1226

√ Inilah Fakta Ayam Serama Asli

Ayam Serama Asli-Telah disebutkan dalam wikipedia bahasa inggris menyatakan bahwa merupakan ayam bantam dari malaysia kisaran 50 tahun yang lalu. Selain itu juga memiliki nama ilmiah yakni Gallus gallus Domesticus.

Membahas ayam serama itu akan memikirkan kita sama dengan ayam kate. Namun fakta yang sebenarnya yaitu berbeda baik secara fisik dan lain-lainnya.

Tidak hanya itu unggas yang satu ini juga dikenal sebagai ayam terkecil/terpendek/terkerdil di dunia, dengan sebutan “The Smallest Bantam Chikhen”.

Hal ini dikarenakan ukuran ayam serama dewasa hanya mencapai tinggi satu kilan tangan orang dewasa. Rata-rata berat ayam serama jantan dewasa kisaran 350 gram sedangkan sang betina 300 gram dengan tinggi 15 cm.

Jenis Ayam Serama Asli

inilah jenis-jenis ayam serama asli

Sesungguhnya jenis dari ayam serama asli terbagi menjadi 3 type yang berbeda. Akan tetapi seiring zaman semakin modern alhasil juga memunculkan jenis baru yang lebih bagus lagi antara lain sebagai berikut ini :

Ayam Serama Type Ideal

Type ideal merupakan salah satu hasil persilangan dari dua jenis yang berbeda yaitu type slim & apple. Jika kita bandingkan dengan yang lain, serama jenis ini menurut kami yang paling istimewa.

Hal yang menjadi faktornya ketika menurunkan anak maka yang akan sesuai 8-15 ekor saja dari 100 ekor yang menetas. Sampai saat ini jenis ini menjadi unggulan dalam kompetisi kontes.

Harga Ayam Kalkun Terbaru

Ayam Serama Type Apple

Awalnya serama ini lebih dikenal dengan sebutan “BOLD”, akhirnya pada tahun 2003-2004 diperkenalkan pada masyarakat. Sebutan apple diambil dari bentuk tubuh yang bulat dengan kaki yang pendek. Sehingga serama ini dijuluki sebagai jenis apel.

Ayam Serama Type Slim

Dari sumber yang kita ketahui bahwa jenis serama ini merupakan type yang pertama kali ditemukan dan berhasil 10 tahun lebih sebagai primadona. Namun saat ini ayam serama sudah banyak dikembangkan dari berbagai jenis untuk menghasilkan bibit unggulan.

Awal mula BB ayam serama yakni kisaran 650 gram namun kita sudah bisa mencapai 350 gram saja. Ini sangat bagus untuk mengikuti lomba kontes.

Ciri-ciri Ayam Serama

ciri-ciri ayam serama asli
ciri-ciri ayam serama asli
  • Postur tubuh lebih kecil daripada ayam kate
  • Model kepala layaknya orang sombong
  • Warna bulu-bulunya yang cerah dan tajam
  • Jengger yang lebih menonjol atau kendati tumpul
  • Berat badan hanya mencapai 350 gram bagi serama jantan dewasa

Perawatan Ayam Serama

perawatan anakan-dewasa pada ayam serama
  1. Pakan yang berkualitas dari usia DOC, penggunaan pakan bisa memakai BR-Super, 591 & Ad 1. Hal ini akan memacu pertumbuhan ayam serama cepat besar.
  2. Nah untuk khusus ikut kontes sebaiknya dari usia 1 bulan dimandikan dengan disemprot dari bagian dadanya, ini agar melatih posisi tegak pada ayam serama.
  3. Ketika 3 bulan jangan lupa untuk dirawat bulunya agar rapi dan bagus.
  4. Kebersihan kandang menjadi hal utama dalam kesehatan ayam.
  5. Pemisahan bagi usia dewasa jadi ketika beranjak sebaiknya mulai dipasangkan dengan betina.

Baca Juga: Daftar Harga Ayam Kate & Serama Terbaru

Alangkah baiknya sistem ternak ayam serama dierami indukan aslinya, supaya telur yang menetas lebih sempurna dan bagus. Setelah menetas pastikan bulunya sudah kering dan siap dipindahkan kandang DOC.

Makanan Ayam Serama Asli

ayam serama
Pakan ayam serama asli
  • Untuk usia 0-1 bulan sebaiknya gunakan voer full teman-teman bisa mengaplikasikan 511, 591 & Ad1.
  • Ketika sudah 1 bulan keatas bisa menggunakan pakan seperti diatas ditambah jagung selep. Pemberian pakan pagi dan sore saja.
  • 3 bulan + nah menginjak usia remaja bisa menggunakan pakan seperti diatas.

Untuk pakan tambahan dan vitamin dapat diterapkan seperti buah pepaya, sayuran hijau, beras merah, sedangkan vitamin bisa diberikan seperti vitacix dan minyak ikan.

Lebih baiknya pemberian pakan diposisi atas jadi mengurangi kebungkukan pada ayam kesayangan anda.

Kandang Ayam Serama Yang Ideal

kandang umbaran
Desain kandang ayam serama umbaran yang ideal
kandang box ayam serama
kandang box ayam serama yang ideal

Mengenai kandang ayam serama teman-teman bisa membeli atau membuat sendiri dengan dua jenis yakni sistem umbaran dan box. Bagi yang ingin membuatnya di halaman rumah sebaiknya dengan umbaran dengan ukuran 2×1,5 meter. Hal ini supaya ayam serama seperti hidup dialamnya.

Sedangkan bagi yang ingin mengaplikasikan kandang box bisa dengan ukuran 75×75 cm. Alangkah baiknya jika alasnya menggunakan pasir, jadi ketika ingin membersihkan kotorannya cukup menggunakan saringan saja.

Hal yang wajib dijaga ialah kebersihan kandang sehingga pertumbuhan dan kesehatan ayam serama senantiasa bersih serta tidak mudah terkena wabah penyakit.

Demikianlah sedikit ulasan yang dapat kami sampaikan kepada sahabat duniabinatang.net, terimkasih telah mengunjungi halaman ini. Mohon maaf jika masih banyak kekurangannya dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply