3
115

โˆš Bagaimana Cara Memberi Makan Ayam

Bagaimana cara memberi makan ayam kampung atau ayam hobi supaya cepat besar dan tidak mudah terkena penyakit? Teruntuk sobat yang masih awam sekali dengan dunia ternak ayam pastinya sangat kebingungan, sebab belum ada pengalaman sama sekali.

Menanggapi peristiwa semacam ini pastinya ada tahap-tahapannya, karena kita merawat makhluk hidup yang notabene bisa sakit hingga mengalami kematian. Selain itu faktor pendukung seperti kandang yang memadahi, pemilihan pakan bernutrisi dan perawatan hariannya.

Dalam kesempatan kali ini kami sebagai tim dunia binatang akan memberikan penjelasan kepada sobat semuanya terkait pemberian pakan ayam yang baik seperti waktu dan ransum pakan yang dapat dimaksimalkan. Langsung saja mari kita simak pemparannya dibawah berikut.

Pakan Ayam Bangkok

Pakan ayam bangkok

Pakan merupakan kebutuhan pokok keseharian dari ayam, namun makanan ayam bangkok sangatlah beragam. Maka dari itu keberagaman sumber pakan ini menjadi salah satu keunikan dalam beternak ayam. Selain itu perbedaan suatu daerah sangat mempengaruhi dari metode perawatan dan kesediaan sumber pakan.

Sebetulnya pakan ayam bangkok tidak jauh berbeda dengan ayam kampung ataupun ayam pedaging. Hanya saja karena sistem pemeliharaan dengan kandang terbatas, sehingga membutuhkan makanan dan vitamin yang benar-benar mencukupi kebutuhannnya.

Tidak hanya itu saja jenis pakan dan pengapliasian makanan pun perlu diperhatikan sebab berbeda umur maka pakan yang diberikan biasanya berbeda. Sebagai contoh pakan jadi yakni voer dan konsentrat. Sementara ayam dewasa umumnya diberi makanan kombinasi seperti voer, dedak, nasi, jagung & beras merah.

Dengan demikian pastinya akan membuka sudut pandang kita dari sumber pakan yang digunakan dalam memelihara ayam bangkok. Apalagi beberapa dekade ini munculnya jenis ayam laga baru sangat banyak dan cepat menambah daya tarik masing-masing peternak ayam.

Bagaimana Cara Memberi Makan Ayam

Bagaimana cara memberi makan ayam

Jika sobat bertanya mekanisme memberi makan ayam tentunya ada beberapa metode yang dapat diaplikasikan. Namun waktu paling terbaik yakni 2 kali sehari yaitu pagi dan sore. Namun ada hal yang mesti diperhatikan oleh sobat, pasalnya jumlah pakan yang terlalu banyak dapat menimbulkan menurunnya nafsu makan dan sumber penyakit.

Bagaimana tidak, apabila pakan basah yang tersisa dalam cepuk pakan ayam akan menimbulkan jamur dan sangat berpotensi membawa bakteri jahat yang pada akhirnya ayam terkena penyakit. Sehingga kami rekomendasikan dengan pemberian pakan pagi secukupnya sesuai dengan pakan yang biasa diberikan.

Kemudian untuk sore hari dapat diberikan sekitar jam 16.00-17.00 wib. Nah ketika sore inilah waktunya memberikan makanan ayam dengan porsi kenyang. Tujuan tips ini yaitu ayam akan istirahat dan pakan tersebut bisa berubah menjadi daging. Alhasil bobot dan kesehatan ayam tetap terjaga dengan semestinya.

Untuk memberi makan ayam bisa kita klasifikasikan menjadi beberapa tahapan, contohnya pakan ayam starter diawali dari menetas sampai 1/2 bulan. Setelah itu masuk ke kelompok pakan ayam remaja yakni 3-5 bulan.

Lalu akhirnya akan berganti lagi ke tahap akhir dimana ayam sudah mulai dewasa dan pakan diberikan sangat beragam. Makanan yang di aplikasikan sesuai dengan cara peternak masing-masing. Misalkan beras merah dan jagung atau ransum basah.

Jadwal Pemberian Pakan Ayam

Sebelumnya sudah kita sedikit dibahas diatas tadi, namun alangkah baiknya lagi apabila memberikan informasi yang lengkap kepada sobat dunia binatang semuanya. Perlu sobat ketahui pembuatan jadwal dan pemberian pakan yang sesuai jam yang telah ditentukan ternyata juga berpengaruh terhadap pertumbuhan serta perkembangan ayam.

Maka dari kami anjurkan supaya mengatur waktu yang paling bisa diluangkan dalam memberi makan ayam. Sebagai contohnya pagi jam 07.00/08.00 dan sore hari jam 16.00/17.00. Ketika sudah menentukan ini biasakan dengan jam yang biasanya sobat berikan. Hanya saja ada yang berbeda apabila memiliki anakan ayam 0-2 bulan. Sobat bisa menambahkan waktu malam hari untuk memberikan pakan ayam yang masih diberi pencahayaan atau lampu.

Pasalnya anakan ayam yang diberikan lampu akan tetap aktif meskipun malam hari. Apabila jumlah pakan tidak terpenuhi efek sampingnya yaitu bobotnya semakin kurus dan pertumbuhan menjadi melambat. Demi kemajuan ternak sobat, untuk hal ini coba dipikirkan dengan sebaik mungkin sebagai upaya pencegahan ayam sakit ataupun kurus kering.

Cara Memberi Makan Ayam yang Sakit

cara memberi makan ayam sakit

Kemudian tips yang terkahir bagaimana cara memberi makan ayam yang baik ketika ada yang sakit? Pertanyaan semacam ini sangat sering dijumpai dibeberapa media sosial baik dari whatsapp atau facebook. Untuk itu kami sarankan sobat wajib mengetahui dari sakit yang diderita ayam.

Namun kalau sakit ringan seperti luka dan kurus maka sobat dapat mengambil langkah memberi makan dengan pur ayam murni. Cara ini lebih efektif untuk mempercepat proses penyembuhan dan mengembalikan performa ayam yang kita pelihara. Jika sudah kembali dalam kondisi fit sobat dapat memberikan pakan seperti biasanya sebelum ayam sakit misalkan gabah beras merah atau jagung.

Selain itu memberikan tempat ayam untuk istirahat total dan kebersihan kandang ayam pun perlu diperhatikan dengan sebaik mungkin. Kenapa demikian, karena memelihara makhluk hidup itu permasalahannya tidak dari 1-2 saja. Terkadang bisa kemungkinan besar adanya keteledoran diri kita sebagai perawat ayam tersebut.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan untuk pada kesempatan kali ini perihal bagaimana cara memberi makan ayam. Semoga dengan adanya penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply