5
93

√ Inilah Jenis Ayam Kate Hias Warna Unik Termahal

Jenis ayam kate memang sangat banyak di dunia ini, akan tetapi tidak semuanya terkenal dan mahal di kancah internasional. Lalu apa yang membuat ayam kate menjadi bernilai jutaan bahkan puluhan juta?

Salah satu alasan utama kami kira juga karena menyalurkan hobi yang terus dikembangkan hingga ada kontes dan perkawinan silang. Dengan demikian akan terus menaikkan kualitas dan kuantias ayam tersebut.

Jadi tak heran ada peternak memasang harga yang bagi orang tidak tahu mengatakan sangat mahal dan luar biasa. Di nusantara juga beragam orang hanya untuk menyalurkan hobinya. Seperti burung merpati, ayam bangkok, reptil dan masih banyak lainnya.

Daftar Jenis Ayam Kate Terbaik & Termahal

daftar ayam kater ceper

Adanya kontes kecantikan sangat memiliki pengaruh besar terhadap nilai jual, hal ini juga bertujuan memakmurkan masyarakat menengah ke bawah. Selain itu para panitia juga masih berupa paguyuban atau komunitas. Mungkin hal seperti ini juga perlu adanya wadah dari pemerintah untuk meningkatkan kualitas unggas di nusantara.

Secara umum penilaian terbagi menjadi beberapa kelompok usia dan jenisnya, sehingga meminimalisir kecumburuan sosial para peserta. Sedangkan kelas yang hingga kini paling tinggi yakni jantan dewasa ceper. Adapun jenis-jenis yang bisa sobat ketahui sebagai berikut ini :

Ayam Kate Batik

jenis ayam kate batik

Mungkin ini sudah tidak bagi sobat dunia binatang, perlu diketahui bahwa maksud batik ialah perumpaan karena memiliki ciri khas bulu yang seperti batik. Dengan begitu orang-orang akan mudah untuk mengenalinya tanpa bingung menyebutkan nama aslinya.

Apabila dijadikan untuk kontes kami belum mengetahui apa boleh & tidaknya. Sebab tidak tahu persyaratannya. Bila sobat ingin mengetahui lebih detailnya bisa langsung bertanya dengan komunitas-komunitasnya.

Ayam Kate Pictave

ayam hias mini

Pictave adalah salah satu ayam yang berasal dari negara prancis yang kini populasinya terancam punah. Pemberian nama ini dari suku yang dahulunya bekas provinsi poitou, kini sekarang termasuk wilayah Nouvelle-Aquitaine.

Corak warna dari unggas hias ini mirip dengan ayam di indonesia, namun dari pengamatan kami cenderung hampir sama dengan ayam hutan merah. Ukuran yang mini menjadi salah satu alasan menjadikan unggas ini sebagai ras hias.

Ayam Kate Jepang

ayam kate jepang

Jenis salah ini spertinya cocok buat sobat yang suka dengan warna cerah dan unik, selain berukuran mini paruhnya pun lebih kecil daripada kate umumnya. Bantam/Chabo Jepang ialah nama dari hewan peliharaan ini.

Rata-rata warna bulu chabo adalah dominan hitam dan putih sebagai dasar sehingga rekomended buat sobat yang ingin mengembangkan atau sekedar memelihara saja. Keistimewaan dari kate jepang ini juga ekor tegak, bulu tebal dan sayap yang miring ke bawah.

Jadi perbedaan antara ayam kate chabo dengan jenis lainnya ialah ekor lebih mekar dan berwarna hitam, jengger dominan wilah, bulu badan putih dengan perpaduan rawis agak kekuningan.

Barbu d’Everberg

barbu d'everberg adalah

Ayam mini satu ini memang bukan berasal dari nusantara tapi tepatnya Belgia jenis ini nama lengkapnya adalah Belanda Everbergse Baardkriel. Jika kita amati detail unggas ini layaknya tanpa ekor.

Meskipun demikian ada keunikan tersendiri bagi para penggemarnya dan masuk ke jenis hias yang bagus sekedar dipelihara sebagai pengobat ketika habis bekerja. Perpaduan warna dominan merah, kuning, putih yang melengkapi kombinasi yang menarik.

Ayam Bearded D’Uccle

ayam kate ceper

Unggas kecil ini berasal dari benua eropa tepatnya nega Belgia yang mana pertama kali dikembangbiakkan kota Uccle pinggiran Brussels. Salah satu keunikan yaitu mempunyai janggut/brewok.

Karena ukuran yang mini menjadi salah satu kategori ayam kate yang dapat dijadikan perkawinan silang dengan jenis lainnya. Akan tetapi kami mengetahui secara detail apakah sudah ada yang memelihara di Indonesia.

Mungkin sobat yang berminat bisa menanyakan dahulu kepada teman yang sudah biasa import ayam dari luar negeri. Selain hal itu perpaduan wara bulu yang bagus juga bisa dijadikan pertimbangan untuk beternak jenis ini.

Kate Jambul Mekar/Rosecomb

jenis ayam kate rosecomb

Bagi sobat yang sudah mengetahui jenis ayam kate, mungkin tak asing dengan salah satu ini. Jengger yang mekar menjadi ciri khas yang sangat indah untuk dipelihara. Nama lain dari unggas ini adalah Rosecomb Bantam, karena berukuran kecil akhirnya orang nusantara menyebut dengan sejenis kate.

Warna bulu yang dominan hitam tegas juga sangat bagus untuk hewan hias yang siap menemani dan hiburan sobat ketika pulang dari pekerjaan. Ciri khas lainnya terletak di bagian dekat telinga yang berwarna putih sebagian saja.

Ayam Kate Burma

ayam kate burma

Burmas Chicken ialah sebutan dari jenis ayam kate satu ini dan juga termasuk terunik dengan sejenisnya. Keunikan itu terdapat dari warna bulu dan kelebatannya, dengan demikian membuat tak nampak penglihatannya. Bahkan membentuk jambul dibagian belakang jengger.

Bahkan jenis ini lebih banyak di dominasi warna bulu putih mulus, kaki kuning, kalau sobat tidak jeli bisa saja mengira ayam kapas juga.

Belgian Bantam

ayam kate game bantam

Ayam kate belgian bantam merupakan jenis unggas berukuran kecil yang termasuk kategori hewan peliharaan hias. dalam bahasa belanda di sebut Belgisch sedangkan prancis Naine Belge.

Ciri-ciri dari ayam ini adalah kaki dipenuhi bulu dan brewok pada kepalanya. Selain itu warna dominan coklat seperti gula aren dengan perpaduan bintik-bintik putih.

Amerikan Game Bantam

amerikan game bantam chicken

Seperti namanya ayam american ini berasal dari benua amerika yang juga disebut kate kategori hias. Meskipun dari jauh sana, masyarakat di dunia memelihara jenis ini. Akan tetapi banyak yang menjadikan ayam ini sebagai unggas laga/petarung.

Apa Saja Makanan Ayam Kate?

pakan ayam kate bergizi

Sebetulnya ayam kate memakan seperti halnya dengan ayam pada umumnya, akan tetapi untuk lebih alangkah baiknya memberikan seperti contoh dibawah ini :

  • Jagung Kecil
  • Beras Merah
  • Voer/Konsentrat
  • Gabah

Untuk anakan yang baru menetas sangat bagus diberikan konsentrat yang sudah dihaluskan agar lebih mudah untuk mencernannya. Selain itu juga membantu pertumbuhan anakan untuk segi postur dan percepatan tumbuh menjadi cepat besar.

Cara Agar Suara Ayam Kate Merdu

perawatan ayam kate

Ketika menginjak usia dewasa ayam kate biasanya akan berlatih mengeluarkan kokoknya, oleh hal itu untuk menjadikan suara merdu perlu beberapa tips, antara lain sebagai berikut ini :

  • Memberikan vitamin/suplemen agar tenggorokan ayam bersih
  • Mendekatkan dengan lawan jenis/sejenisnya untuk memancing mengeluarkan suara
  • Membiasakan terlihat oleh banyak orang supaya tidak takut ketika dijumpai banyak orang.
  • Rajin di mandikan dan jemur, hal ini menjaga kesehatan dan kebugaran fisik ayam tersebut.
  • Pemberian umbaran sesekali agar bisa kekipu/mandi pasir yang sangat bagus bagi kesetabilan ayam dengan lingkungannya.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan seputar jenis ayam kate versi duniabinatang.net. Semoga dengan adanya ini bisa bermanfaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply