8
169

โˆš Asal Usul Ayam Wyandotte?

Ayam wyandotte adalah jenis ayam yang memiliki keunggulan dwiguna dan dikembangkan sejak tahun 1870-an. Salah satu keunikan dari unggas berbulu indah ini diberikan nama oleh penduduk asli wyandot di Amerika Utara.

Hingga akhirnya kepopulerannya cepat tersebar diberbagai negara eropa dan asia. Kini spesiesnya terus berkembang dan tidak luput menjadikan klasifikasi berdasarkan warna bulu ayam. Sebagian besar masyarakat memeliharanya agar mendapatkan telur coklatnya dan daging berkulit kuning.

Dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi kepada sobat dunia binatang, perihal ayam wyandotte baik dari sejarah hingga ciri khusus yang dimilikinya. Bagaimana keseruannya, mari terus simak pemaparan dibawah berikut.

Asal Usul Ayam Wyandotte

sejarah ayam wyandotte

Suatu ketika awal abad yang ke 1883 munculan ayam di Amerika Serikat dengan nama wyandotte. Salah satu alasan utama dalam memberika nama ini lantaran bentuk menghormati suku India karena keindahan bulunya. Faktor lainnya yakni memiliki corak yang sama dengan bulu yang digunakan oleh orang India hiasa dikepala mereka.

Kemudian dalam beberapa dekade terakhir pengembangbiakkan ayam dilakukan. Hingga tahun ke-6 munculah spesies baru dari jenis wyandotte seperti wyandotte silver dan silver border. Keindahan pola warna bulu ini juga bisa menjadi opsional memeliharanya sebagai ayam show atau ayam hias.

Metode yang diterapkan supaya menghasilkan warna perak maka dilakukanlah persilangan XNUMX spesies lain agar terjadi pembagian genetik. Berdasarkan silsilah leluhurnya wyandotte mempunyai ciri khas bulu tepi perak dengan dukungan produktivasnya telur dan daging sangat tinggi.

Ciri Khusus Ayam Wyandotte

ciri khusus ayam wyandotte

Seperti halnya jenis ayam lainnya, ayam wyandot juga mempunyai beberapa tanda pengenal alias karakteristik tertentu guna membedakannya dengan strain ayam pada umumnya. Oleh maka dari itu setidaknya dengan ciri khas tertentu menambah daya tarik penghobi ayam untuk mempeliharanya.

  • Ciri-ciri fisiknya berbetuk bulat dan badan terlihat sedang membusungkan dada
  • Kepala sedang dengan jengger kecil simetris serta cuping bercorak merah muda
  • Paruhnya kuning pucat
  • Umumnya kaki berwarna kuning akan tetapi untuk bulu dikaki biasanya akan menyesuaikan dari warna ayamnya
  • Ayam betina mirip dengan ayam jantan hanya saja ukurannya sedikit lebih kecil
  • Tepi bulu ayam wyandotte berupa perak dan banyak yang menyerupai corak batik
  • Karakter ekor menjulang keatas dan pendek sebagian besar berupa hitam namun terkadang ada yang warnanya keemasan.
  • Telurnya berwarna coklat

Dari sekian banyak ciri khas yang dimiliki ayam berbulu ciamik ini, apakah sobat dunia binatang sudah memahaminya secara lengkap? Jika betul demikian, mari kita lanjutkan ke informasi berikutnya.

Jenis Ayam Wyandotte

Setelah beberapa dedake pengembangbiakkan, akhirnya dari strain ayam wyandotte memunculkan klasifikasinya berdasarkan ciri khas warna bulu. Dengan demikian menambah daya tarik bagi peternak maupun penghobi ayam.

Pengembangan dan perbaikan secara menyeluruh terus dilakukan supaya mendapatkan hasil yang sempurna dari strain ayam berbulu batik ini. Kini sobat bisa mendapatkan ayam wyandot dimana saja jadi tidak hanya di Amerika maupun Inggris.

Silver Laced Wyandotte

Silver laced wyandotte

Jenis dari klasifikasi pertama ini silver laced dan sudah ada selama seratus tahun lebih dan dikembangkan di Amerika Serikat. Untuk sobat yang belum mengetahui bahwasannya ini adalah ayam wyandotte asli, dimana seluruh variasi wyandot asalnya dari silver laced.

Karakteristiknya dengan warna bulu dasar hitam kemudian disempurnakan dengan bulu putih perak dilapisan terluar maupun bulu rawisnya. Selain itu memiliki jengger berbentuk mawar dengan warna merah cerah. Sejak awal keberadaannya untuk dipelihara tujuan ganda agar menghasilkan telur dan dagingnya.

Golden Laced Wyandotte

Golden laced wyandotte

 

Kemudian untuk varietas yang kedua ini tidak jauh berbeda dengan yang pertama. Dimana ciri khasnya ialah keseragaman warna bulu dasar dan pelengkapnya. Gold wyandotte memiliki warna layaknya emas hanya saja ada balutan warna hitam dan kemilauan disetip tepi bulunya.

Selain itu keindahan corak bulu sangat mirip dengan batik hanya saja perpaduan warnanya berupa hitam dan orange. Umumnya karakteristiknya dari paruh dan kakinya menyerupai dengan warna dasar bulunya. Sedangkan untuk DOC hingga masa remajanya ayam akan lebih dominan dengan corak hitam dibandingkan kuning atau kecoklatan.

Blue Laced Red Wyandotte

blue laced red wyandotte

Jenis ayam wyandotte selanjutnya ini paling unik dan menarik daya beli setiap orang yang melihatnya. Bagaimana tidak dengan segudang keindahan warna bulu yang dilengkapi biru dan disempurnakan dengan warna rawis merah atau orange.

Adanya persilangan ayam wyandotte terus menerus hasilnya adalah keberagaman varietas warna. Kalau tidak salah asal mula dari genetik ini dengan indukan blue laced dengan pejantan red laced wyandotte.

Pembagian genetik yang sangat pas menghasilkan keindahan warna bulu yang benar-benar mirip sekali dengan batik. Selain itu juga menambah daya tarik setiap penghobi ayam melihatnya karena memeliharanya bisa dijadikan ayam hias ataupun tujuan ganda.

Black Laced Wyandotte

black laced wyandotte

Sesuai namanya jenis ini merupakan varietas klasik karena memiliki warna dasar hitam kemudian dilengkapi warna rawis berupa merah cerah dan tua. Meskipun demikian, black wyandotte tetap tidak bisa dianggap sebelah mata.

Karena dari sejarahnya ayam ini bisa dipelihara untuk tujuan ganda, maka oleh dari itu untuk peternak lokal di Indonesia dapat mendatangkannya sebagai sumber genetik supaya menghasilkan ayam persilangan super.

Tidak hanya itu saja sebab beberapa varietas warna yang unik di luar negeri dimanfaatkan untuk ayam show alias ayam hias dalam event pameran unggas. Dengan demikian sobat tetap bisa memeliharanya dengan tujuan yang berbeda.

Buff Laced Wyandotte

Jenis ayam buff laced wyandotte

Lalu yang terakhir ini merupakan jenis ayam wyandotte dengan ciri khas warna dasar putih terang dengan bulu pelengkap merah cerah atau merah kecoklatan. Tipe buff memang tidak jauh berbeda sama ayam blue laced red wyandotte. Perbedaan paling mencolok ialah dari warna dasar antara blue dengan putih.

Selain itu bentuk pola warna bagian dada buff laced mirip dengan batik dan tidak dipungkiri kalau diberbagai daerah sering mengalami perbedaan namanya. Ciri khas lainnya yaitu berbulu lebat dan posturnya membusung kedepan.

Kelebihan Ayam Wyandotte

Keunggulan ayam wyandotte

Apa yang menjadi keistimewaan pada ayam wyandotte dibandingkan dengan jenis ayam yang lainnya? Daripada semakin penasaran sobat dunia binatang, yuk simak lagi penjelasan dibawah berikut ini.

  • Mempunyai warna bulu yang indah dan unik
  • Karakter alamiahnya ayam tenang dan ramah
  • Memiliki keunggulan jika dipelihara untuk penghasil telur, daging dan hias
  • Bisa dijadikan persilangan ayam
  • Mampu beradaptasi dengan baik hampir disemua iklim
  • Pertumbuhan dan perkembangan anak cepat
  • Daya hidup dengan ketahanantinggi terhadap berbagai penyakit
  • Menghasilkan telur 150-200 butir setiap tahunnya.
  • Tidak memerlukan perawatan khusus

Selain daftar diatas bahwa ayam wyandotte memiliki keberagaman warna yang berbeda-beda satu sama lainnya. Oleh hal demikian semakin membuka peluang bagi peternak mandiri dalam melakukan perkawinan silang antara ayam ras lokal dengan wyandotte.

Harga Ayam Wyandotte

Keberadaan ayam wyandotte di nusantara hingga kini belum begitu banyak, sehingga untuk mendapatkannya sobat juga harus berani membeli online. Akan tetapi kami sarankan dengan peternak yang terpercaya supaya meminimalisir adanya tindakan penipuan.

Untuk daftar harganya saat ini ada yang menyediakan berupa telur tetas original maupun sudah silangan dengan jenis lain. Sementara ayam yang siap untuk diternak sampai saat ini belum begitu banyak diedarkan secara meluas. Perkiraan harganya sendiri yaitu telur tetasnya dibandrol Rp.40.000/butir.

Sedangkan ayam wyandotte dewasa siap untuk produksi kurang lebihnya Rp.10.000.000 per ekornya. Jika sobat ingin mendatangkan satu paket ternak bisa diskusi dengan pihak penjualnya. Kini tidak perlu pusing karena dukungan teknologi memudahkan kita semua dalam bertransaksi maupun mencari peternak yang memang amanah.

Demikianlah rangkaian informasi kali ini yang dapat kami sampaikan semoga dengan adanya pemaparan diatas dapat bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian dari kami dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply