1
245

√ 7+ Peluang Usaha Ternak Yang Mudah Dikembangkan

Peluang Usaha Ternak merupakan menjadi salah satu bidang yang bisa kita mulai dari hobi menjadi ladang rezeki, meskipun memelihara hewan pasti ada namanya pasang surut dan perawatan extra. 

Dari berbagai hewan ternak masih sangat berpeluang lebar untuk dijalani. Hal ini karena kebutuhan daging ternak belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.

Jadi bagi siapa saja yang ingin menekuni dalam bidang ini juga bagus sebab bisa memberikan peluang lapangan kerja bagi penduduk sekitar pula. Namun alangkah baiknya bila memulai jangan langsung dengan skala besar tetapi sedikit. Hal ini supaya tahu bagaimana caranya beternak dan menangani hewan yang kurus dan sakit.

Peluang Usaha Ternak Kambing

peluang usaha ternak kambing

Sudah tidak diragukan lagi bahwa daging kambing masih menjadi komoditas pangan yang begitu dibutuhkan oleh masyarakat bahkan seluruh dunia. Memang konsumsi daging kambing tidak sebanyak sapi.

Akan tetapi ketika menjelang bulan-bulan seperti hari raya Idul Adha, permintaan hewan kambing sangat tinggi karena harga lebih terjangkau bagi masyarakat. Selain itu biasanya kambing juga untuk aqiqah.

Hal ini menjadi landasan utama dalam menjalankan ternak kambing ialah pilihan yang tepat. Selain itu hewan ternak ini bisa melahirkan 1-4 dalam sekali melahirkan jadi lebih cepat daripada sapi.

Harga kambing ketika menjelang hari raya biasanya di provinsi jawa tengah dari kisaran harga 2-5 juta tergantung dari besar dan kecilnya hewan tersebut.

Budidaya Lele

budidaya ikan lele

Ikan lele menjadi komoditi yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat baik warung makan, restoran dan rumah tangga. Sampai saat ini pembudidaya belum bisa memenuhi kebutuhannya, maka dari itu ini merupakan peluang besar untuk masyarat dalam menjalankan budidaya ikan lele.

Terdapat 3 pilihan dalam menjalankan bisnis ini tergantung mau apa yang digeluti seperti penjualan benih, lele konsumsi dan indukan saja. Ketiga-tiganya ini bagus untuk dikembangkan.

Untuk pemasaran jenis konsumsi bisa membidik warung makan lamongan, atau penjual ikan segar di pasar. Sedangkan untuk penjualan benih dan indukan bisa diarahkan ke pembudidaya langsung. 

Inilah peluang besar dalam menekuni bidang budidaya ikan lele, silahkan mencoba dan selalu semangat teman-teman.

Peluang Usaha Ternak Sapi

ternak sapi

Sapi menjadi salah satu daging konsumsi yang nilai jualnya cukup tinggi, selain itu cita rasanya pun lezat. Kembali lagi dalam pembahan awal bahwa beternak sapi membutuhkan lahan yang luas serat modal yang tidak sedikit.

Akan tetapi bisa kawan-kawan mulai dengan jumlah sedikit namun sapi bisa dipanen ketika menjelang hari raya terlebih hari raya idul adha. Jika ingin sering panen yakni bukan beternak tapi sebagai penjual.

Baca Juga : Harga Ayam Kate & Serama Terbaru

Harga sapi akan melonjak tinggi bila mendekati bulan-bulan hari raya, apalagi bila sapi tersebut memiliki berat badan mencapai 1 ton lebih. Maka bisa mencapai harga ratusan juta. Peluang ini sangat bagus dijalankan karena harganya cukup stabil bahkan akan mengalami peningkatan juga.

Usaha Ternak Kroto

peluang usaha ternak semut kroto

Semut kroto adalah makanan favorit bagi burung berkicau, semakin hari ke hari kebutuhan kroto semakin meningkat. Akan tetapi jika kita mengandalkan alam maka bisa mengakibatkan kepunahan maka dari itu kawan-kawan bisa menggunakan metode modern.

Kesuksesan panen kroto dalam metode modern dipengaruhi oleh campur tangan manusia atau peternak. Misalnya dalam perawatan dan pemberian pakan yang bergizi akan berdampak ketika panen. 

Untuk menghasilkan panen yang bagus maka peternak harus memberikan tempat tinggal, makanan yang tepat dan asupan nutrisi supaya semut kroto bisa berkembang biak secara bagus. Harga jual kroto juga sangat bagus jadi anda tidak akan sia-sia bila menjalani bisnis ini.

Peluang Usaha Ternak Ayam Bangkok

usaha ternak ayam bangkok

Ayam bangkok merupakan jenis ayam yang biasanya para botoh dimanfaatkan untuk adu. Tapi kini sudah banyak yang bisa kita ambil manfaatnya seperti ayam bangkok hias ekor lidi, jenis ini merupakan yang mempunyai keistimewaan ekor yang panjang dan kaku layaknya sapu lidi.

Ciri-ciri mendasar dari ayam ini ialah postur yang gagah disertai jengger blangkon atau mahkota. Selain itu ayam bangkok ekor lidi identik dengan jenis BK (Bangkok Klasik). Disisi lain harganya pun cukup menjanjikan kawan biasanya harga anakan umur 1 bulan dari 100-500  ribu per ekor.

Baca Juga : Cara Beternak Ayam Petelur yang Baik & Benar

Bila teman-teman berminat maka bisa memulainya baik beli anakan atau langsung indukan. Tidak ada terlambat jika kita mau menekuninya, yang gagal itu mereka yang takut mencoba.

Usaha Ternak Burung

usaha ternak burung

Tidak jauh dari pembahan kroto kalau kali ini kita lebih mendetail dalam usaha ternak burung. Apa yang kira-kira bagus untuk ditekuni? Tidak usah khawatir kawan-kawan sebab banyak kok pilihan yang mau dikembangkan seperti burung Murai Batu Medan, Kenari, Love Bird, Cucak Ijo & Cucak Rowo. 

Namun yang cukup menjanjikan ialah Murai Batu, Cucak Ijo dan Cucak Rowo sebab memiliki nilai jual yang fantastis sobat. Bagaimana apakah sudah siap mencoba menjalankannya?

Perlu diketahui bahwa unggas seperti merpati, burung dan ayam akan memiliki nilai jual tinggi jika indukan yang berkualias contohnya pernah juara makan akan mempengaruhi anakannya untuk dijual. Jadi tidak asal-asalan saja ya kawan-kawan.

Peluang Usaha Ternak Ayam Joper

ayam joper

Ayam joper merupakan hasil persilangan dari ayam bangkok dan ayam petelur sehingga menghasilkan unggas yang besar dengan produktifitas telur yang berjumlah banyak. 

Di Indonesia sendiri sudah banyak yang melakukan ternak ini, market yang ditujukan ialah restoran, warung makan dan lain-lainnya. Munculnya jenis ini merupakan alternatif dari ayam kampung yang memiliki nilai jual lebih tinggi. 

Biasanya dalam sekali pemeliharaan dengan jumlah yang cukup banyak paling sedikit dengan 100 ekor. Masa panen ayam joper ialah 60 hari sekali dengan rata-rata berat 1 kg lebih.

Dengan menjadi peluang besar bagi masyarakat yang mau berbisnis dalam dunia ternak. Kita bisa memanfaatkan tiga peluang sekaligus yakni menjual telurnya, Anakan atau DOC dan ayam joper siap potong.

Demikianlah beberapa peluang usaha ternak yang sangat menjanjikan untuk kita semua. Semoga dengan adanya ini sangat membantu dan bermanfaat. 

Mohon maaf jika masih banyak kekurangan dan kesalahan baik secara penulisan serta bahasa. Sekian dari kami terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply