√ Ciri-Ciri Ayam Mangon Asli Berdasarkan Fisiknya

Ciri-ciri ayam mangon tahukah sobat bahwa ayam mangon banyak kelebihan yang jarang diketahui oleh para penghobi? Adapun tips memilih magon sebelum membelinya. Jangan lewatkan informasi penting ini ya.

Banyak orang yang memandang kelemahan dari setiap unggas bukannya dari kelebihan-nya. Cara paling bagus untuk beternak ialah mengetahui secara mendalam supaya tak hanya mengandalkan dari trah/keturunan-nya saja.

Maka dari mari sama-sama belajar tentang ayam jenis ini lebih spesifik seperti karakter, model tulangan, warna bulu, dan lain-lainnya. Tetap simak ulasan kami sampai selesai supaya sobat tidak kebingungan atas pengetahuan ini. Yuk pelajari info menarik ini agar ternakan sobat semakin berkualitas dan memuaskan para pelanggan-nya.

Ciri-Ciri Fisik Ayam Mangon

Ciri-ciri Fisik Ayam Mangon

Jika sobat mengamati secara spesifik bahwa ayam mangon dan pama itu tidak jauh berbeda, sangat mungkin bila kurang paham karakter bertarung bisa saja sobat membeli ayam pama. Perbedaan yang mencolok ini dapat dibedakan dari segi struktur tulangan-nya.

Dengan penjelasan dibawah ini bisa sobat jadikan referensi supaya lebih teliti dalam penyeleksian antara pama dan mangon, simak ciri fisiknya sebagai berikut :

  • Corak bulu cenderung gelap seperti ( jalak, abu-abu, coklat, hitam dan merah)
  • Rata-rata memiliki tulangan kasar dan tebal dan bobot dari 3,0 – 4,0 kg
  • Sebagian besar warna ceker adalah hitam, hijau dan coklat
  • Kaki besar disertai jari-jari yang merit juga sisik kering
  • Jengger berdiri dan tidak terlalu besar
  • Kepala berukuran kecil dan membentuk runcing
  • Ekor melengkung ke atas layaknya arit
  • Leher pendek tidak seperti ayam bangkok
  • Paha berbentuk bulat sama panjang dengan cekernya perbandingan 50 : 50

Ciri-Ciri Ayam Mangon IQ

Untuk memelihara ayam jenis ini sobat mesti memahami tipe tarung si IQ supaya lebih tau sejelas-jelasnya kelebihan dan gaya-nya. Selain itu postur yang bagus dan tulangan ialah syarat mutlak.

  • Tipe anti lock
  • Lari Timpuk Musuh
  • 1,2,3 langkah balik memukul lawan
  • Badan besar dan kuda-kuda kuat pukul
  • Pukulan yang sangat berefek pada musuh
  • Trah juara harus dipikirkan juga

Sekarang jadi tahu kan sob bagaimana ciri-ciri mangon iq yang berkualitas dan tidak hanya dilihat dari satu dua aspek saja. Selamat bertualangan mencari gacok ya sob.

Ayam tidak akan berkembang jika tidak dilatih dengan benar. Meskipun trah juara dan kualitas import tak akan menjamin kalau sudah salah penanganan-nya.

Makanan Ayam Mangon

Makanan Ayam Mangon

Pakan merupakan penentu hasil akhir pada pemeliharaan ayam mangon, adapun tips dan trik supaya lebih cepat besar dalam waktu lebih singkat. Jadi akan kelihatan apabila pemberian makan yang kurang tepat di usia 4-6 bulan.

Bahkan pakan sudah bagus bila perawatan kurang baik dapat berdampak kepada tulangan dan tingkat kesehatan unggas tersebut. Dapat disimpulkan bahwa ternak ayam itu tidak semudah sesuai angan-angan kita ya sob. Berikut daftar pakan untuk anakan sampai indukan yang bagus diberikan ayam mangon :

DOC Mangon

pakan anakan ayam mangon

DOC atau khutuk dalam bahasa jawa ialah anak ayam yang baru menetas. Karena untuk mendapatkan keuntungan lebih cepat sobat wajib memberikan makanan yang berkualitas. Selain itu langsung saja pisahkan dari induknya dan dirawat melalui kandang yang disediakan pemanas dari lampu.

Ya walau bisa dirawat induknya langsung pasti membutuhkan kandang yang cukup juga. Daripada boros kandang lebih baik disapih dan induknya biar cepat bertelur kembali. Nah untuk pakan sebaiknya dihaluskan dulu untuk usia 1-7 hari, agar anak ayam mudah mengkonsumsi-nya. Biasanya pakan yang cocok itu jenis voer 511, 591 dan BR Super khusus anakan.

Disisi lain kebersihan kandang juga berpengaruh untuk pertumbuhan si anak tersebut. Jangan lupa untuk dijemur ketika pagi hari ya enggak lama-lama yang penting jadi sehat dan sistem kekebalan tubuh meningkat.

Makanan 3-5 Bulan

Makanan 3-5 Bulan

Ketika sudah memasuki fase remaja pakan bisa dikombinasikan dengan dedak, jagung giling direbus dan voer 512/592. Insyaallah dengan metode seperti ini ayam lebih cepat besar dan sehat. Jangan lupa tetap memberikan obat cacing supaya terkontrol kesehatan unggas.

Jika ingin menambah hijau-hijauan bisa menambahkan daun pepaya, azzola, singkong dan lamtoro. Sesuaikan saja yang mudah didapat di sekitar pekarangan sobat. Pengeluaran jadi hemat dan cost pakan lebih murah dan hemat.

Pakan Untuk Dewasa

Pakan Untuk Dewasa

Di usia ini ayam mangon jantan sudah wajib mandi dan jemur agar bulunya mengkilap dan wangi. Selain itu menjadi sehat dan siap turun ke arena perhelatan. Para peternak umumnya memberikan pakan jenis beras merah, jagung dan voer 594. Andai sobat kurang mampu bisa mengaplikasikan tidak tiap hari.

Ya karena kemampuan setiap peternak kan beda-beda, maka dari itu jangan memaksakan keuangan sobat. Nanti malah tambah pusing kalau pengeluaran melebihi kapasitas sobat.

Pada usia 6,5-7 bulan rata-rata sudah siap untuk menunjukkan jati diri. Bila cara diatas diaplikasikan insyaallah akan memuaskan hasil ternak sobat.

Makanan Khusus Indukan

Makanan Khusus Indukan

Untuk yang terakhir ini ialah khusus diberikan pacek dan biang. Lalu apa makanan yang bagus agar cepat produksi dan tetap sehat ayam-ayamnya di rumah. Daripada bingung kan sobat, pengalaman yang kami lakukan ialah memberikan pakan jenis voer 594 dan jagung.

Sedangkan untuk pemacu bertelur bisa diberikan cangkang telur yang sudah dihaluskan dan kecambah. Jika pejantan kurang agresif bagus lagi kalau diberikan jamu tradisional atau belut.

Pengalaman dari kami ini alhamdulillah cukup memuaskan dan pejantan tetap sehat walau disatukan banyak biang. Untuk standar-nya 1 pemacek 3 indukan dan maksimal 5 saja ya sob. Kalau lebih bisa jadi kurus dan terkena penyakit paceknya.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan untuk kalian semua. Semoga dengan pengetahuan baru ini bermanfaat untuk semuanya, sekian dari kami dan terimakasih.

Leave a Reply