23653

√ Ayam Pukul Mematikan : Ciri-Ciri Fisik, Kaki, Jenis & Cara Mencetak

Ayam pukul mematikan bukanlah perkara mudah guna mendapatkan gaya bertarung semacam ini. Mungkin dari 100 ayam hanya 1-2 saja yang mempunyai karakter mematikan. Teknik pukulan sangat tepat pada bagian vital ayam lawannya. Maka biasanya jarang dijual dengan harga yang murah.

Mungkin sobat menginginkan ayam laga dirumah bisa mengeluarkan pukulan keras yang mematikan lawan dengan hitungan detik. Kalau mematikan masih sangat bisa didapatkan namun bila dalam hitungan detik itu perbadingannya ribuan. Supaya sobat dapat menghasilkan tipe pukul boom dengan cara melatihnya sendiri.

Kecerdasan teknik pukul sekali mati ialah dengan senjata utama ayam yang terletak kaki. Akan tetapi bila kecerdasan bisa ditingkatkan dari garis keturunannya, bila mendapat dari tempat yang tidak jelas kemungkinan besar hanyalah kebetulan semata. Untuk penjelasan lebih detailnya antara lain sebagai berikut :

Ayam Pukul Mematikan Adalah?

ayam pukul keras

Ayam pukul mati merupakan unggas petarung yang memilki kepiawaian dalam mencari bagian vital lawannya dengan pukulan keras. Dengan demikian akan sangat memudahkan lawan dikalah dalam hitungan detik ataupun menit. Meskipun ada namun cukup sulit mendapatakan yang seperti ini, pasalnya lebih banyak dipelihara sendiri dan mencetak anakan. Walau ada yang menjual pun harganya sudah jutaan hingga puluhan.

Untuk saat ini sudah banyak strain ayam laga yang mempunyai teknik pukul mematikan seperti halnya ayam bulbi, pakhoy, pama, mangon, plukcer dan sebagainya. Sebab dari tahun ke tahun perkembangan ternak yang tujuan utamanya meningkatkan kualitas dan kuantitasnya agar gaya permainan di lapangan semakin menarik bagi kalangan penghobi.

Definisi ayam pukul sendiri yakni ayam yang setiap bertarung contohnya 10 kali memenangkan pertarungan diantara 4-5 itu musuh mati ditempat. Hal tersebut pastinya akan mengundang sudut pandang berbagai penghobi bagian mana letak pukulan atau jalunya kenapa lawannya bisa mati ditempat. Misalnya memiliki katuranggan, pukulan jalu bahkan tanpa tajinya bisa membuat musuhnya k o diarena laga.

Ciri-Ciri & Cara Memilih Ayam Pukul Mati Super

cara memilih ayam pukul mematikan

Tahap berikutnya ini kita akan membahas detail dari karakteristik ayam pukul mati baik dari model kaki, sisik dan visual fisiknya. Maka dari itu jangan sampai lewatkan informasinya agar sobat dunia binatang bisa mengetahuinya dengan detail. Tetapi dalam penilaian perabaan ini bukanlah 100% kepastiannya. Hanya saja berdasarkan pengalaman dan pengetahuan kami selama ini dalam memilih ayam.

Secara garis besarnya ayam petarung super tidak hanya dinilai dari beringas kepalanya akan tetapi baik aspek kaki, panjang leher, tulangan badan, paruh, dan kakinya ayam tersebut. Maka oleh hal itu harus jeli dan sabar dalam menyeleksi ayam yang hendak dibeli sobat entah dari pasar, peternak dan teman sekaligus.

Namun bila mengandalkan dari penilaian fisiknya kita tak akan tahu dari kelemahan dan kelebihan ketika bertarung. Apabila boleh dicoba sebaiknya bawakan cobaan, meski nanti cocok dan tidaknya sobat bisa memberikan uang ganti sebagai perawatan. Kalau dengan cara seperti ini insyaallah akan memudahkan kita sendiri dalam hendak transaksi ayam.

  • Postur Badan Ayam Pukul

struktur tulang badan

Cara mengetahui yang pertama ialah dari segi tulangan badang ayam tersebut. Misalnya dari tingkat tebal dan tipisnya. Jelas sekali karena anatomi badan dalam ayam laga sangatlah penting selain digunakan untuk manufer pukulan juga tahanan ketika dipukul.

Lalu bagaimana orang yang awam bisa mengetahui karakter pukul mematikannya. Kalau dari kami sendiri menyarankan yang tidak tipis yakni dengan tujuan meminimalisir ketahanan daya pukul lawan ketika bertemu lawan semacam pakhoy, mangon dan pama yang dominan pukul ke bagian punggung, kepala dan lehernya.

Sebab bila tipe ayam tidak kuat akan mudah ditaklukan lawan dalam 1-2 air saja. Nantinya kepala ayam kita ini tidak kuat berdiri tegak dan lebih menunduk otomatis tipe pakhoy sangat mudah untuk mengalahkannya tanpa lama lagi. Itu sudut pandang dari pengalaman kami mungkin para senior juga lebih mengetahui daripada kami.

  • Struktur Tulang Leher

struktur tulang leher ayam pukul

 

Umumnya ayam jenis bangkok lebih panjang lehernya dibandingkan dengan strain birma, mangon dan pama. Supaya mengetahui karakter pukulan mematikan bisa dicek dari struktur kepadatan tulangan leher apakah rapat atau tidak. Karena disinilah kompisi tenaga yang kuat guna membantu memukul lawan dengan sangat berbobot.

Perlu sobat ketahui kerapatan antar tulang leher juga bisa digunakan untuk menahan dari tipe ayam aduan yang menggunakan taji atau saraf. Dengan padatnya leher akan meminimalisir ayam kita untuk oleng dan tidak menimbulkan teknik maut dari musuhnya seperti kabur melompat arena laga.

Jadi bila sobat akan membeli ayam laga setidaknya mengecek dari segi kepadatan tulang dilehernya. Sebab dengan model seperti ini juga bisa memberikan pukulan boom bagi lawannya dilapangan.

  • Sisik Kaki Ayam Pukul Mati

sisik ayam batu karang

Berlanjut lagi ciri dari ayam pukul mematikan lawannya yaitu juga bisa diamati berdasarkan karakter sisik kakinya. Berbicara sisik ini sejatinya sangat luas, pasalnya sangat beragam sekali yang bisa diketahui contohnya naga mangsa atau yang disebut dengan istilah ubed.

Berdasarkan informasi kami ketahui bahwasannya sisik yang memiliki pukulan mematikan salah satunya ubed yang tata letaknya pas taji/jalu. Selain dari style jalu bagus juga akurasinya sangat istimewa. Selain naga mangsa ada pula beras tumpah, naga temurun, tanjung karang & satria sinekti. Mungkin sobat senior memiliki sudut pandangan yang berbeda dari kami.

  • Jari Kaki Ayam

sisik jari kaki ayam katuranggan

Biasanya ayam yang mempunyai pukulan mematikan ditandai dengan jari kelingking yang pecah-pecah. Selain itu ada juga yang dinamakan tanjung karang dengan ciri khas pecah dibagian ujungnya saja namun akan lebih bagus bila semua merata pada ujung jarinya juga pecah-pecah.

Selanjutnya yakni disisi jari belakang ayam yang sisiknya pecah sering disebut dengan batu karang. Bahkan ada jenis sisik naga temurun yang juga memiliki pukulan mematikan lawan ditempatnya. Dari sekian karakter diatas kurang lebihnya sudah teruji dapat mengeluarkan pukulan berbobot dan mematikan musuhya.

  • Struktur Tulang Kaki

Tulangan kaki ayam pembunuh

Terakhir yaitu pada srtuktur kaki ayam yang umumnya memiliki teknik pukul mati dengan ditandai paha yang besar. Secara otomatis dengan ciri-ciri seperti tulangan kaki juga besar namun akan lebih bagus jika dari sisiknya juga kering.

Tidak hanya itu saja dari kuda-kudanya pun dapat dipastikan kuat. Untuk mengetahui lebih detailnya bisa dengan cara memegang tulang betisnya ayam tersebut, bila terasa padat dan berisi maka itu cukup kuat serta tidak diragukan lagi teknik pukulnya.

Kelebihan Ayam Pukul Mematikan

kelemahan ayam pukul mati

Jelas ayam aduan yang mempunyai teknik mematikan sangat didambakan oleh para peternak maupun penghobi. Akan tetapi ada beberapa hal yang mesti diketahui dari ayam ini. Contohnya karakternya paling dominan ke arah mana, kelemahannya bertemu dengan ayam seperti apa dan tidak lupa dari keunggulannya pula. Adapun kelebihan dari ayam pukul mematikan sebagai berikut :

  • Kecerdasan mencari titik vital lawan
  • Akurasi pukulan tepat & berbobot
  • Sulit dikalahkan lawan
  • Teknik bertarung bagus
  • Faktor keturunan
  • Berdasarkan katuranggan
  • Memberikan pukulan telak pada lawan
  • Sebagian besar dengan melontarkan pukul taji/jalu
  • Harganya sangat mahal

Keistimewaan dari ayam pukulan mati sangat banyak dikagumi oleh penghobi ayam laga. Akan tetapi ada poin penting yang seharus diketahui dari ayam tersebut salah satunya kelemahannya yaitu anakan tidak menjamin mewarisi genetik. Dari segi perawatan pun juga lebih ekstra bila bertemu lawan tipe pukul saraf dan jalu. Biasanya bisa 1-2 bulan untuk memulihkannya. Tidak mudah juga untuk mendapatkan ayam pukul mematikan. Nah mungkin itu sedikit dari gambaran kekurangan ayam pukul mematikan.

Cara Mencetak & Melatih Ayam Pukul Mematikan

cara melatih ayam pukul mematikan

Membuat anak ayam mempunyai tipe pukulan maut salah satunya dengan faktor genetiknya. Sehingga sobat bisa mencetaknya dengan pejantan dan indukan dengan variabel gen yang dominan. Jadi sebelum itu alangkah baiknya memadukan yang sudah menghasilkan sampel anakan baik milik kawan atau peternak lainnya.

Genetik pukul mematikan bisa diambil dari bloodline dari induk betina yang umumnya 70-80% mengalirkan gen ke anak-anaknya. Mungkin teknik ini cukup solutif bagi sobat yang hendak mencetaknya. Sedangkan dari segi perawatan dan pelatihan bisa dengan beirkut ini.

Komponen dasar ialah dari segi fisiknya, maka dari itu perawatan dari DOC hingga 6-7 bulan akan menentukan hasil dari aspek struktur tulang, bulu, kesehatan dan kekuatan daya tubuhnya. Kesiapan fisik ayam bisa dilatih ketika bulunya sudah tuntas kurang lebih 6 bulanan. Agar dalam masa pelatihan fisik tidak memakan waktu yang lam sobat aplikasikan cara-cara dibawah :

  • Berenang/berjemur
  • Melatih abar dengan untulan atau seusianya
  • Mengumbar sama betina dengan tujuan meningkatkan mental
  • Menyediakan kurungan ganda
  • Memberikan jamu tradisional/vitamin
  • Penjemuran dibawah terik matahari dipagi hari
  • Menguji dilapangan 1-2 air/ronde

Perihal penting tentang kesiapan ayam laga untuk diturunkan ke arena lapangan yaitu badan dan otot sudah cukup padat, kepala merah merona, kuda-kuda kaki kuat dan kokoh. Selain itu dari segi mentalitas berani dengan ayam lebih tua serta semua bulu badan, ekor dan leher sudah tumbuh dengan maksimal.

Demikianlah rangkaian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dengan adanya wawasan diatas menjadi pengalaman baru bagi kita semua dan tidak lupa bermanfaat. Sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply