47580

√ AYAM MANGON : Sejarah, Ciri-Ciri, Jenis & Keistimewaannya

Ayam Mangon merupakan hasil penyempurnaan keturunan berdasarkan dua jenis unggas laga. Sebelum ke pembahasan yang lebih detail kami mengingatkan supaya sobat tetap memahami penjelasan ini dengan detail.

Jika sobat memang sebagai pecinta ayam laga pastinya tidak mau ketinggalan informasi yang asli ya, tidak berdasarkan kata dia atau si A yang belum bisa dipastikan informasi kebenarannya.

Maka hal demikian kami selaku penulis akan menyajikan informasi dari sumber yang terpercaya dan bisa dikatakan 90% kebenarannya. Seperti sejarah, ciri-ciri, keunggulan dari ayam magon/mangon. Berikut ini penjelasan dari kami :

Sejarah Ayam Mangon

Asal usul ayam mangon

Pama merupakan jenis ayam dari negara Myanmar atau orang indonesia lebih mengenal dengan sebutan birma atau mangon. Nama pama dikenal karena dari bahasa Thailand yakni pa & ma yang mengartikan myanmar.

Jadi sejarahnya sekitar 300-400 tahun yang lalu ada sebuah pertandingan antara raja thailand dengan raja myanmar. Namun mereka tidak berperang antara raja melainkan menggunakan ayam sebagai alat tempurnya. Sang raja gajah putih memakai jenis dari negaranya yakni LHK sementara dari pihak Myanmar mewakilkan Pama.

Pada akhirnya raja Thailand berhasil memenangkan pertandingan tersebut. Setelah kekalahan tersebut beberapa orang dari negara Myanmar memutakhirkan ayam tersebut. Ayam pama sama mangon itu berbeda jenis karena pama ialah asli dari myanmar sedangkan mangon hasil penyempurnaan dari jenis pama dan ngon yang berasal dari Vietnam.

Chiang Mai salah satu kota terbesar penyebaran ayam pama dan di tempat tersebut juga sebagai penyilangan antara pama dan jenis ngon. Tidak heran apabila sobat banyak menemukan jenis pama di kawasan kota terbesar kedua di Thailand ini.

Ciri-Ciri Ayam Mangon

ciri-ciri fisik ayam mangon

Ayam pama dan mangon secara spesifik memang tidak jauh berbeda, namun hal pembeda utamanya pada struktur tulang dan ukurannya saja. Nah berikut ini ada beberapa contoh ciri khusus ayam magon :

  • Kepala lebih cenderung berukuran kecil dan lancip layaknya pada burung.
  • Ukuran jengger umunya berdiri dan bahkan ada yang berukuran besar juga
  • Bentuk ekor cenderung naik atau berbentuk celurit sangat jarang lurus kebawah, meskipun ada populasinya sangat sedikit.
  • Ayam pama/mangon memiliki leher lebih pendek atau setengahnya dari panjang leher jenis bangkok
  • Sedangkan dari warna ulesnya itu unik rata rata berwarna jalak, merah kecoklatan dan ada pula seperti bulu ayam batik.
  • Memiliki paha sedikit bulan dan panjang dengan kakinya berbanding 50:50
  • Kebanyakan warna sisik dan kuku ayam ini berwarna hitam dan hijau terkadang ada yang kukunya hitam dan sisik putih.

Jenis Ayam Mangon

jenis ayam mangon

https://instagram.com/pungky_p_p_w/

Tidak heran jika tahun tahun yang akan datang akan kembali hadir jenis ayam baru dari line magon terbagi menjadi beberapa klasifikasi. Setiap orang memiliki kecintaan yang berbeda-beda salah satunya gaya bertarung ayam laga.

Contoh kecilnya jika sobat ingin memiliki gaya pertarungan yang cepat, tepat dan tahan pukul. Tidak ada salahnya apabila membuat ciri khas yang lebih unik lagi. Sampai saat ini sudah ada beberapa jenis ayam mangon, antara lain sebagai berikut.

  • Ayam Mangon Ori
  • Pamangon
  • Mangon IQ
  • Ayam Magon Thai
  • Mangon khoy

Secara fisik betina mangon dengan ayam jawa betina tidak jauh berbeda, hanya saja orang yang paham pasti tahu perbedaannya. Ciri khas mangon betina ekor menjulang ke atas, kaki hitam, biru & hijau. Jika mengamati dengan warna bulu juga berbeda.

