3
466

√ Cara Merawat Bulu Ayam Agar Cepat Tumbuh

Cara merawat bulu ayam agar cepat tumbuh merupakan pemeliharaan unggas ternak khususnya ayam bangkok ataupun sejenisnya. Istilah ini sudah tak asing lagi bagi penghobi ayam aduan. Entah dari mabung, nyulam, rontok dan kata-kata mbodol bagi orang jawa.

Perlu sobat ketahui bahwa mabung adalah sebuah dari masa pergantian bulu ayam dimana telah melewati waktu untuk menggugurkan bulu lama menjadi tumbuh yang baru. Biasanya akan terjadi dari anakan maupun dewasa. Selain itu dapat dijadikan tolak ukur usia si ayam. Tapi ada faktor pendukung dan penghambatnya misal dari perawatan harian, pakan dan lain-lain.

Ayam di nusantara banyak dijadikan sebagai hewan hobi & bisnis. Jadi cukup memiliki peluang besar bagi sobat andaikan hobinya memelihara ayam, baik dari strain pedaging, petelur, kampung & aduan. Meskipun resikonya juga cukup mengerikan akan tetapi dunia ayam tidak pernah ada habisnya.

Dalam kesempatan yang baik ini kami akan menyampaikan informasi terkait cara cepat menumbuhkan bulu pada ayam. Bagaimana penjelasan detailnya? Semakin penasaran dan ingin mengaplikasikannya, simak terus pemaparan dibawah berikut :

Penyebab Bulu Ayam Tidak Cepat Tumbuh

Penyebab bulu ayam tidak tumbuh

Sebelum ke pembasahan utama alangkah baiknya kita mengetahui dari faktor bulu ayam kusam dan terserang kutu ayam. Biasanya ada beberapa penyebab menjadikan pertumbuhan bulu menjadi lambat serta rusak parah. Untuk itu pastinya sobat mencari solusi paling tepat bukan.

Pertumbuhan lama sekali tumbuh bahkan mudah patah, apakah pernah sobat mengalami hal ini? Jadi berdasarkan pengetahuan yang kami ketahui yaitu kualitas pakan dibawah standar. Contohnya kangkung, jagung dan sisa makanan orang. Alasan yang paling kuat yaitu unsur protein yang dikonsumi ayam sangat kritis dan tidak memenuhi kebutuhan tubuhnya.

Perlu sobat dunia binatang ketahui bulu unggas terdapat sub-unit protein yang dinamakan methionine dengan kadar tinggi. Methionine diperoleh dari amino acid yang mengandung sulfur, sebab sulfur tersebut merupakan unsur utama dari bulu.

Makanan unggas yang jumlahnya cukup banyak dan berprotein tinggi akan menghasilkan methionine. Andaikan kekurangan hal ini akan memicu proses pertumbuhan yang baik pada bulu serta fisik ayam tersebut. Maka dari itu perawatan ayam itu tidak serta merta asal-asalan saja. Berikut ada contoh pemicu bulu ayam rusak dan lama tumbuh :

  • Kebersihan kandang ayam
  • Tipe ayam super aktif dan masuk ke sela-sela kandang
  • Adanya kutu dan parasit
  • Kurang diumbar atau berjemur
  • Kualitas pakan kurang bagus
  • Perawatan seadanya tanpa memperhatikan keadaan unggasnya.

Cara Merawat Bulu Ayam Agar Cepat Tumbuh

Cara Merawat Bulu Ayam Agar Cepat Tumbuh

Apabila bulu ayam mulai merontokkan bulunya sebaiknya sobat memberikan obat mempercepat proses mabung & perawatan khusus. Sehingga dalam kurun waktu singkat akan serentak berganti calon bulu baru yang tumbuh. Jika sobat ingin tahu tahap-tahapannya versi dunia binatang sebagai berikut :

Menyiapkan Kandang Khusus

Langkah pertama ini bertujuan menenangkan ayam agar tidak terganggu ayam lain. Sebab bila ayam milik sobat tipe aktif sangat rawan untuk rusak dan patah calon bulu yang sedang tumbuh. Usahakan tempat pakan atau lapisan kandang tidak terbuat dari bambu.

Berdasarkan pengalaman kami resiko bulu terselip dan antara leher cukup beresiko yang fatal. Lebih baik tempat pakannya didalam kandang guna antisipasi. Jangan lupa cek sesekali perkembangan si ayam.

Memberikan Perawatan Khusus

Pemeliharaan ayam sedang berganti bulu baru memang lebih berbeda dengan kebiasaan sehari-hari. Kelemahan fisik dan mental biasanya terjadi pada ayam yang sedang mabung. Jadi alangkah baiknya fokuskan terhadap pertumbuhan bulu saja dulu.

Ketika hendak memegang ayam sobat perlu hati-hati karena ayam akan lebih sensitif dan merasakan sakit dikala bulu barunya masih pendek andaikan tersentuh tangan. Rawatlah sebaik mungkin seperti bulu sayap dan lainnya. Pasalnya ini akan berpengaruh terkait kualitas hasil akhir kesehatan bulu ayam.

Berikan Pakan & Suplemen Terbaik

Makanan bernutrisi sangatlah penting sebagai sumber energi serta pendukung pertumbuhan bulu yang berkualitas. Meski ayam di istirahatkan bukan tandanya sobat menurunkan gizi pakannya. Justru pada momen ini perlu diperhatikan lebih dibandingkan hariannya.

Setidaknya pada pakan mengandung protein, vitamin dan mineral yang tinggi supaya kondisi fisik tetap optimal. Umumnya ayam bodol akan mengalami penurunan bobot dan ototnya lebih lemah. Solusinya mengumbar sesekali saja dan jangan terlalu lama.

Oh iya dari pemberian suplemen juga mesti sobat pertimbangkan karena protein saja kurang maksimal tanpa ada tambahan multivitamin pada aya. Kerugian yang dapat sobat rasakan yakni waktu pergantian bulu lebih lambat dan tidak sempurna ketika sudah panjang.

Dengan adanya suplemen ini menjadikan bulu tumbuh lebat dan kebutuhan minyak dalam tubuh tercukupi. Ahlhasil batang bulu akan mengelupas dengan rapi dan bersih. Bahkan dari aspek stamina sang ayam tetap stabil walaupun dalam masa istirahat.

Mengecek Perkembangan Ayam Secara Berkala

Kemudian yang terakhir yakni mengontrol proses pertumbuhan bulu ayam agar tidak rusak karena kurangnya pemberian pakan ataupun terganggu ayam yang lebih tua. Umumnya seperti indukan betina bisa menjadi pemicu apabila tidak dibuatkan kandang khusus.

Adanya perhatian yang lebih akan mengondisikan ayam dominan tenang dan tidak ingin keluar kandang box terus. Andaikan terlalu agresif sebaiknya sobat di umbar pada media tanah atau pasir yang terkena sinar matahari. Akan tetapi jangan sampai terlalu menguras tenaga karena bisa membuat stamina menurun secara drastis.

Obat Tradisional untuk Menumbuhkan Bulu Ayam

Vitamin Penumbuh Bulu ayam & burung

Tips terakhir ini bisa menjadi opsi bagi sobat bila perontokkan bulu ataupun pertumbuhannya mengalami gangguan. Misalnya ayam menjadi kurus kering dan secara otomatis akan menghambat proses bulu yang baru ganti. Untuk itu dari aspek kualitas pakan dan nutrisinya mesti terpenuhi. Tujuannya gizi pakan dapat diserap maksimal pada proses pergantian bulu.

Kalau sepengetahuan kami saat ini baru ada 1 berupa vitamin atau suplemen yang dapat diaplikasikan. Pasti semakin penasaran kan sobat dunia binatang. Langsung saja simak baik-baik penjelasan dibawah berikut ini :

Groming

Memang kegunaan vitamin ini sebagai penumbuh bulu ayam baik dari sayap, ekor dan proses mabung. Selain itu juga menjadikan bulu lebih halus dan mengkilap. Sehingga sangat cocok bila sobat belum begitu memahami perawatan ayam ngurak. Beberapa khasiat lainnya menghilangkan bulu mati lalu menumbuhkan yang baru.

Aturan pemakaian yang dianjurkan oleh groming yaitu setiap 5 ml atau 1 sendok teh dilarutkan pada air 1 liter bersih. Kemudian mandikan pada ayam sampai 7 hari berturut-turut dan merata agar vitamin ini lebih bekerja maksimal.

Demikianlah rangkaian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dengan adanya wawasan ini dapat bermanfaat untuk kita semuanya. Mohon maaf bila masih banyak kekurangan dan kesalahan dalam tulisan serta penyampaian. Sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply