1734

โˆš Jumlah Telur Ayam Bangkok Asli

Jumlah telur ayam bangkok asli memang tidak sebanyak dengan ayam jenis komersil atau yang lebih kita kenal dengan sebutan ayam petelur. Hal ini memang tujuan dari beternak ayam bangkok sebagai unggas laga atau hobi. Maka dari itu sejak kemunculannya dipertahankan akan cara reproduksinya.

Mungkin dari kita ini ada yang belum faham sepenuhnya berapa rata-rata ayam bangkok menghasilkan telur setiap satu periodenya. Sama halnya ayam kampung yang dipelihara ayam babon akan mengerami telurnya setelah bertelur 7-15 butir.

Selain itu membutuhkan waktu 21 hari untuk telur yang dieraminya dapat menetas andaikan terbuahi dan fertil. Apabila tidak adanya perkawinan antara ayam jantan betina hasilnya zonk alias tidak menetas, sebab tak ada pembuahan dari telur tersebut.

Apakah Telur Pertama Ayam Bangkok Tidak Bagus

Telur ayam dara

Benarkan ayam baru pertama kalinya bertelur anakannya pasti jelek dan rentan terhadap penyakit? Pertanyaan seperti ini sangat sering kita jumpai dibeberapa forum, baik grup facebook dan komunitas daerah. Nah untuk teman-teman yang masih belum tau alangkah baiknya mengamati informasi berikut ini.

Berdasarkan pengalaman kami sejauh ini bahwa rata-rata telur pertama ayam bangkok umumnya memiliki daya tetas rendah, lemas dan mudah terkena penyakit. Sebab karena cara perawatan dan proses perkawinan ayam bangkok ada yang kurang tepat. Maka dari itu secara kualitas banyak yang masih keliru.

Supaya telur pertama dapat menetas dan kualitasnya bagus, sobat bisa dengan menerapkan metode dari awal proses pemeliharaan hingga perkawinan ayam diperhatikan dengan baik. Karena pada dasarnya kualitas indukan yang bagus dapat mempengaruhi dari daya tetas dan bibitan anakan nantinya.

Tidak hanya itu saja proses penjodohan ayam betina dan jantan sebaiknya diantaranya ada yang sudah cukup umurnya. Misalkan betina dedara dikawinkan dengan ayam pejantan yang pernah ganti bulu/mabung. Kenapa kami sarankan demikian? Agar hasilnya bisa lebih baik dan bagus secara kualitasnya.

Jumlah Telur Ayam Bangkok Asli

Jumlah telur ayam bangkok asli

Ayam memiliki periode bertelur dan pengeraman yang berbeda-beda. Namun salah satu faktor utamaya yaitu pemeliharaan, pakan dan nutrisi tambahan untuk ayam dari menetas hingga dewasa. Sementara penyebab ayam majir atau mandul umumnya dikarenakan usia & perpindahan tempat yang baru dan belum bisa adaptasi dengan baik.

Sampai disini mungkin dari kita masih ada yang bingung kenapa ayam bangkok telurnya berbeda dengan ayam kampung? Latar belakang dari hal ini ialah karena perbedaan jenis dan cara perawatannya. Alhasil tidak sedikit yang mengeluhkan problem dalam budidaya ayam bangkok.

Contoh mudahnya cara memilih bibit indukan, merawatnya & pemasaran ayamnya. Penjualan merupakan proses akhir dari beternak, akan tetapi kalau tidak direncanakan sejak awal pastinya akan membuat diri kita minder dan merasa putus asa. Dengan adanya penjelasan ini maka sebaiknya sobat membuatkan rancangan yang matang sejak dini.

Berapa Lama Ayam Bangkok Bertelur

Kemudian berapa lama waktu yang dibutuhkan ayam bangkok untuk bertelur kembali? Biasanya ayam betina akan bertelur pada pagi sampai sore hari tergantung dengan kebiasaan ayam. Jeda setelah bertelur ini ada yang 2-3 hari sekali, bahkan ada pula yang setiap harinya bertelur.

Siklus ayam bangkok memang unik jika dibandingkan sama ayam jenis lainnya. Selain lebih sedikit jumlahnya sampai pengeraman. Cara budidayanya juga lebih kompleks, karena ada berbagai macam metode yang diaplikasikan oleh peternak.

Rata-rata Jumlah Telur Ayam Bangkok

Umumnya ayam bangkok akan menghasilkan jumlah telur dalam satu periodenya paling sedikit 7 dan terbanyak 15 butir. Apabila lebih dari yang kami sebutkan, biasanya ayam tersebut ada kendala misalkan tidak mau mengeram ataupun belum pernah mengerami telurnya.

Jadi setelah membaca penjelasan diatas kini sobat sudah semakin bertambah wawasan bukan. Sebelum itu jangan sampai salah faham, karena yang kami sampaikan berdasarkan fakta dilapangan. Andai kata tidak sama ya sangat bisa terjadi, tapi bukan semuanya seperti ayam sobat.

Rekomendasi pemberian pakan voer atau jagung untuk ayam bangkok betina dedara, babon kami dengan senang. Karena kedua pakan ini akan membantu percepatan proses ayam mencapai puncak untuk ayam lebih cepat bertelur. Akan tetapi juga tetap menyesuaikan sama kondisi ayam, lantaran kalau terlalu gemuk dan berlemak akan menyulitkan ayam mengeluarkan telurnya.

Warna Telur Ayam Bangkok Asli

warna telur ayam bangkok

Persoalan warna cangkang telur menjadi fenomena janggal bagi masyarakat umum. Mungkin tidak akan diperdepatkan oleh penghobi ayam, namun untuk mencegahnya berbagai pandangan yang asal-asalan. Maka dari tiada salahnya kami memberikan informasi lengkapnya kepada sobat semua.

Semua cangkang telur memang terbuat dari bahan yang sama yaitu senyawa mineral. Akan tetapi ada beberapa perbedaan yang seringkali memunculkan pertanyaan yang diulang-ulang. Nah menanggapi informasi ini maka kami akan membantu sobat untuk menemukan penjelasannya.

Warna coklat dari telur ayam asal muasalnya pigmen dan yang dinamakan dengan protoporphyrin IX. Bahkan sama dengan seperti grup haem pada hemoglobin dalam darah manusia. Sedangkan di dalam darah kita ini terdiri dari zat besi akhirnya warnanya merah.

Sementara protoporfirin telur ayam terendap pada lapisan diatasnya kalsium karbonat dan menghasilkan cangkang coklat dan putih pada bagian dalamnya. Adapun telur ayam berwarna biru difaktori oleh bilirubin dan meresap pada seluruh lapisan cangkang ayam.

Umumnya telur yang berwarna biru akan lebih banyak ditemukan pada peternak ayam dengan jenis birma, aracuana dan ameraucanas. Maka dari itu dapat disimpulkan faktor genetik induk dan jenis ayam memiliki pengaruh besar dengan keluarnya warna telur ayam.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan kepada sobat semua seputar jumlah telur ayam bangkok asl. Mudah-mudahan adanya pemaparan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply