6
2185

√ Ciri Ayam Betina Siap Kawin

Ciri ayam betina siap kawin atau bertelur bisa diketahui dengan beberapa hal. Sebagai contohnya dari perawakan, usia dan suara. Teruntuk sobat dunia binatang semuanya yang mungkin belum mengetahui karakteristiknya bisa membaca dengan seksama.

Umumnya ayam betina akan siap produksi minimal 6 bulan dengan pemberian pakan dan perawatan yang cukup baik. Sedangkan rawatannya lebih insyaallah memasuki bulan ke enam sudah siap dikawinkan dengan ayam pemacek. Maka dari itu kualitas sangat memiliki pengaruh yang banyak terhadap pertumbuhan ayam.

Pastinya yang membaca informasi ini tak semuanya sudah faham betul terkait ciri ayam betina yang siap dikawinkan. Apa saja yang menjadi pertimbangan dalam menentukan ayam mau produksi. Kurang lebihnya seperti penjelasan dibawah berikut ini :

Ciri-Ciri Ayam Betina Siap Kawin

Ciri-Ciri Ayam Mau Bertelur

Seperti yang sudah dikatakan diatas bahwa ayam akan bertelur itu dapat diketahui dari beberapa aspek. Kendati demikian sehingga tak hanya terpaku pada satu ciri-ciri saja. Misalkan umur, ya pastinya tidak akurat apabila faktor pendukungnya tak memadahi misalkan asupan nutrisi pakan, pindah-pindah kandang dan sebagainya.

Kami sudah membuatkan urutan yang mudah diketahui sobat semua, khususnya yang masih awam mendeteksi ayam siap kawin. Berikut beberapa karakteristik yang bisa dijadikan tolak ukurnya :

Usia Ayam Betina Bertelur

Pertama ialah bertumpu pada usia ayam betina tersebut. Akan tetapi hal itu tidak bisa dikatakan sebagai pertimbangan yang akurat. Sebab beberapa kasus dikarenakan faktor penghambat yang menjadikan ayam lebih lama untuk memasuki usia kawin.

Sedangkan rata-rata ayam betina siap bertelur itu pada usia 7-8 bulan. Jika pemeliharaan sobat lebih maksimal dan membuat nyaman ayamnya insyaallah akan lebih cepat memasuki masa bertelurnya. Sedangkan pemberian protein yang berlebihan pun tidak baik pada ayam.

Karena membuat lemak menumpuk dekat dengan pembuahan telur yang menyebabkan sulitnya mengeluarkan telur. Jika hal ini terjadi tidak langsung ditangani bisa menyebabkan kematian pada ayam tersebut. Jadi sebaiknya memberikan secukupnya agar pola hidupnya sehat dan cepat bertelur.

Karakteristik Fisik Ayam Betina Siap Kawin

Karakteristik Fisik Ayam Siap Bertelur

Kemudian ciri khas kedua ini bisa kita amati dengan kasat mata. Sehingga memudahkan untuk memperkirakan kesiapan ayam betina untuk kawin dan bertelur. Hal ini tentunya akan mudah diketahui oleh siapa saja. Namun tak pasti teruntuk yang baru mengenal dunia ayam. Inilah beberapa contoh fisik ayam siap untuk reproduksi :

  • Badan mengembang alias lebih berisi daripada sebelumnya
  • Pada bagian kloaka lebih besar
  • Lebih kerap berinteraksi dengan ayam pejantan
  • Ayam tenang dan akur dengan betina lainnya
  • Jika punggung ayam dipegang akan langsung menungging seperti akan dikawini ayam jago
  • Untuk ayam mengasuh anakan, biasanya akan mematuk sebagai tanda untuk menyapih lalu kembali siap bertelur.

Suara Ayam Mau Bertelur

Ketiga yaitu suara ayam akan bertelur bisa ditandai dengan menarik daya perhatian ayam jantan untuk mencarikan tempat bertelur dan mengeram. Ini berlaku ayam kampung, bangkok dan sejenis lainnya. Sehingga untuk mengetahui kepastian ayam siap kawin bisa dipertimbangkan dengan ketiga cara ini.

Sedangkan suaranya yakni (kok petok, atau petok-petok). Kurang lebihnya penjelasan untuk ayam betina siap bertelur sudah cukup ya sobat semua. Jika ada pertanyaan yang perlu dibahasa bisa dikolom komentar dibawah ya.

Cara Mengatasi Ayam Majir

Cara Mengatasi Ayam Majir

Ayam betina pun perlu diberikan suplemen seperti ayam pejantan agar keberlangsungan produksinya. Akan tetap patuhi pemakaiannya supaya tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan.

Tapi konteks ayam betina lebih ribet dibandikan ayam pejantan. Hal ini kerap terjadi bila pindah kandang atau daerah, bahkan tidak mau bertelur sama sekali meski sudah berbulan-bulan. Untuk mengatasi permasalahan ini kami ada saran sebagai berikut :

  • Memberikan asupan pakan terbaik untuk menggemukkan badan
  • Pemberian makanan tambahan untuk merangsang pembuahan telur berupa kecambah, kacang hijau, kangkung
  • Menempatkan pada kandang box supaya tidak banyak gerak
  • Memberikan suplemen gairah reproduksi
  • Mengoleskan balsem pada area kloaka

Jika ayam sobat masih cukup muda insyaallah akan dapat kembali bertelur tapi dengan perawatan yang maksimal terlebih dahulu. Kemudian jika sekiranya terlalu tua langsung saja jual dipasar atau sembelih andaikan merasa khawatir. Pada akhrinya suatu usaha yang maksimal tak akan menghianati hasil.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan seputar ciri ayam betina siap kawin versi dunia binatang. Mohon maaf jika masih banyak kekurangan atau kesalahan dalam menyampaikan kepada sobat. Semoga dengan adanya penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply