6
3430

√ Cara Mengatasi Ayam Makan Plastik

Cara mengatasi ayam makan plastik atau karet gelang dan batu sering menjadi momok peternak serta penghobi ayam, khususnya lagi ayam bangkok atau strain aduan lainnya. Kenapa bisa demikian, sebab ayam yang dipelihara secara terbatas jelas sekali mempengaruhi keseharian ayam. Bahkan hingga tak mengenali benda-benda yang ada dipermukaan tanah.

Alhasil secara instingnya akan mengira sebagai makanan. Padahal benda itu tidak bisa dicerna oleh sistem pencernaan ayam. Maka dari itu tak jarang ayam yang menjadi sakit hingga kematian sebagai akhir dari hal ini. Untuk itu langkah yang tepat penangannya agar ayam dapat terselamatkan bagaimana?

Jadi ada beberapa metode yang bisa dilakukan oleh sobat dunia binatang pada permasalahan ayam makan beling, plastik dan sejenisnya. Sebelum ke proses paling utama mengetahui aktivitas ayam dimana, sudah berapa lama dan sudah bisa dipastikan tidak kalau hal itu terjadi pada ayam sobat. Alangkah baiknya juga mengetahui karakteristiknya sebagai berikut :

Ciri-Ciri Ayam Makan Plastik

Karakteristik Ayam Makan Plastik

Berdasarkan informasi kami ketahui ayam yang memakan karet gelang atau plastik 1-3 hari masih sehat dan kelihatan seperti biasanya. Sedangkan benda yang dikonsumsi ini besar akan sangat berdampak sekali pada ayam sobat. Cara yang tepat untuk mengetahuinya seperti ini :

  • Aktivitas ayam semakin masih dan lesu
  • Karakterisik mirip dengan ayam cacingan & sakit
  • Badan berangsur kurus dan pucat
  • Makan sedikit bahkan tak mau makan sekalipun

Dari contoh diatas setidaknya bisa dijadikan acuan sobat semua. Sedangkan kalau tidak tanda-tanda dan memakan karet kecil insyaallah akan aman alias tak berpengaruh pada tubuh ayam. Sebab akan ikut dicerna kemudian keluar bersama kotorannya.

Cara Mengatasi Ayam Makan Plastik

Cara Mengatasi Ayam Makan Plastik

Ketika hewan ternak memakan benda padat yang tak dapat diuraikan karena ukurannya melebihi batas sistem mencerna secara ilmiahnya akan mengganggu kesehatannya. Bila benda tersebut kecil akan ikut masuk dan keluar bersama fesesnya. Namun konteks kali ini ialah bagaimana cara menanganinya.

Mungkin sebagian besar sobat yang membaca informasi ini sedang mencari metode paling ampuh guna mengatasi ayam yang makan plastik, karet gelang, kaca dan sebagainya. Oleh maka dari itu kami sudah mempersiapkannya dengan beberapa cara. Terus ikuti dan simak baik-baik agar tau langk-langkahnya.

Cara Mengeluarkan Plastik yang Tersangkut di Tenggorokan

Pertama yaitu plastik baru sampai tenggorokan maka sobat bisa menangkap ayamnya lalu memegang lehernya. Sesudah itu langsung ambil menggunakan tangan sebelum masuk tembolok. Jadi penanganan yang segera dan sigap dikarenakan kita melihat ayamnya.

Alhasil benda padat tersebut bisa lebih cepat keluar daripada yang sudah masuk ke tembolok. Sebagai antisipasi yang paling bagus ialah membiasakan ayam diumbar ditanah ataupun pasir. Ya setidaknya bisa melatih insting hewan ternak sobat untuk mengenali barang-barang yang jarang ditemuinya.

Tips Mengeluarkan Makanan dari Tembolok Ayam Sederhana

Langkah kedua yaitu dikala sudah masuk sistem penyimpanan makanan ayam sementara. Maka cara mengatasinya dengan memberi minum ayam sebanyak-banyaknya. Kalau sudah demikian baru sobat muntahkan sambil diurut-urut temboloknya.

Ulangi metode ini hingga plastik atau beling yang dimakan ayam sudah keluar. Setelah itu baru ayam masukkan box dan diistirahatkan. Sebab fisiknya akan lemas, berilah air larutan gula jawa atau aren untuk memulihkan staminanya. Insyaallah dengan rekomendasi kami ini ayam tetap aman dan sehat seperti biasanya.

Cara Operasi Tembolok Ayam

Apakah membedah tembolok ayam diperbolehkan? Pasti banyak yang bertanya-tanya perihal ini untuk mendapatkan informasinya. Sedangkan menurut kami paling baik yaitu dengan mencoba kedua contoh diatas dahulu. Jika belum membuahkan hasil maka berlanjut ke cara ini.

Sedangkan alat-alat yang perlu disiapkan yaitu :

  • Pisau tajam yang steril (Pemes)
  • Alkohol 70%
  • Alat jahit
  • Kapas & Kassa
  • Betadine
  • Sarung tangan

Kalau semuanya sudah cukup dan siap, langsung ke operasi ayamnya. Sebaiknya mengajak teman atau partner ternak untuk memegangnya. Dengan ilmu sederhana ini sobat bisa membedah secara aman dan menghasilkan benda yang berada ditembolok keluar. Jangan lupa mencari sumber informasi yang akurat supaya tidak asal saja.

Cara Mengobati Ayam Makan Karet

Pengaruh terbesar pada ayam memakan karet yakni sakit berkepanjangan hingga kematian. Beberapa tanda-tandanya bisa dikenali dengan semakin kurus, tidak nafsu makan, ayam bermalas-malasan & pucat. Mungkin kalau tidak tahu bisa mengira cacingan. Kalau sudah demikian dan sekiranya belum keluar.

Solusinya yaitu dengan memberikan minyak goreng sebanyak 3 sendok saja. Insyaallah metode ini sudah terbukti mengatasinya dan karet pun keluar besama kotoran ayam. Jika masih ditemboloknya sobat bisa mencoba beberapa cara diatas terlebih dahulu.

Bahaya Ayam Makan Gelang Karet

Resiko ayam makan karet gelang

Kalau berbicara terkait resiko ataupun bahaya terhadap hewan ternak yang memakan beling, plastik, gelang karet dan batu adalah sulit dikenali misalkan bendanya sudah sampai ke tubuh ayamnya. Kalau ditenggorokan atau telehnya masih bisa diatasi dengan cara-cara sederhana.

Ya saran kami sih kenali ciri-cirinya terlebih dahulu baru langsung ke penanganan. Indikasi bisa diketahui setelah mencoba beberapa metode tapi tidak berhasil. Sedangkan resiko terbesarnya ialah kematian. Oleh dari itu kita hanya bisa berusaha dan meminimalisir hal yang tak diinginkan dari langkah perawatan harian.

Demikianlah rangkaian informasi dari dunia binatang seputar cara mengatasi ayam makan karet. Semoga dengan adanya penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua. Sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply