2554

โˆš Cara Mempercepat Pertumbuhan Ayam Bangkok Umur 4 Bulan

Cara mempercepat pertumbuhan ayam bangkok umur 4 bulan dengan memberikan pakan terbaik serta perawatan sangat diperhatikan adalah solusinya. Tapi tidak semuanya hal ini semudah membolak balikkan telapak tangan, terkadang kendala seperti sakit, kurangnya asupan makanan dan vitamin.

Ayam bangkok umur 4 bulan ialah waktu emasnya dalam memaksimalkan pertumbuhan. Pasalnya secara keseluruhan fisik ayam terlihat kurang enak dipandang, karena fase bulu sudah rontok dan memasuki tahap tumbuh bulu baru. Maka dari itu sobat membutuhkan formulasi yang benar-benar bagus.

Selain faktor pemberian pakan dan perawatan harian. Ada juga yang tidak boleh dianggap remeh, yaitu soal kesehatan ayam yang wajib stabil. Jadi kalau ayam sakit biasanya akan berpengaruh ke banyak hal. Agar mudah difahami contohnya bulu, nafsu makan, bobot dan kenyamanan ayam.

Supaya semuanya dapat seimbang dengan merata dan ayam bangkok peliharaan sobat bisa lebih cepat maksimal pertumbuhannya. Mari kita simak pemaparannya sebagai berikut ini.

Ciri Ayam Bangkok Umur 4 Bulan Yang Bagus

Ciri Ayam Bangkok Umur 4 Bulan Yang Bagus

Dalam memilih fisik anak ayam bangkok dari usia 4 bulan tidak mudah dan tak sulit juga. Pasalnya kejelian dan tidak malu bertanya sama pemilik ayam sangat diperlukan. Namun secara visualnya ada beberapa poin penting ketika memilih agar mendapatkan yang paling terbaik.

Apalagi sobat mau membelinya untuk dijadikan ayam aduan berkualitas. Oleh dari itu istilah trah ayam dan kualitas perlu dipertimbangkan dengan matang. Karena ayam aduan modern banyak juga yang dari penampilan fisik dan ciri-ciri keseluruhan kurang meyakinkan.

Untuk memecahkan permalahan ini biasanya masyarakat nusantara ketika memilih ayam memperhatikan dengan metode perabaan dimana dari keseluruhan tubuh ayam difahami dengan sangat teliti. Lalu menurut versi dunia binatang ciri khas ayam bangkok yang bagus di umur 4 bulan seperti daftar berikut.

  • Kepala berbentuk pinang menjadi primadona bagi kebanyakan penghobi ayam
  • Mata yang bening jernih dan ditambah alis menonjol dengan tidak terlalu tipis
  • Paruh anak ayam bangkok usia remaja sudah mulai kelihatan dan yang baik ialah terdapat seperti garis pemisah serta mirip dengan burung elang/rajawali
  • Stuktur tulang ayam sangat berpengaruh dalam kinerja bertarung maka dari itu untuk memilihnya sebaiknya dengan rapat dan padat tetapi tidak tipis secara keseluruhan.
  • Kaki dan sisiknya berbentuk proporsional yakni dengan ciri khas lutut sedikit menjorok ke belakang dan didukung oleh sisik rapi dan kering. Kecuali dengan sisik ayam ubet.

Perlu ketahui juga sobat perkembangan dunia ternak ayam aduan yang sangat cepat berkembang ini. Maka sebaiknya juga ikuti arusnya dan pelajari dengan sebanyak-banyak supaya memperoleh ilmu pengetahuan baru dari berbagai sudut pandang sesama pecinta ayam laga.

Cara Mempercepat Pertumbuhan Ayam Bangkok Umur 4 Bulan

Cara mempercepat pertumbuhan ayam bangkok

Proses pertumbuhan setiap anak ayam bangkok berbeda-beda. Sehingga adanya perawatan yang sesuai umurnya sangat diperlukan guna mempercepat hal tersebut dengan resep pakan ayam agar cepat besar. Namun tidak sekedar itu saja, beberapa aspek lainnya juga jangan dilupakan.

Jadi sesungguhnya ada komponen penting dalam mempecepat pertumbuhan ayam bangkok dari usia dini. Seperti halnya asupan pakan, pemberian multivitamin, obat cacing dan perawatan hariannya. Apabila sobat bingung caranya, yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Memberikan Asupan Pakan & Vitamin Sesuai Usia Ayam

Ketik umur ayam memasuki 4 bulan akan dikategorikan sudah remaja dan mau ke proses dewasa. Alhasil ransum pakan dan kebutuhan pokoknya pun diberikan secara khusus agar bisa tumbuh dengan maksimal.

Seperti halnya dengan asupan pakan yang diperhitungkan dengan sebaik mungkin supaya dapat mencukupi kebutuhan ayam. Karena difase ini sebagian besar dalam pergantian bulu baru, sehingga seluruh nutrisi pakan akan terserap untuk pertumbuhan bulu. Maka dari kalau kualitas makanan tidak dipikirkan pastinya hasilnya tidak memuaskan sobat.

Beberapa kebutuhan pakan pokok untuk diberikan pada ayam bangkok usia 4 bulan yaitu voer kiloan 512, A5494 & ADII. Jika mau lebih irit lagi sobat dapat mengkombasikan dengan sedikit dedak, jagung & beras merah. Namun lebih baiknya fokuskan dulu ke pakan voer berdasarkan rekomendasi diatas saja.

Andaikata sobat masih kurang lengkap nih informasinya untuk pakan ayamnya. Ya kami sendiri pun terbiasa menambahkan susu bubuk atau kyojin ayam pakan raksasa dalam meracik makanan anak ayam bangkok.

Pemberian vitamin tambahan seperti minyak ikan juga bisa dijadikan solusi untuk mengurangi bulu yang tidak kurang halus dan tumbuh kurang maksimal. Biasanya untuk tahap awal kami memberikan minyak ikan ayam 2 kali dalam seminggu dengan 2-4 butir saja.

Mengecek Perkembangan Ayam Secara Berkala

Cara mengecek perkembangan ayam

Setelah mengetahui racikan pakan ayam bangkok yang terbaik maka selanjutnya yaitu mengecek dari perkembangan ayam dengan berkala. Karena kalau terlalu diperhatikan setiap hari justru rasanya tidak ada perubahan dari ayam tersebut.

Namun yang tak boleh sobat abaikan yaitu memberikan obat cacing ayam 2-3 bulan sekali untuk mencegah ayam tiba-tiba tidak nafsu makan. Sebab resiko ayam cacingan yang sudah parah bisa menyebabkan sampai mati karena rusaknya organ dalam ayam terlebih didaerah sistem pencernaan.

Oleh dari hal diatas jangan sampai ayam bangkok kesayangan sobat bisa terkena cacingan yang parah. Solusinya sendiri yaitu lebih baik mencegah daripada mengobati, karena belum tentu membuahkan hasil dengan apa yang kita harapkan.

Faktor Perawatan Harian Ayam Bangkok

Rawatan harian pada ayam dari anakan hingga dewasa juga dipengaruhi oleh cara pemeliharaannya. Terkadang penghobi sudah mendapatkan materi ayam yang bagus, namun karena merawatnya asal-asalan dan mengabaikan saran orang ya hasilnya bisa buruk dan kurang memuaskan ketika ayam dewasa.

Poin-poin penting merawat ayam bangkok dari DOC sampai dewasa supaya menghasilkan ayam yang kuat dan sehat yaitu dengan menerapkan contoh dibawah berikut.

  • Kondisi kandang yang memadai seperti sirkulasi, sinar matahari, penerangan dan kebersihannya diperhatikan.
  • Waktu pemberian pakan yang teratur dan selalu konsisten
  • Memberikan kualitas pakan yang bermutu
  • Menambahkan vitamin dan suplemen
  • Memberi jamu herbal sebagai pencegahan ayam sakit
  • Membeli ayam yang benar-benar berkualitas
  • Saling komunikasi dan tukar pikiran dengan sesama penghobi ayam
  • Menjalin silaturahmi diberbagai peternak sekitar
  • Berani bereksperiman untuk menciptakan trah ayam yang lebih baik

Kalau kita bedah dengan detail sebetulnya dalam beternak ayam itu tidak mudah. Pasalnya ada hal yang tidak tertulis dimedia online untuk mengetahui hal tak terduga. Contohnya permasalahan lahan kandang, ayam stres, telur dimakan indukan, ayam pemacek tidak membuahi dan masih banyak lainnya.

Tetapi kalau sobat memperhatikan faktor perawatan ayam bangkok diatas ini diaplikasikan dengan sebaik mungkin. Insyaallah berbagai halangan akan mudah memperoleh solusinya.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan seputar cara mempercepat pertumbuhan ayam bangkok usia 4 bulan versi dunia binatang. Apabila ada pertanyaan, bisa dilampirkan pada kolom komentar dibawah ya. Sekian dari kami dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply