651

โˆš Cara Mengatasi Ayam Bertelur Sembarangan

Cara mengatasi ayam bertelur sembarangan bukanlah perkara sulit, akan tetapi ada metode untuk penanganannya supaya tidak terjadi lagi pada periode selanjutnya. Mungkin banyak juga yang masih mengabaikan hal ini dan biasanya ayam telat bertelur dari masa produksinya.

Sesudah mengetahui ciri ayam betina siap kawin maka prosedur yang selanjutnya yaitu membuat ayam mau bertelur pada tempat tarangannya. Sebab banyak juga kejadian khususnya ayam kampung, aduan dan hias yang masih bertelur sembarangan.

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar bersama-sama tentang ayam bertelur disembarangan tempat. Seperti penyebabnya, cara mengatasinya dan upaya pencegahan yang bisa sobat lakukan sebaik mungkin. Maka dari itu mari kita simak penjelasan dibawah berikut.

Penyebab Ayam Bertelur Sembarangan

Ayam bertelur sembarangan

Ketika ayam betina sudah dewasa dan mulai masuk masa bertelur pastinya secara fisiknya semakin bagus. Sebagaimana dengan bulunya mengkilap, bobotnya semakin bertambah dan ketika dipegang akan siap untuk dikawinkan ayam pejantan.

Akan tetapi permasalahannya kenapa ayam bisa bertelur sembarangan? Jadi insting ayam akan lebih mengetahui dimana ia merasa nyaman dan aman, selain itu kalau kandangnya belum ada tempat bertelur biasanya akan meninggalkan telurnya ditanah/pasir.

Selain itu ada juga karena sudah tabiat ayam babon tersebut seperti itu. Kalau kita kupas lebih dalam tentang kronologinya ini cukup beragam. Sedangkan hal yang kerap menjadi penyebab ayam bertelur dengan sembarangan diantaranya :

  • Ayam tidak suka dengan kandang yang baru
  • Kondisi kandang sangat berbeda dari tempat yang lama
  • Ayam belum beradaptasi dengan baik
  • Fasilitas kandang yang tidak sesuai
  • Ayam kalah dengan ayam yang lebih tua

Nah kurang lebihnya ada 5 yang menjadi penyebab utama ayam bertelur sembarangan. Selain itu kalau populasi ayam babon banyak biasanya ayam yang lebih muda juga akan kalah sehingga bertelur ditempat paling aman bagi ayam tersebut.

Bahkan ada salah satu resiko membeli ayam babon itu menjadi macet alias tidak mau bertelur lagi. Terkadang penyampaian seperti ini tidak sampai ke penghobi ayam yang masih awam alhasil timbulnya rasa kecewa akibat kurangnya edukasi.

Cara Mengatasi Ayam Bertelur Sembarangan

Cara Mengatasi Ayam Bertelur Sembarangan

Sesudah sobat mengetahui dari faktornya pastinya ingin sekali untuk tau cara mengatasinya. Jadi sobat bisa mengaplikasikan beberapa cara sederhana dalam permasalahan ini agar ayamnya bertelur pada sarang yang telah disediakan.

Memang masa bertelur ayam tidak sama semuanya. Hal ini dikarenakan asupan nutrisi dan mineral yang membantu pembentukan telur ayam. Untuk rekomendasi pemecah masalah ayam bertelur sembarangan cobalah dengan cara berikut.

Membuatkan Kandang Khusus Ayam Betina

Cara yang pertama sobat bisa membuatkan kandang umbaran khusus ayam babon. Nah untuk luasnya bisa disesuaikan dengan kondisi kandang sobat, misalnya lebar 100 cm panjang 150 cm. Dengan luas seperti ini maksimal bisa diisi 2 induk betina yang sudah akur.

Metode ini lebih menekan resiko ayam saling mengganggu ketika bertelur karena sudah tidak bertarung pada sebelumnya. Misalkan mau diisi 1 pun juga lebih bagus. Disisi lain juga bebas gangguan ayam pejantan yang mau mengganggu ayam betina yang sedang birahi.

Untuk pendukungnya sobat tambahkan tangkringan dan tempat bertelur ayamnya agar cepat menyesuaikan kondisi kandang khusus tersebut. Insyaallah dengan tips ini sobat bisa mengatasi permasalahan selama ini.

Menyediakan Beberapa Sarang Bertelur Ayam

Kemudian opsi yang kedua untuk cara mengatasi ayam bertelur sembarangan yaitu dengan menyediakan beberapa sarang ayam bertelur. Nah dengan pilihan ini akan membantu meminimalisir ayam saling berebut tempat bertelur ataupun mengeram.

Selain itu bisa dengan model ayam sobat pelihara. Misalkan beternak ayam petelur dengan sistem umbaran, ya sobat sesuaikan saja yang sekiranya paling terbaik untuk ayam nyaman meninggalkan telur-telurnya.

Sedangkan untuk ayam aduan atau bangkok sobat bisa membuatkan dengan kardus, papan kayu serta ember bekas cat. Untuk ukurannya sendiri maksimal 40×40 cm dan diberikan alas yang kering serta hangat agar telur tidak menyebar ke pojok sisi pengeramannya.

Mengurung Ayam Babon Sementara

Cara yang ketika ini lebih unik dan kadang sampai tak terfikirkan oleh peternak ayam. Sebab mengurung dikandang box ayam atau dengan tenggok bambu dikotak bertelur ayam. Kadang seperti aneh namun ini bisa dilakukan upaya membuat ayam nyaman dan bertelur dengan baik.

Untuk metode ini bisa dilakukan ketika ayam pertama kalinya bertelur atau yang sudah babon namun masih bertelur sembarangan. Usahakan praktiknya 3 kali ayam bertelur, agar hafal tempat dan menjadi terbiasa tanpa dikerodongin lagi untuk yang berikut-berikutnya.

Menyatukan Dengan Ayam Pemacek

Kemudian yang terakhir ini dengan cara mengumbar dikandang yang sudah disediakan tempat bertelur ayam bersama ayam pejantannya. Rekomendasi seperti ini bisa dicoba untuk ayam yang masih muda atau baru pertamakalinya bertelur.

Bahkan ayam babon yang bermasalah sering mengacak tempat bertelur pun bisa diupayakan dengan teknik ini. Kalau saran paceknya yang sudah pernah bodol/ganti bulu. Tujuannya ayam jago yang memiliki sifat tenang dan mampu mengayomi ayam betina dikandangnya.

Pasalnya kalau ayam jago muda umumnya lebih agresif dan bisa mematuk ayam betina. Justru karena ini dapat menyebabkan ayam betina ketakutan dan stres dihajar sama ayam jago muda tersebut. Maka dari coba dengan ayam pemacek yang sudah usianya matang.

Antisipasi Ayam Bertelur Sembarangan

Cara mencegah ayam bertelur sembarangan

Lalu kalau mengantisipasi ayam sampai bertelur sembarangan bagaimana solusinya? Tenang masih ada kok, cara yang bisa sobat upayakan dalam problem semacam ini. Terkadang ada ayam yang sudah dicoba dengan beberapa cara masih tetap sama saja. Hal ini biasanya faktor keturunan atau genetik ayam babon tersebut.

Supaya ayam mau meletakkan telurnya dengan baik dan aman pastinya tidak boleh menyepelekan hal yang sekiranya tidak begitu penting. Oleh sebab itu mari aplikasikan cara ini untuk upaya dalam pencegahan ayam bertelur sembarangan.

  • Menyiapkan kandang umbaran terpisah untuk ayam betina
  • Membuatkan tempat dan alas bertelur ayam yang kering dan nyaman
  • Fasilitas kandang sesuai SOP beternak ayam
  • Kenyamanan ayam baru dimaksimalkan
  • Membeli ayam sejak dedara
  • Membiasakan ayam berinteraksi dengan sobat

Demikianlah rangkaian informasi seputar cara mengatasi ayam bertelur sembarngan versi dunia binatang. Semoga dengan penjelasan yang tim kami diatas bisa bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply