2
239

โˆš Cara Menyembuhkan Patek Pada Ayam

Cara menyembuhkan patek pada ayam? Benarkah kalau penyakit benjolan tersebut bisa disembuhkan secara menyeluruh, iya betul sekali avian fox atau cacar unggas merupakan salah satu jenis penyakit.

Sedikitnya terdapat 60 spesies unggas yang terserang penyakit avian fox. Penyebutan penyakit di indonesia cukup banyak ada yang menyebut dengan patek, cacar & kutilan. Beberapa unggas yang sering terkena penyakit yakni ayam, kalkun, merpati dan berbagai hewan ternak lainnya.

Sejatinya serangan penyakit patek ayam terjadi sepanjang tahun, maka dari itu juga berpotensi menyerang pada ayam kesayangan sobat. Mewaspadai dan mencegah adalah bentuk upaya terbaik dalam beternak ayam. Walau ini tidak menular pada manusia, namun sebagaimana kita ketahui sama-sama cacar ayam tetap bersifat menular khususnya hewan ternak baik ayam atau burung kicau.

Penyakit Patek Ayam?

Penyebab ayam kutulan

Cacar ayam atau patek merupakan nama penyakit yang asal usulnya dari sumber virus famili poxviride dengan genus avipox virus. Secara visual memang berbentuk benjolan yang pada umumnya menyerang unggas ternak pada bagian kepala.

Penyebab ayam kutilan ini memang harus diberantas dari kehidupan ternak pada kandang sobat. Namun bagaimana penanganan yang tepat dan cepat agar tidak sampai menularkan ke ayam lainnya.

Jadi sebetulnya terdapat 2 jenis kutil ayam yakni kering dan basah. Walaupun terlihat sepele, namun bila tidak segera diobati sangat memungkinkan menular ke unggas disekitarnya. Sebelum beranjak lebih lanjut alangkah baiknya kita mengetahui dari kedua jenisnya dulu.

Jenis Cacar Kering

Secara keseluruhan tipe penyakit patek yang pertama ini akan bertumbuh diarea yang tidak berbulu. Untuk contohnya yakni sekitar mata, kloaka, kaki, cakar dan pangka paruh ayam. Bagian yang terkena itulah akan memunculkan benjolan kecil-kecil. Adapun klafisikasi cacar yang sifatnya klinis sebagai berikut.

  1. Aktivitas ayam semakin malas dan lemah serta adanya bobot bertambah kurus. Beberapa kejadian yang lain pun nafsu makan akan terus menurun.
  2. Sulitnya bernafas sebab saluran pernafasan ayam terganggu oleh kutil yang tumbuh pada pangkal paruh sehingga menyebabkan sulitnya bernafas karena muncul dekat dengan lubang hidung ayam

Berdasarkan penglaman kami tipe ini masih bisa diatasi, meski ada juga permasalahan yang meninggalkan bekas luka. Hal paling pokok adalah memastikan terlebih dahulu supaya ayam tetap bisa makan dengan baik, sebab cara ini upaya mempertahankan kondisi daya tahan badan ayam tetap stabil.

Cacar Basah

Jenis patek/kutil ayam basah ini secara umum akan lebih berbahaya. Karena kerap menimbulkan infeksi sekunder, maka dari itu membuat kondisi fisik ayam semakin buruk dan dapat mengakibatkan kematian bila mana tidak secepatnya diobati.

Untuk tanda-tanda dari gejala klinis ayam menderita cacar basah ini adalah adanya bercak putih yang berkembang disekitar selaput lendir mulut ayam. Selain hal tersebut ada juga diarea lain seperti paru-paru, tenggorokan dan trakhea.

Dampak buruk yang diderita ayam ialah menganggu sistem pernafasan dan semakin sulitnya ayam untuk mengkonsumsi pakan. Akan tetapi kejadian paling sering dijumpai tipe patek basah ini pada ayam kalkun.

Cara Menyembuhkan Patek Pada Ayam

cara menyembuhkan patek pada ayam

Cara menghilangkan kutil pada ayam bangkok dari anakan hingga dewasa bisa dibilang mudah. Akan tetapi kita pun harus mengetahui tipe kutil tersebut apakah kering atau basah. Maka untuk itu kami mengingatkan sobat jangan menyepelekan penyakit ini.

Apabila sobat ingin segera menanganinya ada beberapa opsi dimana metode alami dan obat-obatan modern khusus ayam pun sudah tersedia. Oleh hal demikian maka akan kami sampaikan sesuai perkembangan zaman ternak ayam khususnya cara mengobatinya.

Cara Mengobati Penyakit Benjolan Pada Anak Ayam

obat kutil anak ayam

Tidak dipungkiri penyakit kutil atau cacar yang menyebabkan benjolan menyerang anakan ayam dibawah usia 3 bulan. Dengan demikian adanya pengobatan yang tepat dan cepat sangatlah dibutuhkan. Sehingga rekomendasi dari yaitu sobat hindarkan mencabut luka, menjauhkan dengan ayam seusianya.

Apabila sudah menyerang 2 ekor lebih anak ayam sebaiknya jangan dipisahkan takutnya malah sudah terinfeksi dan dapat menularkan yang lain. Untuk cara mengobatinya bisa dengan memberikan obat T-BLUE atau obat khusus kutil yang bisa dibeli di apotik.

Upayakan kondisi ayam tetap dalam yang baik dan lihatlah perkembangan dari pemberian obat diatas sesuai anjurannya. Selain itu salep antiseptik juga bagus untuk mempercepat proses pengobatan anak ayam yang terpapar patek. Obat salepnya sobat dapat memberikan CIL salep dan bisa diperoleh membeli online di shopee.

Jangan sungkan untuk bertanya kepada peternak senior yang sekiranya sudah faham dalam mengobati ayam khususnya yang masih anakan. Karena ketelitian pun sangat dibutuhkan dalam penanganan penyakit cacar ini.

Obat Tradisional Kutil Pada Ayam

Cara mengobati kutil ayam alami

Kutil termasuk dalam kategori tumor jinak dan secara luas tidak membahayakan baik untuk manusia ataupun hewan ternak. Akan tetapi setelah membaca klasifikasi diatas pastinya sobat tak mau menganggap remeh keberadaan penyakit kulit ayam ini.

Jadi ada metode alami untuk mengobati patek pada ayam dan tentunya bahan tersebut sering kita jumpai diarea sekitar. Walaupun dalam proses pengobatan ini tidaklah instan, tapi sangat ampuh dan sangat menghemat biaya pengeluaran sobat. Berikut beberapa referensi yang bisa kami sampaikan.

Bawang Putih

Khasiat bawang putih dalam mencegah penyakit untuk ayam sudah sering diaplikasikan. Akan tetapi pada kesempatan kali ini ada yang sedikit berbeda, sebab kita akan menggunakannya sebagai obat ayam kutilan.

Caranya yaitu memberikan 1-2 siung bawang dan air hangat. Tumbuklah hingga halus, kemudian usapkan pada area cacar ayam hingga merata. Lakukan metode ini sampai patek ayam mengecil ataupun menghilang pada ayam yang sakit.

Sode Kue

Antiseptik yang terdapat pada soda kue, sering kali digunakan untuk menangani luka. Khasiat yang akan bekerja sode kue yaitu membasmi virus dan mengurangi peradangan kutil ayam.

Untuk penggunaannya yaitu siapkan soda kue 1 sendok teh dan tambahkan sedikit cuka putih atau bisa digantikan minyak jarak untuk mengentalkan kedua bahannya. Selanjutnya oleskan pada patek ayam hingga merata. Aplikasikan sehari dua kali yaitu pagi dan sore.

Alangkah lebih baik jika sobat menutupnya dengan perban. Lakukan metode diatas ini selama 3-4 hari lalu lihatlah perkembangannya pada hari ke 7, maka kutil ayam akan mengelupas dengan sendirinya.

Cuka Apel

Cuka apel merupakan bahan yang sangat mudah sobat peroleh di toko ataupun dapat membelinya secara online. Metode pengobatan patek alami ini cukup dengan merendam kapas dicuka apel. Sesudah itu usapkan atau letakkan dan ditutup dengan perban.

Tidak usah khawatir bila menimbulkan rasa nyeri karena kinerja asam cuka tersebut akan mempercepat proses penyembuhan patek pada ayam kesayangan sobat. Lakukan ini setiap sore atau malam hari menjelang ayam istirahat.

Daun Yodium

Cara menyembuhkan patek pada ayam secara tradisional bisa menggunakan daun yodium. Jadi pengobatannya memanfaatkan getah dari daun yodium sebagai ganti obat modern.

Biasanya pelaku ternak ayam bangkok sering menggunakan tumbuhan herbal ini sebagai penanganan pertama terhadap ayam yang sakit patek. Untuk itu upayakan melakukan 2 kali sehari dan diulangi sampai 3-5 hari berturut-turut supaya kutil ayam benar-benar sembuh.

Demikianlah rangkaian informasi cara penyembuhan patek pada ayam versi dunia binatang. Semoga dengan adanya tips diatas dapat bermanfaat untuk kita semuanya, sekian dari kami dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply