4
351

√ Cara Melatih Ayam Aduan Muda Mental & Fisiknya

Cara melatih ayam aduan muda sejak usia dini mungkin sudah ternanam di diri sobat semuanya. Akan tetapi sebelum ke langkah tersebut ada beberapa hal mesti diperhatikan agar yang diinginkan dapat terwujud. Setiap peternak dan penghobi pun memiliki metode tersendirinya.

Bagi sobat yang baru mengenal ayam laga pastinya ingin melatih dari sejak usia 1 bulan. Jadi sebetulnya anak ayam juga dipengaruhi dari genetik induk jantan dan betinanya. Maka dari itu kami menyarankan kepada semuanya agar mulai menerapkan metodenya paling tidak 3-4 bulan saja.

Tentunya kami juga alasan untuk memberikan saran kepada sobat semua. Sebab dalam masa pertumbuhan jelas sekali membutuhkan nutrisi pakan yang bagus guna menunjang pertumbuhan dan perkembangannya bisa maksimal. Sedangkan bila sudah bertarung dari kecil dan sakit otomatis akan mempengaruhi pertumbuhannya.

Bahkan bila sakit parah anak ayam tersebut bisa mengalami kecacatan dan kerdil atau dalam bahasa jawanya disebut “kunteten”. Jika hal tersebut terjadi pupus lah harapan terbaik kita semua. Supaya lebih mengetahui detail informasi ini simak pemaparan dibawah berikut :

4 Cara Melatih Ayam Aduan Muda

cara melatih ayam aduan

Umumnya yang terjadi dilapangan para peternak mengaplikasikan pelatihan ayam ketika usianya 5-6 bulan. Kurang lebih dikarenakan memaksimalkan pertumbuhan ayam dan bulu-bulunya sudah tuntas dari masa pergantiannya. Hal demikian juga dipengaruhi dari pemberian pakan yang bagus dan perhatian dari sang pemiliknya.

Sering kali pakan ini menjadi faktor penting dalam merawat ayam laga baik bangkok dan sebagainya. Contoh jenis pakan yang diberikan berupa konsentrat 511, AD1, 591, BR Super dan masih banyak lainnya.

Secara garis besar melatih ayam aduan muda ini bisa diklasifikasikan 4 seperti fisik, mental, tenaga dan kekuatan pukulan. Sehingga ada prosedurnya agar setiap penghobi bisa bertahap-tahap dan hasilnya lebih maksimal. Sebagus apapun ayam tersebut jika perawatnya sembarangan juga tidak bisa sesuai apa yang diharapkan, misalnya mentalnya down, nafasnya tidak kuat dan sebagainya.

Fisik Ayam Aduan Muda

melatih fisik ayam aduan muda

Langkah pertama yang bisa sobat terapkan yaitu dari melatih fisik ayam aduan muda tersebut. Contohnya dari kekuatan otot dan kuda-kuda ayamnya. Untuk memaksimalkannya cukup dengan klitter atau treadmiil. Selain itu juga bisa dengan metode renang bila lingkup sekitar dekat dengan saluran air yang cukup buat fisik ayam.

Manfaatnya yang didapatkan yaitu kebugaran badan ayam, dari model berjalan dan keseimbangan punggungnya juga bisa dilihat oleh sobat. Bahkan untuk meningkatkan kualitas fisiknya dapat dengan mempraktikkan jemur dipagi hari 1-2 jam saja insyaallah cukup lah. Fungsi lainnya juga kencangnya struktur badan karena semakin terbentuk dan otot-otot berkembang.

Melatih Mental Ayam Muda

Cara melatih mental ayam aduan

Keberaian atau yang disebut mental merupakan pondasi utama supaya ayam mampu bertarung dengan beragam lawan dan dapat memenangkan pertarungan setiap perlombaan.

Tips pertama yakni memberikan sekat atau memisahkan kandang satu sama lainnya agar tidak down dengan warna tertentu sekaligus diganggu oleh lebih tua dikandang. Guna mentalnya semakin membaik bisa jam tertentu dikandang umbaran bersama induk betina/dedara supaya kejantannya semakin bagus.

Sesudah hal tersebut dari aspek pakan, pemberian jamu dan lingkungan kandang ayam rawatan seharusnya dibedakan dengan pejantan umbaran agar tidak merusak mentalitas ayam aduan muda sobat semuanya. Terakhir yaitu memperkenalkan arena laga dan mencobanya serta kembali dievaluasi semua yang sudah dilakukan penerapannya.

Meningkatkan Nafas Ayam Petarung Muda

Cara Melatih Nafas Ayam Aduan Muda

Pola perawatan ayam sangat memiliki pengaruh besar terhadap ayam yang kekuatan nafasnya pendek. Tentunya akan merugikan bila hal seperti ini dibiarkan begitu saja, untuk mengatasinya dapat dengan langkah-langkah berikut :

Step pertama yaitu memandikan setiap pagi kemudian menjemurnya hingga ayam cukup capek dan lemas, kurang lebihnya 1-2 jam tergantung dari wilayah sobat sendiri. Berikutnya yakni menerapkan metode fisik seperti yang sudah kami jelaskan diatas.

Dalam pembentukan kekuatan nafas bisa diaplikasikan berupa latihan kliter, treadmiil, abar bungkus jalu dan paruhnya. Selain itu jangan lupa untuk memberikan berupa jamu & vitamin untuk memenuhi kebutuhan organ dalam ayam agar bisa lebih maksimal.

Melatih Pukulan Ayam Aduan Muda

Cara Melatih Pukulan Ayam Aduan

Setiap peternak maupun penghobi pastinya menginginkan ayamnya memiliki akurasi pukulan yang keras berefek untuk lebih mudah menumbangkan seiap lawannya. Akan tetapi hal seperti juga membutuhkan metode pelatihannya juga. Bahkan faktor genetik bisa berpengaruh dalam kekuatan dan kecepatan pukul. Maka dari itu untuk bisa menghasilkan pukulan terbaiknya dapat dengan teknik seperti ini :

Tahap pertama yang mesti diperhatikan yaitu dari kekuatan otot selururh tubuhnya, jadi dari kekuatan ketahanan kaki, badan dan kelapa hingga lehernya. Biasanya akan mulai terlihat kekuatan fisiknya ketika sudah diabar 2-4 kali. Sebab dari sekian ini ayam sudah terjun lapangan dan mulai nampak dari pola kerjanya walaupun belum mapan.

Metode pelatihannya sobat dapat mempraktikkan dengan kecepatan pukul, lompatan dan pemberian jamu setingan sobat sendiri. Kenapa demikian? Karena setiap peternak memiliki racikan sendiri yang menurutnya sudah cukup untuk kebutuhan dan penunjang kekuatan fisik setiap ayam rawatannya.

Demikianlah rangkaian informasi yang dapat kami sampaikan seputar pelatihan ayam aduan. Semoga dengan adanya pengetahuan ini bermanfaat untuk kita semuanya. Mohon maaf bila kami masih banyak tutur kata dan penyampaian kurang berkenan dihati sobat semuanya. Sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply