6
667

√ Ayam Plymouth Rock

Ayam plymouth rock adalah ayam ras yang asal muasalnya dari Amerika Serikat. Kepopulerannya menjadikan nama sebutan oleh masyarakat sekitar dengan ayam barred rock atau rock.

Persebarannya semakin mendunias sejak abad ke-19 dan konon katanya bahwa ayam ini juga dibawa ke negara New England kemudian dipelihara oleh peternak sebagai ayam dwiguna. Hal ini tidak lepas karena memiliki keistimewaan bobot yang besar dan tingkat produktivitas telur yang sangat tinggi.

Hingga akhirnya beberapa dekade terakhir ini ayam plymouth rock dapat tersebar secara luas. Begitu pula negara indonesia ikut andil dalam membudidayakan unggas ternak ini sebagai ayam hias maupun persilangan dengan ayam lokal.

Salah satu ketertarikan peternak ayam kita yaitu karena peluang dalam beternak ayam sangat tinggi. Sebab ketika mengandalkan ayam broiler saja harga jual belinya sering tidak stabil. Maka dari itu kehadirannya sangat membantu para peternak mandiri diberbagai daerah Indonesia.

Asal Usul Ayam Plymouth Rock

Asal usul ayam plymouth rock

Sejarah plymouth rock yakni pertama kalinya nampak di massachusetts pada abad ke 19 dan merupakan ayam domestik Amerika Serikat. Kemudian kisaran abad ke-20 ayam rock banyak dipelihara di Amerika.

Awal mulanya ayam plymouth rock ditampilkan di Boston pada tahun 1849, akan tetapi dalam kurun waktu 20 tahun tidak terlihat lagi. Hingga akhirnya tepat 1869 di Worcester Massachusetts mengawinkan beberapa ayam jawa hitam dengan jantan dengan bulu jali atau bulu yang bergaris.

Dari pengamatan ini ayam yang diperlihatkan di Worcester pada tahun 1869 tersebut merupakan cikal bakal plymouth rock modern yang diperkirakan berasal dari mereka. Tidak hanya itu beberapa orang lain juga sudah dikaitkan dengan pengembangan ini karena juga menghasilkan keturunan strain baru seperti ayam brahma, cochin dan dominique.

Daya tarik yang dipertimbangkan dalam membudidayakan unggas ternak ini karena sebagai ayam serba guna sehingga dapat dibesarkan untuk diambil telur maupun dagingnya. Bahkan juga sangat mudah adaptasi dengan kondisi iklim yang dingin serta pandah dalam mengasuh anak-anaknya.

Ciri-Ciri Ayam Plymouth Rock

Ciri ciri ayam plymouth rock

Kemudian secara karakteristik fisiknya ayam domestik amerika serikat ini cukup unik. Dengan demikian menjadikan suatu kelebihan tersendiri sebagai ciri khas terhadap jenisnya. Berikut ini ada beberapa tanda-tanda khusus pada ayam rock yang bisa sobat terapkan dalam mengetahui kualitas originalnya.

  • Bentuk jengger tunggal berbentuk wilah dengan lima titik sisirnya
  • Daun telinga, pial berwarna merah cerah
  • Tidak terdapat bulu pada kakinya dan warnanya kuning
  • Corak paruh ada yang mirip dengan warna tanduk serta kuning
  • Bentuk punggungnya lebar dan panjang
  • Memiliki dada yang cukup dalam
  • Bobot ayam jantan dewasa 3,5-5 kg sedangkan betina 2,5-33,5 kg
  • Kerabang telur bewarna cream atau coklat
  • Produktivitas telur setiap tahunnya dapat menghasilkan antara 170-200 butir
  • Sifat alamiah ayam tenang dan mudah adaptasi dengan lingkungan berbagai macam iklim.

Klasifikasi Ayam Plymouth Rock

Informasi yang selanjutnya yaitu dari varietas warna ayam rock atau bisa kita ketahui bersama berupa jenis warnanya. Di negara asalnya bahwa terdapat 7 keberagaman warna ayam yang diakui. Bahkan dalam industri pertanian hasil dari persilangan galur putihlah yang sangat cocok untuk dijadikan stok utama konsumsi masyarakatnya.

White Plymouth Rock

Jenis ayam rock

Jenis yang pertama ini memiliki karakteristik warna putih dengan paruh dan kakinya berwarna kuning bersih. Selain itu para ahli juga menganggap bahwa ayam plymouth rock putih sebagai jenis ayam tertua dibandingkan yang lainnya.

Industri pertanian dan peternakan di Amerika membudidayakannya untuk diambil dagingnya guna memenuhi konsumsi masyarakatnya. Akan tetapi berbeda dinegara kita sebab ayam komersilnya lebih dominan dengan ayam ras broiler.

Barred Plymouth Rock

Ayam Bared Rock

Untuk yang kedua ini sangat familiar bagi peternak mandiri maupun penghobi ayam hias. Sebab telah tersebar luas diberbagai daerah di Indonesia, ciri khas bulu lurik atau jali ini memiliki kemiripan dengan ayam kampung asli. Dengan kehadirannya sangat mendorong upaya peningkatan kualitas hasil ternak untuk sektor usaha rumahan.

Umumnya masyarakat mengenalnya dengan ayam bared rock dan keunggulan yang terdapat pada unggas menggemaskan ini ialah bisa dimanfaatkan telur ataupun dagingnya. Maka dari itu tidak heran bila sekaran banyak peternak mandiri karena daya penjualannya cenderung stabil.

Buff Plymouth Rock

Ayam plymouth rock buff

Pemikiran yang jenius selalu mendatangkan sesuatu hal yang baru. Nah mungkin pada awalnya penciptaan ras ayam baru sebagai bentuk dukungan dalam memenuhi telur dan daging. Akan tetapi perkembangan zaman tidak bisa dibendung, salah satunya yaitu munculnya varietas warna yang notabene dapat dipelihara sebagai ayam hobi atau hias.

Jadi adanya buff ini lantaran banyaknya perkawinan silang ayam yang akhirnya memunculkan genetik corak warna yang semakin unik dan menarik. Walaupun awalnya dipelihara hanya sekedar kebutuhan komersil. Kini dengan memelihara jenis buff ini bisa sobat jadikan sebagai ayam hias.

Blue Plymouth Rock

Blue plymouth rock

Lalu klasifikasi ayam plymouth rock yang terakhir ini dinamakan blue karena mempunyai ciri khas warna bulu yang indah berupa biru levender. Meskipun tidak jauh berbeda dengan jenis barred rock, kepopuleran blue plymouth diawali seorang peternak ternama yakni Jim Shaw memeliharanya.

Sedangkan kelebihan yang dimilikinya adalah dapat menghasilkan telur ratusan butir setiap tahunnya. Selain itu pertumbuhan yang cepat dan sifat tidak agresif sebagai unggulan semua ayam plymouth rock.

Dari informasi kami ketahui bahwa klasifikasinya terdapat 7 macam warna, akan tetapi hanya 4 saja untuk saat ini yang bisa kami sampaikan kepada sobat dunia binatang. Ya sudah kita lanjutkan ke pembahasan pokok lainnya sebagai dibawah ini.

Keunggulan Ayam Plymouth Rock

Kelebihan ayam plymouth rock

Ayam plymouth rock mempunyai beragam kelebihan, dengan nilai plus seperti ini dapat menjadi daya tarik para pelaku ternak ayam diberbagai belahan dunia. Alhasil tidak heran bila dahulu kala pernah dibawa ke New England untuk dikembangkan lebih dalam.

Kemajuan teknologi mendorong setiap orang bisa mengakses informasi dari seluruh dunia. Hal ini pun disambut dengan baik perihal keberadaan ayam plymouth rock. Beberapa keistimewaan dari ayam rock kurang lebihnya seperti daftar dibawah berikut.

  • Mempunyai daya tahan berbagai penyakit
  • Pertumbuhan ayam lebih cepat
  • Cita rasa daging yang sangat lezat
  • Terdapat jenis warna yang beragam jadi bisa menyesuaikan sama kebutuhan pangsa pasar
  • Produktivitas telurnya lebih banyak daripada ayam lokal
  • Dapat dijadikan persilangan ayam yang lebih unggul
  • Daya jual belinya relatif stabil

Kemudian kalau berbincang dari kelemahannya kami rasa sangatlah sedikit. Sebab kita bisa mengamatinya secara fisiknya bisa mencukupi pangsa pasar lokal. Berdasarkan analisa kami berupa data dibawah ini.

  • Memodifikasi fisik ayam lebih sedikit kecil agar mirip ayam kampung biasa
  • Biaya kebutuhan pakannya banyak
  • Warna cangkang telurnya sama dengan ayam komersil
  • Siap menanggung resiko gagal dan ayam mati
  • Harganya masih lumayan mahal baik anakan ataupun paket ternaknya

Daftar Harga Ayam Plymouth Rock

Untuk daftar harga terbarunya akan kami sampaikan seperti list dibawah ini. Karena keterbatasan informasi yang diketahui maka cukup mempersulit menyebarluaskan kepada sobat semuanya.

  • Telur tetasΒ 
  • DOC Plymouth Rock Rp.100.000-150.000/Ekor
  • Anakan 1-3 bulan Rp.100.000-300.000/Ekor
  • Ayam Silangan Barred Rock Rp.150.000-250.000
  • Harga Ayam Plymouth Rock Dewasa Rp.500.000-1.000.000

Perlu sobat ketahui bahwa harga bisa saja berubah-rubah karena tergantung dari setiap daerahnya dan persedian ayam. Selain itu semakin banyaknya populasi ayam biasanya akan semakin menurun nilai harganya. Oleh sebab itu jangan sampai ada salah faham dari data diatas.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan seputar ayam plymouth rock. Mudah-mudahan dengan adanya penjelasan tersebut dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply