang dan mudah banget untuk beradaptasi namun ya harganya relatif mahal.

Ciri fisik jenis ini adalah memiliki bulu dasar putih bersih yang dilengkapi corak pada bagian ekor dan lehernya hitam dibalut dengan putih bagian tepinya namun untuk bulu lehernya saja.

Ayam Sussex Buff

Klasifikasi ayam sussex

Buff merupakan ayam susse berwarna merah cerah atau lebih mendekati corak merah sapi. Untuk seluruh fisik ayam ini mempunyai warna dasar yang sama hanya saja dibagian ekor dan sebagian besar lehernya dilengkapi warna hitam kemerahan.

Perbedaan paling menonjol yaitu dengan warna mata ada yang orange dan merah. Jadi umumnya akan bergantung pada warna dasarnya apakah gelap atau terang. Kurang lebihnya demikian untuk ciri-ciri fisik ayam dual guna merah.

Ayam Sussex Rintik

Jenis ayam sussex

Bintik atau bulu trorol pada ayam ini menjadi cikal bakal yang tidak bisa dihapuskan. Dengan adanya trotol inilah sebagai pembeda sama jenis warna yang lainnya. Selain itu rintik juga merupakan klasifikasi paling tertua.

Ciri khas pada ayam sussex ini dengan warna dasar putih dan hitam kemerahan. Kalau sobat amati dengan detail maka warnanya kemerahan sama dengan gula jawa atau aren lalu dibalut dengan bulu putih hitam. Lalu dari matanya bercorak merah lantaran memiliki warna bulu yang gelap.

Sedangkan warna kaki dari ketiga diatas sama saja yaitu putih dan begitu pula untuk cupingnya. Apabila sudah berbeda biasanya sudah mengalami perkawinan silang dengan ayam jenis lainnya alias tidak murni galur ayam dual guna.

Keunggulan Ayam Sussex

Keunggulan ayam sussex

Berdasarkan tradisi masyarakat inggris sussex dipelihara untuk dijadikan hidangan atau hewan sembelihan. Kurang lebihnya awal 1920an menjelang perang dunia unggas ini masih menjadi salah satu ayam pokok untuk menghasilkan pedaging.

Hingga akhirnya perkembangan zaman ayam sussex mengalami penurunan konsumsi karena adanya ayam hibrid industri modern. Berbicara kelebihan ayam ini sangatlah banyak, berikut akan kami lampirkan secara rinci.

  • Menghasilkan telur 180-200 butir telur setiap tahunnya
  • Bobot telurnya mencapai 60 gram
  • Diternak untuk ayam kontes hias pameran
  • Ayam jinak dan tidak mudah stress
  • Dapat berkamuflase alami untuk menyamarkan dari hewan buas
  • Anakan ayam dual guna ini bisa dipanen pada usia 12-16 minggu
  • Memiliki kesamaan cangkang dengan ayam kampung
  • Sangat mudah berdaptasi dengan lingkungan baru
  • Mempunyai kekebalan fisik yang bagus walau dipelihara iklim tropis.

Harga Ayam Sussex

Selain menjadi ayam petelur dan pedaging ayam sussex bisa dijadikan kembang latar atau hiasan rumah. Dilansir dari alibaba.com bahwa harga telur fertil ayam sussex dibandrol dari 2-2,5$ USD perbutirnya. Jika dinominalkan rupiah kurang lebih antara Rp. 28.000-35.000 kurs saat ini.

Jadi untuk harga DOC atau anakan sampai ayam sussex dewasa ya sangat mahal bagi masyarakat menengah kebawah. Karena kami belum tahu detail harganya maka tidak bisa mematoknya. Apalagi belum dengan ongkos kirim importnya ke indonesia bisa mencapai 6-10 jt per boxnya.

Demikianlah rangkaian informasi dari kami yang bisa disampaikan perihal ayam sussex. Semoga dengan adanya penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply