√ 6+ Keunikan Bertarung Ayam Bangkok Pakhoy Ori

Ayam Pakhoy adalah jenis ayam laga yang asal-usulnya dari negeri gajah putih yakni bagian utara. Unggas satu ini hasil persilangan dua jenis ayam.

Dengan adanya ini menjadikan persaingan dan medorenisasi ayam laga semakin sengit. Jadi sudah tidak asing bagi pecinta ayam bangkok sama jenis ini. Kemunculannya pro dan kontra sebab menjadi pesaing terberat dari birma.

Jika sobat duniabinatang.net sedang mencari referensi, situs ini sangat tepat sebab kami mengumpulkan informasi yang terpercaya dan pengalaman pribadi. Berikut beberapa penjelasan aktualnya :

Ayam Pakhoy Hasil Silangan?

Ayam Pakhoy Silangan dari?

Pack Thong Chay merupakan orang yang pertama kali menghasilkan jenis ayam ini, dan sekaligus namanya disingkat menjadi Pakhoy supaya orang-orang mudah mengenalnya. Benar sekali ayam ini dari negara Thailand tepatnya bagian utara.

Selain itu beliau juga sebagai icon di negara sendiri, kita ketahui bahwa thailand merupakan penghasil ayam-ayam laga dan selalu menghadirkan jenis terbaru.

Silsilah unggas ini hasil persilangan antara ayam bangkok selatan (siam/ratu) dengan ayam trad. Karena bangkok selatan atau siam tidak memiliki defend yang bagus maka disempurnakan dari jenis trad.

Ciri-Ciri Ayam Pakhoy

ciri-ciri ayam pakhoy

Sebenarnya secara fisik ayam pakhoy ini tidak jauh berbeda dengan bankok, namun ada beberapa hal spesifik untuk kita membedakan kedua jenis ini. Berikut ciri-ciri fisik ayam pakhoy :

  • Kepala bulat dan wajah yang lebar
  • Ciri-ciri kaki lebih pendek dari paha
  • Paruh melengkung dan lebih panjang
  • Terdapat janggut atau klewer dibawah kepala
  • Paha berbentuk pipih
  • Bentuk kaki hampir sama dengan bangkok

Namun hal ini tidak bisa menjamin 100% kebenarannya, jika sobat masih kebingungan bisa mengaplikasikan untuk memilih. Fisik memang tak bisa menjamin ketepatannya. Namun bisa dijadikan bahan dasar dalam penentuan jenisnya.

Tipe Bertarung Ayam Pakhoy

kelebihan ayam pakhoy

Dengan gaya permainan yang modern unggas ini menjadi lawan dari jenis birma dan bangkok, karena lebih banyak mengontrol lawan sehingga membuat musuh kewalahan. Salah satu ciri khasnya atret, tampar-tampar dan kuda lari.

  • Gaya pukul mematuk badan dengan sembarangan sehingga mudah menumpahkan lawannya.
  • Model brakot atau bisa dikenali dengan pukul badan dari segala arah dengan pukulan yang keras. Jika lama-lama musuh akan sulit tegak karena punggungnya di patuk sama pakhoy.
  • Karakter yang berlari-lari dan mundur sambil memukul lawan sehingga mudah membuat musuhnya kalah.
  • Selain itu suka dengan nyayap alias masuk sayap lawannya atau masuk bawah badan sehingga memukul lawan dari belakangnya.
  • Tipe pukulan yang keras dan sembarangan ini sangat dominan ke badan dan punggung sehingga cepat lengah dan mematikan lawan salah satunya dengan taji.

Apa Kelebihan Ayam Pakhoy?

Tipikal ayam pakhoy bertarung

Salah satu hal yang menjadi keistimewaan dari hewan ini ialah sangat pandai dalam mencari celah dan memancing musuhnya agar mendekat kepadanya. Dalam keadaan terdesak biasanya akan memberikan pukulan yang super dan mengagetkan lawan. Jadi lawan bisa langsung lari dan melompat area laga.

Selain itu masih ada beberapa keunggulan dari ayam ini, antara lain sebagai berikut :

  • Cerdik mencari celah
  • Pukulan keras lebih condong ke bagian badan
  • Sangat cepat menyesuaikan diri berdasarkan lawannya
  • Memberikan pukulan keras yang berulang-ulang tanpa ampun
  • Mematuk semua badan jika dalam terdesak dan memberikan pukulan keras.

Fisik yang kuat dan kecepatan bagus sangat cocok di kasih lawan jenis bangkok dan birma. Karena sejatinya kehadiran unggas ini untuk mengalahkan jenis birma.

Kekurangan Ayam Pakhoy

kelemahan ayam pakhoy

Pada dasarnya setiap hewan pastinya memiliki kelemahan, salah satunya ayam pakhoy ini. Namun dengan ini menjadi bahan evaluasi para pecinta ayam laga dan tidak menutup kemungkinan akan hadir lagi jenis yang lebih bagus sebagai penyempurnaan unggas ini.

Biasanya kelemahan ayam laga terletak pada fisik dan mental, nah berikut ini adalah kekurangan dari ayam pakhoy :

  • Mental masih kurang bagus jika dalam waktu pertarungan yang lama
  • Terkadang kurang fokus dalam penyerangan, demikian ini bisa menjadi peluang lawan untuk memegang kendali dan memberikan serangan balik kepadanya.

Dengan ini bisa menjadi bahan dasar dalam perawatan ayam di rumah khususnya ayam pakhoy agar bisa lebih maksimal dan penentuan breeding sobat semua.

Seperti mental dan fisik masih bisa di upgrade dengan cara melatih serta mencarikan betina dengan darah mental bagus. Demikian informasi yang bisa kami sampaikan, semoga dengan adanya ini bermanfaat untuk kita semua. Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply