3
286

โˆš Cara Memandikan Ayam Dengan Daun Serai

Cara memandikan ayam dengan daun serai mempunyai beragam khasiat terhadap kesehatan ayam. Hal ini berlaku semua jenis ayam bukan hanya ayam laga saja, akan tetapi masih banyak dari kita yang belum mengetahuinya.

Tanaman serai wangi yang biasa kita gunakan yakni batang atau daunnya. Meskipun kini banyak yang mengolahnya menjadi sebuah produk yang sangat menguntungkan, ternyata dibalik itu terdapat manfaat yang sangat begitu banyak.

Contohnya saja air rebusan yang digunakan mandi manusia bisa mengobati sakit rematik, pereda sakit kepala, gigitan lintah dan obat anti septik yang amat mujarab sekali. Namun pada kesempatan kali ini kita akan memanfaatkannya sebagai media merawat ayam aduan.

Apabila pada kesempatan yang sebelumnya kita sudah mengupas mengenai manfaat gula merah, kini saatnya beralih untuk memahami dari daun serai. Pengolahan paling sederhana dari serai memang merebusnya, untuk itu terus simak penjelasan dibawah ini agar sobat mengetahuinya dengan detail.

Cara Memandikan Ayam Dengan Daun Serai

cara memandikan ayam dengan daun serai

Dalam kelangsungan beternak ayam sangat beragam cara yang bisa kita lakukan. Begitu pula memandikan ayam dengan air rebusan daun serai sebagai upaya menjaga kesehatan ayam dari sakit dan serangan kutu serta serangga. Namun apakah sobat sudah mengetahui metode yang perlu dilakukan?

Jika belum simak baik-baik penyampaian kami ini untuk segera bisa diaplikasikan oleh sobat dirumah. Langkah pertama yang perlu disiapkan apa saja dan apakah ada tambahan lain dalam merembusnya. Jadi sobat bisa menggunakan daun serai saja atau menambahkan seperti jahe/kencur.

Siapkan wadah untuk merebus dengan kapasitas air 1-2 liter. Kemudian memarkan serai sebanyak 2-3 batang dan bisa ditambahkan berupa jahe yang dimemarkan juga. Setelah itu masaklah sampai airnya mendidih dan diamkan hingga berubah menjadi hangat.

Apabila sudah maka sobat mandikan ayam aduan atau rawatannya pada pagi ataupun sore hari. Usapkan semua sela-sela ayam seperti sayap, bawah badan dan kaki ayam. Setelah itu jemur dan umbar ayam sobat hingga kering. Andai ayam pasca berlaga bisa langsung ditempatkan pada yang teduh.

Cara ini dilakukan untuk pengobatan ayam pasca adu ataupun pencegahan gigitan nyamuk didalam kandang. Bahkan lebih baik jika dilakukan 2-3 kali dalam seminggu untuk ayam yang dalam rawatan/siapan. Tidak hanya itu saja ternyata bisa diolah menjadi ekstrak serai yang dapat digunakan membasmi serangga atau nyamuk disekitar kita.

Manfaat Air Rebusan Daun Serai Untuk Ayam

Manfaat air rebusan daun serai

Tanaman yang termasuk dalam kategori rumput-rumputan ini memiliki nama lain dengan sebutan Andropogon nardus atau cympogon nardun. Cympogon sendiri setidaknya ada 80 spesies, keberadaannya ini beberapa jenisnya dapat menghasilkan minyak atsiri sehingga membantu sekali dalam ekonomi masyarakat dengan perdagangan.

Namun dikesempatan kali ini kita akan mengupas mengenai khasiat dari air rebusan serai untuk hewan peliharaan khususnya ayam. Karena masih banyak dari kita yang belum begitu mengetahui detail mengenai manfaatnya. Langsung saja cek daftar manfaatnya sebagai berikut.

  • Melancarkan pencernaan dalam tubuh ayam
  • Mengobati ayam kaki pincang dan bengkak
  • Mencairkan kandungan lemak
  • Mempercepat proses pemulihan ayam turun urat
  • Sebagai obat pengusir serangga dan nyamuk
  • Daun keringnya bermanfaat untuk alas sarang bertelur
  • Membunuh kutu ayam
  • Sirkulasi darah semakin meningkat
  • Sistem kekebalan ayam menjadi bagus
  • Pengobatan luka luar ayam habis bertarung

Nah, itulah beberapa contoh yang kami sampaikan kepada sobat dunia binatang perihal kegunaan air rebusan serai untuk hewan peliharaan baik ayam ataupun burung kicau. Guna memaksimalkan penggunaannya, penambahan berupa jahe, gula aren ataupun yang lainnya kami rekomendasikan jika dibuat ramuan air minum ayam.

Efek Samping Penggunaan Rebusan Serai

efek samping air rebusan daun serai

Tidak hanya sekedar mehambat dari bakteri pemberian air rebusan serai juga digunakan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari salah satunya memasak. Bahkan kegunaannya menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan dari sistem pencernaan.

Walaupun pada dasarnya daun serai memiliki beragam khasiat untuk manusia dan hewan peliharaan. Akan tetapi ada juga dampak buruk alias efek samping bagi kondisi hewan ternak tertentu. Maka dari itulah kami sampaikan agar tidak menggunakan secara berlebihan.

Sebab apabila kulit ayam sobat mudah sensitif kami khawatirkan dapat berdampak buruk berupa iritasi. Dengan hal ini berikan air rebusan daun serai secukupnya minimal 1 kali dalam seminggu.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan kepada sobat mengenai cara memandikan ayam dengan daun serai. Mudah-mudahan dengan adanya penyampaian kami diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply