4
141

√ Karakteristik Jenis Sisik Kaki Ayam Laga Jelek & Bagus

Sisik ayam jelek sangat diantisipasi oleh banyak penghobi unggas laga. Meskipun demikian tidak sedikit pula yang meleset perhitungan tersebut. Walau di era modern seperti tetap saja ada yang terus melestarikan budaya dari nenek moyangnya dalam memilih ayam.

Umumnya setiap orang yang cenderung memperhitungkan berupa sisiknya ini ditujukan dengan karakter ayam tersebut. Bahkan ada pula yang ingin dijadikan hewan peliharaan saja tanpa diadu. Sebagian besar karakter semacam ini pun berupa katuranggan ayam. Alhasil ada keistimewaan tersendiri bagi para penghobi ayam.

Memang bukan perkara mudah untuk memahami dan memastikan kualitas sisik ayam yang bagus untuk dipelihara. Dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa pemaparan terkait sisik ayam laga maupun hias yang bagus untuk bertarung dan kembang latar. Kurang lebihnya seperti dibawah berikut ini :

Sisik Ayam Adalah?

gambar sisik ayam pembunuh

Sisik ayam yaitu sebuah lapisan pada kaki ayam hingga ke ujung jari. Selain hal itu hingga saat ini sudah ditemukan berbagai jenis sisik dengan ciri khas pola dan kesinambungan satu sama lainnya. Karena banyaknya jenis membuat penghobi ayam yang awam akan sulit untuk membedakannya.

Apalagi orang jawa juga menyebut katuranggan ayam seperti suro watu, batu lapak, batu rantai, suro manten dan masih banyak sebagainya. Kami sendiri pun terkadang sulit untuk membedakannya. Oleh hal itu disini kita akan sama-sama belajar perihal sisik ayam entah bangkok, pama, mathay, brazilian, aseel dan sejenisnya.

Ciri-Ciri Sisik Ayam Jelek

sisik ayam jelek

Konteks sejatinya untuk spesifikasi ayam yang mengacu pada sisiknya bisa diketahui dengan dua klasifikasi. Jadi ada yang bagus dan jelek. Karena dalam dunia hobi itu masuknya ke ranah selera jelas akan bisa saja yang menurut kami bagus bagi sobat jelek dan sebaliknya pula.

Namun pada dasarnya acuan utama yang hendak dibahas ini dari aspek kinerja bertarung. Maka kita kumpulkan dari berbagai sumber kalau ayam yang memiliki sisik seperti ini kurang bagus. Kurang lebih demikian untuk gambarannya.

  • Berlainan dangan kaki kirinya
  • Terdapat sisik buta pada salah satu kakinya saja
  • Susunan berarah ke atas/naik
  • Warna sisik tidak sama dengan paruh/patuknya
  • Mengarah keluar kaki
  • Sisik basah seperti halnya jagung sudah direbus
  • Dibawah lutut sisiknya bentuknya cincin/gelang
  • Jumlah dibagian jari tengahnya kurang dari 21
  • Sisik belakangnya tak sampai dengan seperas taji

Informasi diatas merupakan referensi dari kami, jika sobat mempercayainya bisa diaplikaiskan. Bila tidak juga tidak masalah. Sebab setiap orang memiliki sudut padang masing-masing. Hal tersebut tetap wajib kita hormati karena adanya perbedaan akan menyatukan kita semuanya. Jadi tidak ada jaminan jelek dan bukanlah 100% tepat dan menjadikan ayam sobat juara.

Sisik Ayam Bagus

sisik ayam yang bagus

Ilmu pengetahuan terhadap penilaian perayaman petarung ini telah dipelajari dan dipraktikkan oleh sesepuh atau orang tua serta diturunkan dari generasi ke generasi lainnya. Hal ini pun dapat disebut juga sebagai petuah baik sebelum dan sudah mengenal ayam.

Dalam pembasahan kali ini akan mengupas lebih detail terkait sisik kaki ayam yang bagus baik untuk klangenan ataupun petarung. Meskipun dalam bertarung setiap ayam dipengaruhi oleh genetik. Selain hal tersebut secara fisik dari postur badan, bulu, paruh dan sisik sangat harus diperhitungkan pula.

Jadi untuk mengetahuinya sobat mesti mempelajari baik dari segi kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Alhasil ternak sobat dapat semakin maksimal untuk anak-anak ayamnya yang layak diperjualbelikan. Mari kita sama-sama simak penjelasan dibawah berikut.

Cara Memilih Sisik Ayam Bagus

jenis sisik ayam yang bagus

Sudah sepantasnya sebagai penggemar ayam laga dalam memilih harus jeli terkhusus pada sisik dan kaki ayam tersebut. Karena pada dasarnya senjata utamanya terletak di kakinya. Dengan cara seleksi ini akan menghindari dari sisik ayam jelek untuk sobat pelihara.

  • Kaki Belimbing

Tips yang pertama yang dapat diketahui yakni berdasarkan bentuk kaki ayam jadi bisa sesuaikan selera masing-masing. Karena ada yang menyukai model bulat dan kotak atau yang lebih kita kenal dengan sebutan belimbing.

Jadi untuk patokannya bisa dengan kaki kering bukan bayah layaknya ayam kampung biasa. Selain hal itu juga diperhatikan dari karakter tebal dan tipisnya jari-jari kaki. Alhasil sobat lebih mudah untuk mengidentifikasinya.

  • Ruas Jari Kaki Ayam

Cara yang kedua ini juga perlu diperhitungkan sebab akan mempengaruhi kinerja ataupun pola pukul ayam tersebut. Umumnya ruas jari yang panjang dan ujungnya runcing dengan sisik yang rapi teknik pukul malangnya sangat bagus. Namun hal ini pun dipengaruhi dari tebalnya dibagian bawah setiap jari kaki.

  • Sisik Ayam Naga Temurun

sisik naga temurun

Salah satu ayam yang dipercaya memiliki pukulan bagus dan kerap memenangkan pertandingan berikutnya yakni jenis naga temurun. Ciri-cirinya dapat diketahui dengan sisik bagian belakang kakinya kanan dan kiri menghadap ke bawah. Kelebihannya yakni ketika dipukul lawan akan membalas dengan pukul keras serta pukulan saraf sekaligus.

  • Sisik Ayam Aduan Ubed

sisik ayam ubed

Sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar peternak ayam laga dengan model seperti ini. Kenapa tidak selain mudah dikenali dari bentuknya juga diketahui memiliki pukulan yang sangat keras bahkan mematikan lawan. Ciri khas dari ubed ini bisa dipahami dengan satu arah saja dan tidak tertata rapi seperti 2-3 baris.

Ubed dapat dibedakan menjadi 3 variasi yakni full ubed, ubed jalu dan ubed sebelah. Ketiganya tersebut memiliki yang hampir sama akan tetapi dari segi kualitas pukul tidak diragukan lagi oleh banyak botoh di nusantara.

  • Sisik Ayam Batu Rantai

sisik ayam batu rantai

Batu rantai berbeda jelas dengan sisik buaya. Karena karakteristik utamanya pada dibawah jari kaki. Sehingga sobat bisa dengan mudah mengeceknya ayam dipegang dan dilihat disisi bawahnya. Bila terdapati sisik berderet itulah yang disebut dengan batu rantai.

Bahkan ciri khasnya yang biasanya terdapat pada ayam ini jari kaki sampingnya agak bengkok baik sisi kanan dan kirinya. Keistimewaan dari sisik ayam seperti ini pukulannya panas. Namun kelemahannya jika terluka dan ditempatkan becek akan cepat mudah terkena penyakit bubul ayam.

  • Sisik Batu Lapak

 sisik ayam batu lapak bagus

Berdasarkan pengalam kawan kami sendiri kalau tipe ayam seperti ini banyak sekali yang takut. Selain jarang ditemukan dan cukup susah juga dari segi perawatannya. Oleh hal tersebut bila sudah cocok dengan sang peternak ayam petarung ini sangat bagus untuk dijadikan pejantan/indukan.

Karakteristiknya ialah sisik pada bagian belakang menyambung hingga ke ujung ruas jari-jari kaki dan kukunya pun panjang. Bahkan banyak juga dari model ini yang mempunyai sayap dobel. Akan tetapi ya itu jika sudah mengalami luka dan perawatannya asal-asalan akan cepat sekali timbulnya bubul. Oleh hal tersebut sebaiknya menyiapkan kandang yang kering dan bersih.

Selain penjelasan diatas masih adapula jenis sisik yang bagus dipelihara yakni beras wutah/tumpah dan sisik buaya. Keduanya cukup bagus untuk dijadikan hiasan maupun petarung, apalagi karakter bulunya seperti ayam bulbi.

Warna Kaki Ayam Pukul Keras

kaki ayam pukul keras

Pembasan yang terakhir ini merupakan sudut pandang dari warna kaki ayam laga yang memiliki pukulan keras atau mematikan. Selain dari sisik, ruas jari dan model taji warna ternyata cukup berpengaruh juga. Untuk mengetahuinya secara detail sobat dunia binatang dibawah berikut.

Ciri khas ayam yang bagus setidaknya mempunyai jari-jari kaki kecil namun memanjang serta kering. Sedangkan warna kaki ayam petarung yang bagus ialah tembus ke warna dasar dan warna tambahan bila memiliki dua warna yang sama. Bahkan sangat bagus lagi bila antara paruh, ules dan matanya hingga kaki komposisi warnanya seimbang.

Dengan hal ini akan lebih terlihat perkasa dan memiliki pukulan yang sangat keras tanpa ampun. Jadi tidak hanya kaki, jarinya pun sebisa mungkin juga selaras. Karena dengan ciri-ciri ini menandakan ayam laga yang mempunyai genetik yang mengalir sama diseluruh badannya.

Demikianlah rangkaian informasi seputar sisik ayam jelek yang dapat kami sampaikan. Semoga dengan adanya pengetahuan ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply