4
905

โˆš Cara Mengobati Mata Ayam Rabun

Cara mengobati mata ayam rabun atau lebih dikenal senor apakah benar bisa kembali pulih seperti sediakala? Sobat dunia binatang, perlu diketahui bahwa kronologi selaput terluar ayam yang menyebabkan menjadi kebutaan sementara ini sangat banyak sekali faktornya.

Akan tetapi sobat tidak perlu cemas karen gejala semacam ini sifatnya sementara. Jadi jangan sampai salah kalau informasi yang akan kami sampaikan pada kesempatan kali ini bukanlah penanganan ayam buta permanen.

Kejadian seperti ini sering ditanyakan oleh para penghobi ayam ataupun botoh ayam aduan. Maka dari itu kami bertekad untuk memberikan pemaparan yang detail agar sobat bisa mengetahui dari penyebab, ciri-ciri dan cara menyembuhkannya.

Apakah Mata Ayam Senor Bisa Sembuh?

Gambar mata ayam senor

Dalam menemukan sebuah titik temu yang benar-benar akurat maka sebelum memastikan sembuh atau tidaknya bisa dilakukan analisa lebih lanjut. Jadi misalkan mata ayam siwer karena pukulan jalu.

Bahkan bisa kemungkinan karena terlalu lama dan kerap dijemur pada terik matahari. Alhasil ayam akan menggunakan selaput matanya untuk menyesuaikan kondisinya. Selain itu bisa pula karena serangan virus ataupun debu yang mengakibatkan mata ayam rabun.

Nah dengan demikian pastinya akan membantu sekali sobat untuk menemukan solusinya dan tingkat resiko dari mata ayam yang senor. Jadi istilah rabun itu sifatnya sementara dan insyaallah ayam akan kembali pulih seperti sediakala.

Ciri-Ciri Mata Ayam Rabun

Ciri-Ciri Mata Ayam Rabun

Ciri khas dari mata ayam yang rabun memang fakta dilapangan sungguh mengejutkan. Pasalnya ada yang benar-benar kelihatan secara visual dan ada juga yang seperti ayam sehat namun tidak melihat sama sekali.

Dalam kondisi seperti ini bagaimana langkah pertamanya? Langsung saja sobat lakukan tes dengan pemberian pakan pada mata sebelah kanan dan kirinya apakah masih merespon dengan bagus atau sudah jelas buta.

Memang kronologi semacam ini sulit bisa berhasil dan bisa pula nihil alias zonk. Kalau ciri-ciri mata ayam rabun paling mudah difahami yaitu dengan beberapa karakteristik seperti dibawah ini.

  • Terdapat lapisan luar yang membalut iris mata ayam
  • Adanya titik putih kecil diarea mata
  • Mata ayam tidak jernih seperti pada umumnya
  • Ketika dites tidak langsung merespon dengan cepat
  • Mata ayam berair dan berbusa

Cara Mengobati Mata Ayam Rabun

Cara Mengobati Mata Ayam Rabun

Tips menyembuhkan mata ayam yang senor atau siwer bisa dengan beberapa cara. Karena ada yang menerapkan cara alami dan obat tetes yang khusus untuk mata ayam. Maka dari itu coba dulu dengan kemantapan hati sobat ketika mengupayakan pengobatan ini.

Memang benar secara komplek hasilnya 50-50, jadi bisa sembuh dengan cepat dan dapat pula berakibat kebutaan permanen pada mata ayam. Ya solusinya bagaimana kalau begini, tenang usahakan semaksimal mungkin biar takdir yang menentukan hasil akhirnya sobat.

Obat Mata Ayam Rabun Alami

Cara mengatasi mata ayam yang rabun secara tradisional ini menggunakan air rebusan daun sirih. Sedangkan untuk bahan-bahan yang persiapkan yakni 3 lembar daun sirih yang masih segar dan masukkan pada wadah berisi air bersih secukupnya.

Jika sudah rebus sampai air mendidih, kalau ingin lebih maksimal sobat bisa remas daun sirih tadi sebelum dimasukkan. Ini bertujuan memaksimalkan kandungan dari daun tersebut. Lalu diamkan dulu sampai air rebusannya dingin.

Kalau sekiranya sudah dingin sobat bisa langsung menetaskan pada mata ayam siwer atau rabun. Pastikan ketika mengobatinya keadaan tangan sobat steril, supaya tidak berdampak hal yang lebih buruk. Lakukan cara ini 5-7 hari berturut-turut dengan pemberian 1-2 kali sehari.

Menggunakan Obat Tetes Mata Ayam

Selanjutnya ini ada 2 rekomendasi obat tetes mata ayam yang dapat sobat aplikasikan sebagai usaha mengobati mata ayam yang senor atau rabun. Tidak perlu pusing juga karena obat ini bisa sobat dapatkan melalui marketplace yang sering untuk belanja.

Sesungguhnya obat ini merupakan dari tindakan lanjutan jika cara yang tradisional belum memberikan hasil yang maksimal. Karena bisa banget kalau mata ayam sobat yang rabun karena virus bakteri yang mengendap diarea mata.

Obat Mata Ayam Sakit Eye Chick

Eye Chick merupakan obat yang diperuntukkan mata unggas karena iritasi. Sehingga dengan pemberian yang tlaten akan membantu mengobati infeksi, mata kemerahan dan berbagai penyebab oleh bakteri. Bahkan juga digunakan sebagai anti bakteri gram positif dan negatif yang efektif melawan bakteri.

Aturan pakainya sangat simpel yaitu 2-3 tetes sehari yang mana langsung diteteskan pada mata ayam yang rabun dan berikan sampai ayam sembuh. Harga EYE CHICK hanya 5000/botolnya.

Dexoph Obat Tetes Mata & Telinga Ayam

Kemudian untuk saran pemberian obat mata ayam yang senor bisa pula dengan memberikan obat tetes dexoph. Khasiat dari dexoph akan mengobati mata ayam bangkok yang rabun dan menyembuhkan telinga ayam karena adanya infeksi.

Cara pemberian obat mata ayam dexoph ini dilakukan 1 kali sehari langsung diteteskan pada mata ayam yang sakit dengan kurun waktu penggunaan 5-7 hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Harganya sendiri kurang lebihnya 25.000/botol dan mudah didapatkan diberbagai toko online.

Demikianlah rangkaian informasi saat ini yang bisa kami sampaikan seputar cara mengobati mata ayam rabun versi dunia binatang. Semoga dengan rekomendasi diatas dapat membantu menyelesaikan permasalahan ayam peliharaan sobat, sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply