√ 5+ Daftar Harga Pakan Ayam Petelur Pabrikan & Campuran Terbaru

Harga pakan ayam petelur-Ketersediaan pakan termasuk faktor utama yang menentukan kualitas dan keberhasilan dalam usaha peternakan, baik ternak ayam petelur atau maupun ayam pedaging. Oleh sebab itu, jika hendak menekuni bisnis ternak ayam petelur, pertimbangkan anggaran untuk membeli pakan yang berkualitas.

Harga pakan ayam petelur yang pabrikan tentunya lebih mahal dibandingkan harga pakan campuran yang dibuat sendiri.

Dengan demikian, pada saat ini orang lebih memilih pakan campuran menjadi pakan standar dalam peternakan ayam. Tak hanya dari segi harga, dalam memilih pakan ayam yang bagus harusnya lihat dari segi gizi dan mempunyai komposisi nutrisi.

Hal ini bertujuan agar ayam ternak lebih gemuk, sehat, kuat, dan proses bertelurnya lebih lancar nah, jika masih bingung bagaimana memilih jenis pakan yang bagus dan berapa harga pakan untuk ayam petelur berikut uraiannya.

Jenis-jenis Pakan Ayam Petelur

pakan ayam petelur 2019

Pakan ayam yang baik seharusnya memiliki kandungan bermacam-macam gizi seperti vitamin,  mineral, karbohidrat, dan protein. Jenis pakan yang digunakan oleh peternak pun sangat bervariasi, ada pakan atau voer dari hasil olahan sendiri dan ada pakan konsentrat buatan  pabrik.

Apapun jenis pakan yang diberikan pada ayam petelur, tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan gizinya. Tak mengapa harus menggunakan pakan yang murah, asal kebutuhan gizinya tercukupi.

Pakan memang sangat berpengaruh pada kesuksesan ternak ayam. Selain jenisnya, dosis, dan cara pemberian pakan juga perlu diperhatikan. Pemberian pakan yang berlebihan akan berdampak tidak baik, begitu pula halnya jika kekurangan. Nah, berikut ini ada beberapa jenis pakan yang tepat untuk diberikan pada ayam petelur.

Jenis Merk Pakan Pabrikan

Pakan Pabrikan

Saat ini telah tersedia berbagai macam jenis pakan ayam siap pakai yang dijual di pasaran, mulai dari murah hingga yang paling mahal. Dengan membeli pakan ayam yang pabrikan, memang bisa menghemat waktu. Namun, jika jumlah ayamnya cukup banyak, biaya yang harus dikeluarkan tentu juga tidak sedikit.

Jenis pakan ini dapat diberikan untuk ayam yang sudah dara atau sudah siap bertelur. Pakan ayam siap pakai ini sering juga disebut pakan komplit. Beberapa merk pakan komplit untuk ayam petelur adalah 324J (PT. Charoen Pokphand Indonesia), 7183,  7183 A (PT. New Hope Indonesia ), 7183 A, 7582, NHK 35 (PT. New Hope Indonesia ), J 42-1 (PT. Pakindo Jaya Perkasa ), EH 818, EH 811A (PT. East hope agriculture),.

Bahan-Bahan Pakan Campuran/Adukan

Pakan campuran ini berupa campuran dari konsentrat, jagung dan dedak dan beberapa komponen lain sesuai kebutuhan ayam petelur. Jenis ini dapat diberikan untuk ayam yang telah dewasa.

Konsentrat merupakan jenis pakan yang mengandung nilai protein cukup tinggi, sekitar 32%, di mana pemakaiannya tinggal ditambahkan jagung, bekatul, dedak padi, polar jagung, atau bahan lainnya.

Pakan konsentrat yaitu pakan penguat yang terdiri dari satu jenis atau campuran bahan pakan. Biasanya bahan tersebut berasal dari limbah industri seperti mie instan afkir, roti afkir, dan sebagainya, atau limbah pertanian seperti bekatul maupun tumpi jagung, hasil samping olahan bahan pangan seperti tepung ikan, dedak, bungkil kedelai, maupun bermacam biji-bijian.

Konsentrat kandungan nutrisi protein kasar min 32%, kadar air maks 12%, serat kasar maks 12%, abu maks 7%, lemak min 6%, energi min 2.800 kcal per kg, kalsium min 3,6-4,7%, dan fosfor min 1-1,7%.

Harga pakan ayam petelur yang dibuat dengan cara dicampurkan ini diilai lebih ekonomis dibadingkan pakan pabrikan. Komponen yang biasanya digunakan dalam pakan campuran antara lain jagung, tepung ikan, MBM, premix vitamin, asam amino, dedak, kapur, dan DCP.

Kebutuhan masing-masing komponen tersebut perlu disesuaikan dengan kebutuhan ayam petelur sesuai dengan umur dan kebutuhan produksinya. Zat zat yang diperlukan ayam petelur adalah sebagai berikut:

Umur ayam 0 – 8 minggu :

  • EM : 2700-3000 Kcal/kg,  (Energi Metabolisme)
  • Protein kasar  : 20-22%
  • Lemak : 4%
  • Serat kasar : 4-6%,
  • Kalsium : 1%
  • Posphor : 0,7%

Umur ayam 9 – 16 minggu :

  • EM : 2600-2900 Kcal/kg,
  • Protein kasar: 14-16%,
  • Lemak : 4%,
  • Serat kasar : 7-9%,
  • Kalsium : 1%,
  • Posphor : 0,6%

Umur ayam 17 minggu – afkir :

  • EM : 2650-2950 Kcal/kg,
  • Protein kasar: 17-18%
  • Lemak : 5%,
  • Sera kasar : 6-8%,
  • Kalsium : 2,5-3,5%,
  • Posphor : 0,5-0,6%.

Pakan Hijauan

harga pakan ayam petelur

Salah satu inti nutrisi yang paling dibutuhkan oleh ayam petelur adalah kandungan protein. Sumber protein utama yang biasa disajikan dalam pakan pabrikan yang populer di masyarakat adalah jagung dan MBM atau tepung daging dan tulang. Untuk pakan hijauan, dapat dibuat atau didapatkan dari beberapa jenis dedaunan dan buah yang belum matang.

Baca Juga : √ Inilah Daftar Harga Pullet & DOC Ayam Petelur Terbaru

Bahan-bahan tersebut dapat diiris atau dirajang kecil-kecil kemudian dicampurkan pada dedak atau bekatul.Beberapa contoh pakan hijauan yaitu seperti jenis daun-daunan dan biji-bijian. Pakan ini hanyalah sebagai pakan tambahan, harganya juga tidak perlu diperhitungkan karena dapat dijumpai di sekitar area peternakan.

Jenis pakan ini sebaiknya diberikan seminggu sekali atau paling cepat 5 hari sekali. Jangan berikan pekan ini terlalu sering.

Daftar Harga Pakan Ayam Petelur

harga pakan ayam petelur 2019

Seperti yang dijelaskan di atas, jenis pakan ayam petelur secara umum ada 3, yaitu pakan pabrikan, campuran dan hijauan. Melihat dari segi kualitas, pakan pabrikan memang mengandung kandungan nutrisi yang komplit dan praktis. Namun harga pakan ayam jenis tersebut harganya tentu lebih mahal dibandingkan jenis pakan lainnya.

Meskipun demikian, bukan berarti pakan campuran yang dibuat sendiri kualitasnya buruk. Pembuatan pakan campuran jika takarannya pas dan sesuai dengan umur dan kebutuhan ayam petelur, pasti kualitasnya juga sama dengan pakan pabrikan.

Hanya saja, pembuatan pakan campuran ini tentu sedikit lebih rumit  dan tidak se praktis pakan pabrikan (pakan komplit). Untuk melihat dari segi harga pakan-pakan tersebut dapat dilihat sebagai berikut

Harga Pakan Pabrikan

Untuk pakan pabrikan, harga pakan ayam petelur sangat bervariasi, biasanya ditentukan dengan jenis dan produk pembuatnya. Beberapa contoh produk dari pakan ayam serta harga pakan ayam petelur antara lain sebagai berikut:

NomorProdusen PakanMerk PakanJenis PakanHarga Per Karung
1.PT.East Hope AgricultureEH 818PetelurRp. 239.000
2.PT.East Hope AgricultureEH 811 APetelurRp. 335.000
3.PT.New Hope I7582PetelurRp. 339.000
4.PT.Charoen Pokhphand Indonesia324KJPetelurRp. 320.000
5.PT.New Hope Indonesia7183PetelurRp. 280.000
6.PT.New Hope Indonesia7183 APetelurRp. 285.000
7.PT.Pakindo Jaya PerkasaJ42-1PetelurRp. 270.000
8.PT.Japfa ComfeedPAR L 1 (Petelur KomplitRp. 266.000
9.PT.New Hope IINHK 35Pakan ayam petelurRp. 343.000
10.PT.Japfa ComfeedAD IRp. 380.000
11.PT.Japfa ComfeedAD IIRp. 350.000
12.Start FeedBR1Broiler StarterRp. 335.000
13.PT. Malindo7605PetelurRp.450.000-500.000
14.PT.Charoen Pokhphand Indonesia324-KPakan Ayam PetelurRp. 335.000
15.PT.Charoen Pokhphand Indonesia324EPakan Ayam Petelur Dewasa KomplitRp. 450.000-500.000

Harga Pakan Campuran

Meskipun akan lebih meyakinkan jika menggunakan pakan pabrikan yang juga  praktis dalam penggunaannya, namun tidak menutup kemungkinan pakan campuran untuk ayam petelur. Banyak keuntungan yang bisa didapat, seperti dapat menyesuaikan kebutuhan nutrisi sesuai kondisi ayam.

Selain itu, menggunakan pakan ini dapat menekan harga produksi yang bisa menyentuh 75% – 85% dari keseluruhan ongkos produksi.

Pakan ayam yang standar terdiri dari pakan campuran yaitu konsentrat, jagung, dan dedak padi. Untuk biaya keseluruhan pakan ayam ini sampai dapat panen adalah sekitar Rp 1.000.000.

Pakan campuran dapat berupa campuran dari konsentrat, jagung dan dedak dengan campuran 35 %, 50 %, dan 15%. Harga ketiga jenis komponen ini: konsentrat, Rp 8.000-Rp 8.200/kg, Dedak  Rp 3.300/kg, dan Jagung Rp 6.000/kg.

Itulah beberapa ulasan mengenai jenis-jenis pakan yang tepat untuk ayam petelur. Selain itu,  di atas telah dijelaskan beberapa harga pakan ayam petelur yang berkualitas.

Ada yang kualitasnya terjamin dan praktis namun mahal, dan ada juga yang relatif murah tapi harus di racik dengan modal keahlian, kesabaran dan ketelitian untuk membuatnya menyamai kualitas pabrikan.

One Response

  1. Asa Nasution November 8, 2019

Leave a Reply