Keistimewaan Ayam Mangon

keistimewaan ayam mangon

https://instagram.com/sasana_djati/

Dalam beternak pastinya ada proses untuk menghasilkan yang berkualitas bagus. Tidak lepas juga dengan ayam magon. Hal yang harus kita tanamkan ialah selalu menimba ilmu baru agar ternakan kita bisa terus dievaluasi dari segi kuantitas dan kualitasnya.

Kembali ke topik utama salah satu keistimewaan dari mangon ialah memiliki pukulan yang akurat dan keras dari posisi depan. Akan tetapi dari sisi yang berbeda masih kurang efektif.

Selain itu juga daya tahan pukul yang bisa dikatakan istimewa, meski dihajar waktu yang cukup lama masih mampu berdiri dengan tegak. Nah itulah keistimewaan dari magon. Namun hal mesti di upgrade kecepatan pukul dari berbagai arah dan gaya bertarung lebih unik lagi.

Cara Merawat Ayam Mangon

Mandi & Jemur Ayam

Tips merawat ayam mangon banyak sekali namun cara yang mudah saja itu apa ya? Nah kami ada beberapa rekomendasi bila sobat berkenan menerapkan kepada hewan ternaknya di rumah, antara lain sebagai berikut :

  • Memberikan Makanan Berkualitas

Mengapa harus begitu? Ya untuk mendukung pertumbuhan DOC jika tidak di imbangi dengan pakan bermutu ya sama saja. Dampak yang akan dirasakan apa? Ayam menjadi kurus, kurang aktif makan dan sangat bisa menjadi sakit.

Selain itu juga pertumbuhan lebih lambat daripada target. Sedangkan kepada ayam dewasa atau indukan apa berpengaruh. Jelas ada pengaruhnya sob, misalnya indukan untuk mempercepat produksi juga membutuhkan konsumsi pakan yang berprotein tinggi. Jadi sebelum terlambat mari pelajari ya sob.

  • Mandi & Jemur

Memandikan dan menjemur bukanlah hal yang sulit sebenarnya. Yang membuat sulit itu diri kita untuk melawan malas betul kagak nih? Bagaimana ayam mau sehat dan juara jika perawatan saja diabaikan.

Manfaat dari penjemuran dan mandi adalah bulu halus mengkilap, ayam jadi lebih sering bergerak dan menceker-ceker tanah. Sehingga kepadatan dan kesehatan hewan tetap terjaga. Bahkan menambah sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit.

  • Kandang

Sebagai pemilik ayam tentunya wajib memiliki kandang dong, masak mau nitip ke tetangga mulu. Beberapa yang mesti diperhatikan dalam pembuatan kandang ialah jarak antara kontoran sama si mangon.

Andaikan tata letak kandang yang bocor dari air hujan harus dibuat jangan sampai membasahi kotoran. Dampak negatifnya ayam mudah terkena penyakit kandang jadi lebih lembab. Penyakit yang kerap seperti snot, mata berbusa dan masih banyak lainnya.

  • Pelatihan Fisik

Fisik sebagai ayam laga sudah layaknya di usia 6 bulan+ wajib latihan. Karena jika tidak dilatih bisa-bisa 5-10 bisa di TKO sama lawannya. Apa yang bisa dilakukan untuk latihan ini kak? Bisa dengan jemur, kitter, treadmill, atau renang.

Kira-kira berapa lama masa untuk bisa dicoba, cukup 1-1,5 Bulan sudah bagus lah badan dan fisik dalamnya. Jika baru turun box jangan langsung dicoba dengan waktu lama. Nanti kalian bingung kalau sakit kan. Itulah beberapa informasi mengenai perawatan ayam mangon yang bisa kami sampaikan.

Kapan ayam mangon bisa mulai diabar? Setidaknya bulu-bulu sudah tidak tumbuh, yakni pada kisaran umur 6,5-7 bulan. Ketika turun lapangan juga memastikan lawannya sama-sama muda, supaya mentalnya tidak down alias kayoman.

Jadi kesimpulannya apapun jenis unggas yang sobat pelihara yakinlah bahwa suatu saat akan mencapai keberhasilan yang diinginkan. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dengan adanya ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply