2
1995

√ Penyebab Tembolok Ayam Tidak Turun

Penyebab tembolok ayam tidak turun atau kembung tidak asing bagi peternak ayam khususnya ayam bangkok atau lainnya yang dipelihara dalam kandang terbatas. Gangguan semacam ini akan mengganggu kesehatan ayam secara signifigan. Maka dari itu sobat perlu mempelajarinya lebih luas lagi.

Dalam kesempatan yang mulia ini dunia binatang akan mengungkap fakta indikator ayam menjadi kembung dan susah dicerna oleh hewan ternak. Mungkin sebagian besar sobat sudah mengetahui-nya, namun tidak ada salahnya juga kami memberikan informasi kepada sobat semua.

Tembolok sendiri adalah tempat penyimpanan makanan & air sementara sebelum pakan tersebut turun ke kelenjar lambung. Jadi pada telih ayam makanan akan dilunakkan terlebih dahulu, setelah masuk ke proventrikulus baru akan dicerna oleh gizzard. Agar lebih paham dan tahu tips mengatasinya, terus simak penjelasan dibawah berikut :

Penyebab Tembolok Ayam Tidak Turun

Penyebab tembolok ayam tidak turun

Hal paling pokok dalam masalah telih ayam kembung atau turun bisa disebabkan beberapa faktor. Sehingga kita perlu menganalisanya terlebih dahulu guna memastikan ayam tembolok tidak turun.

Kita ketahui bersama bahwa tembolok ialah penyimpanan makanan sementara pada ayam yang tujuannya dilunakkan. Supaya pada tahap selanjutnya akan lebih mudah untuk proses mengurainya, antara ampas dan sari-sari pakan tersebut. Daripada semakin penasaran langsung saja simak informasi dibawah ini.

Memakan Benda Asing/Keras

Penyebab pertama yakni dikarenakan terdapati benda asing yang sifatnya keras. Sebagai contohnya paku, serpihan kaca, kawat, paku, plastik, karet & batu. Karena ukuran benda tersebut besar dan tidak bisa dilunakkan menjadikan tidak bisa dicerna dan berhenti di tembolok.

Kemudian dikarenakan terlalu lama didalam tembolok membuat ayam menjadi lesu lemas, tidak aktif dan tembolok mengeras. Bahkan kalau tidak ditangani secara cepat akan menurunkan bobotnya serta berujung kematian.

Infeksi Cacing Capilaria Annulata

Faktor kedua tembolok ayam tidak turun dikarenakan infeksi cacing di mukosa esofagus dan tembolok. Oleh karena itu mengakibatkan dinding telih semakin menebal, kasar & tertutup oleh massa yang mengandung cacing. Bahkan terjadi pembesaran kelenjar mukosa

Jaringan Elastis Terputus

Ketika beberapa jaringan elastis pada tembolok ayam terputus, maka terjadilah pembengkakkan yang berlebihan. Namun pada umumnya peristiwa ini sering terjadi dikarenakan faktor genetik ayamnya.

Infeksi Jamu Candida Albicans

Penyebab ke empat yakni infeksi juga namun dilantari oleh jamur candida albicans. Serangan utama jamur ini ialah saluran pencernaan ayam. Beberapa gejala kronis yang nampak adanya adalah penebalan tembolok dan mengakibatkan pada malnutrisi.

Faktor Cuaca & Perawatan Harian Ayam

Tidak hanya contoh diatas saja, penyebab tembolok ayam tidak turun bisa dikarenakan peralihan musim yang biasanya cuaca ekstrim. Dengan demikian otomatis tubuh ayam akan sulit mengontrol keadaan sehingga mengakibatkan sakit ngorok, berak hijau, snot & tembolok kembung.

Bahkan bisa dikarenakan perawatan harian yang tidak biasa. Contohnya memberi pakan keras yang tidak biasa diberikan pada ayam tersebut. Beberapa fakta lainnya juga perpindahan tempat dari lingkungan panas ke dingin.

Jadi faktornya itu sangat banyak, maka dari itu kita tak bisa bertumpu satu acuan dasar saja. Inilah alasan kami menyampaikan analisa sebelum memastikan ke tahap pengobatan ayamnya. Agar penanganannya lebih akurat dan ayam cepat sembuh.

Tips Mengobati Tembolok Ayam Tidak Turun

Cara mengobati tembolok ayam

Terdapat beberapa opsi untuk mengatasi tembolok ayam kembung. Kami akan menyampaikan contoh lebih dari 3 agar sobat bisa memilih sendiri pilihan paling mudah dan ampuh bila diaplikasikan. Sebab tidak semua cara berhasil dilakukan terkadang metode paling sederhana, malah paling manjur untuk ayam kita.

Selain itu faktor perbedaan wilayah, ketersediaan bahan dan jenis sebagai pertimbangan yang cukup memungkingkan dalam mengatasi ayam sakit. Apa saja yang dapat dicoba oleh sobat dirumah, berikut sudah kami rangkum seperti berikut :

Vegeta Untuk Tembolok Ayam

Langkah pertama untuk mengobati yakni menggunakan vegeta, tips pemberiannya dengan melarutkan pada air hangat dan diminumkan pada ayam yang sakit. Pastikan ayam sobat mau meminumnya. Agar perkembangannya lebih bisa diketahui apakah cocok atau tidak.

Sebaiknya jangan diberikan pakan ketika pengobatan ayam. Gunanya melarutkan pakan pada tembolok ke pencernaan dalam dan memastikan tembolok turun dan terkuras habis.

Kerupuk Mengobati Tembolok Kembung

Cara Mengobati Tembolok Ayam Aduan

Metode yang kedua untuk pengobatan telih ayam kembung yaitu menggunakan kerupuk putih bulat. Kenapa kami rekomendasikan yang ini? Supaya ayam mudah melunakkan pakan yang ada ditembolok.

Caranya sobat menyiapkan air hangat pada wadah dan masukkan kerupuk, kemudian tunggu hingga mengecil dan sifatnya kenyal. Sesudah itu lolohkan pada ayam yang temboloknya tidak mau turun. Ulangi sehari 2 kali pagi dan sore hingga telih turun secara alami.

Cara Spet Ayam Yang Benar

Tips ketiga adalah men-spet tembolok ayam menggunakan alat suntikan yang jarumnya sudah diganti dengan selang lunak. Jadi memasukkan air cukup banyak lalu memuntahkan semua isi tembolok ayam tersebut sampai bersih.

Mungkin cara ini agak kasar bagi penyayang binatang. Akan tetapi teknik semacam ini cukup efektif dan lebih cepat untuk penanganan ayam. Sehingga bisa menggunakan air bersih atau yang hangat agar proses mengeluarkan isi tembolok sangat tepat.

Obat Lancar Tembolok

Selanjutnya kita beralih menggunakan obat-obatan kimia yang bernama lancar tembolok, yang mana bisa mengatasi permasalahan telih ayam keras serta penyakit genetik. Bahkan bisa digunakan untuk memperlancar sistem pencernaan ternak khususnya tembolok.

Cara pemakaian dan dosis yang diperbolehkan adalah. Ayam dewasa 1-2 kapsul perhari sedangkan anakan ayam usia 1 bulanan hanya diberikan 1 kapsul setiap harinya. Jadi bentuk produk ini tersedia dalam kemasan yang isinya 10 kapsul dalam 1 bungkusnya.

Obat Tembolok Ayam

Cara mengatasi tembolok ayam tidak turun yang terakhir ini berupa sirup. Nama produknya Obat Tembolok yang diperuntukkan untuk gangguan penceraan ayam. Setiap kemasannya berisi 60 ml yang mengandung Sodium Bicarbonat.

Anjuran pemakaiannya anakan ayam sehari 3 kali dengan takaran 10 ml diminumkan ke dalam mulut ayam. Sedangkan pada ayam dewasa yakni 3 kli 30 ml dengan metode yang sama. Jika kesulitan memberikannya dapat menggunakan alat spet agar benar-benar masuk pada mulut ayamnya.

Selain itu sobat dapat menggunakan obat-obatan tradisional berupa kunyit, pisang dan daun pepaya. Insyaallah sama-sama manjur untuk masalah pencernaan hewan ternak. Serta lebih aman jika diberikan dengan yang cukup banyak sekalipun.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan seputar penyebab tembolok ayam tidak turun versi dunia binatang. Semoga dengan adanya wawasan baru ini dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply