3
199

√ Ayam Bangkok Jalak Super

Ayam bangkok jalak atau wido merupakan jenis ayam ditentukan oleh warna bulu dasar ataupun rawisnya. Salah satu cara mudah dalam membedakan ayam bisa dengan melihat ciri fisiknya baik genetik ataupun warna badan ayamnya.

Keberagaman ini membuat sudut pandang orang yang berbeda-beda, entah dari penyebutan di setiap daerah hingga cara bertarung. Di indonesia sebutan ayam bangkok masih kerap dinilai yang negatif karena sebagian besar masyarakat masih mengganggap memelihara ayam bangkok merupakan orang yang hobi adu bahkan judi.

Maka oleh dari itu seiring perkembangan zaman dan berbagai latar belakang penghobi ayam bangkok. Kini telah ada jenis ayam bangkok yang diternak atau dipelihara untuk kontes hias hingga peliharaan saja. Hal inilah yang terus membuka pemikiran negatif terkait penghobi ayam.

Dalam kesempatan yang baik ini kami akan membagikan informasi seputar ayam jalak dan klafisikasinya. Jadi jangan lewatkan pemaparan dibawah berikut agar sobat semua semakin paham dan bisa membedakan secara detailnya.

Ciri-Ciri Ayam Bangkok Jalak Super

karakteristik ayam jalak

Ayam jalak atau wido secara umum adalah warna utama ayam yang didasari hitam lalu dengan pelengkap bulu rawis yang beragam. Sebagaimana contohnya amat banyak seperti putih kecoklatan, hijau kekuningan, kuning keemasan dan hitam kehijauan.

Beberapa warna tersebut terkadang didaerah tertentu sangat populer dan menjadi pilihan utama. Bahkan setiap warna bulu ayam tak jarang dijadikan identitas yang patut diperhitungkan berdasarkan mitos dan kepercayaan masing-masing penghobi.

Selain itu penilaian katuranggan ayam juga masih cukup melekat bagi penghobi ayam laga untuk menentukan dari kualitas dan gaya bertarungnya. Sebelum beranjak ke penjelasan lainnya, ketahui dulu dari karakteristik ayam jalak sebagai berikut :

  • Memiliki bulu dasar hitam dan rawis beragam
  • Warna bulu rawis meliputi putih, hijau, batik & emas
  • Ciri khas ayam bangkok jalak berjengger kecil menguncup
  • Tulangan besar, padat & tinggi
  • Warna mata lebih bagus sesuai dengan ules bulunya
  • Umumnya ciri khas ayam jalak super warnanya tembus baik rawis, mata, kaki, paruh & jalu
  • Semakin langka dan unik warna bulu menjadi lebih mahal nilai jual belinya

Klasifikasi Warna Rawis Ayam Jalak

Jenis ayam jalak

Keberagaman warna rawis menjadikan tanda yang tidak bisa diganti-ganti dengan sembarangan. Hanya saja perbedaan bisa sangat terjadi bila berbeda daerah, maka dari itu sangat bagus sekali jika kita menambah wawasan untuk terus mengasah pengalaman diberagam wilayah di tanah air.

Perbedaan ini menjadi sebuah keindahan dan kelebihan dari setiap ayam. Tentunya semakin langka warnanya tidak menutup kemungkinan banyak penghobi yang sangat berminat dan berani membeli dengan harga yang fantastis. Dibawah berikut ini ada beberapa jenis warna jalak versi dunia binatang.

Ayam Jalak Putih/Salju

Ayam jalak salju

Salju memang identik dengan warna putih jadi penamaan yang pertama ini ayam jalak yang di dominasi wara putih baik dari bulu dasar hingga rawisnya. Berdasarkan penyebarannya sangat banyak dan mudah sekali untuk menciptakan warna yang tidak jauh berbeda.

Umumnya ciri khas dari unggas ternak ini memiliki warna rawis baik leher dan punggungnya agak kekuningan lalu pada bagian ekornya biasanya hitam namun ada putihnya juga. Maka dari itu tak heran kalau terkadang disebut juga ayam jalak kampung. Hal ini tak lepas karena bulunya cukup familiar bagi masyarakat jawa.

Ayam Jalak Hitam

Ayam Jalak Hitam

Lalu yang berikutnya ini disebut ayam wido hitam. Benar sekali dari karakteristik fisiknya saja sudah sobat ketahui lantaran perpaduan bulu rawisnya yang didominasi hitam kehijauan. Selain itu orang jawa menyebut warna hitam kehijauan ini dinamakan samber iler.

Memang samber iler diambil dari binatang yang memiliki ciri khas berupa hijau mengkilap. Namun di daerah lain bisa jadi dinamakan yang berbeda karena perbedaan bahasa dan kebudayaan. Ada juga jalak hitam dengan rawis kekuningan tapi masih banyak dengan rawis hitam dibandingkan yang kuning.

Ayam Jalak Emas

Ayam Wido Nanas

Dari sekian klafisikasi ayam bangkok jalak warna emas yang paling banyak diburu oleh peternak maupun penghobi. Salah satu penyebabnya yakni sangat sulit untuk mendapatkan presentasi warna yang serupa dengan pemaceknya. Makanya tak heran harganya sangat tinggi dibandingkan yang lain.

Keistimewaan jalak emas ini terletak warna rawis berupa kuning keemasan. Bahkan nama lainnya yaitu wido nanas, sebab mirip sekali dengan buah nanas. Ciri khas utamanya adalah rawis punggung kuning lalu diikuti bagian luar sayapnya orenge kemerahan.

Semakin mendekati ayam yang warnanya tembus. Disitulah harganya menjadi berlipat-lipat bagi siapa saja yang mau meminangnya. Hal ini sangat berlaku untuk ayam laga ataupun kontes hias. Sebab untuk mencetaknya sangat sulit dan mungkin saja menurun kepada cucu dan cicitnya.

Ayam Bangkok Jalak Batik

ayam jalak batik

Klafisikasi yang terakhir ini cukup membingungkan karena warnanya batik namun terdapat warna bulu yang berpola layaknya batik. Memang masih sangat jarang ditemukan diberbagai daerah. Selain itu warnanya juga tidak begitu populer.

Bagi sobat yang maniak dengan ayam jalak, mungkin bisa menjadi trobosan terbaru untuk mencetak warna yang lebih langka. Warna batik sendiri saat ini masih didominasi dengan ciri khas fisik bintik. Oleh maka dari itu cobalah membuat jenis warna ayam yang lebih menarik lagi untuk menambah daya tarik pembeli.

Keistimewaan Ayam Bangkok Jalak

Keistimewaan ayam jalak

Kelebihan dari ayam jalak masih banyak menyimpan misteri bagi masyarakat. Sebab tidak sedikit botoh ayam aduan yang meremehkannya. Tapi tak sedikit pula yang menyeganinya. Berdasarkan pengetahuan yang kami ketahui inilah keunggulan dari ayam jalak.

  • Memiliki mental yang cukup bagus dan tidak mudah untuk dikalahkan lawan
  • Mitosnya mempunyai keistimewaan tersembunyi dan sulit ditebak berdasarkan fisiknya
  • Terkadang fisiknya nampak seperti ayam kampung namun akurasi pukulan dan gaya tarungnya lebih unggul dari musuh
  • Stamina dan kekuatan fisik tidak mudah kalah dan menyerah meskipun terkena pukulan mematikan
  • Akurasi pukulan keras dan banyak juga yang dengan jalunya dan tepat sasaran pada bagian vital lawannya
  • Sering dianggap remeh dan mudah ditumbangkan, justru saat diarena membalikkan keadaan sama musuhnya
  • Mempunyai warna yang unik dan sulit disamakan

Harga Ayam Jalak

Semakin banyaknya jenis ayam jalak di indonesia hal tersebut menjadikan perbedaan harga yang cukup mencolok. Bagaimana tidak baik dari ayam kelas aduan hingga kontes hias mulai bedatangan. Seperti ayam mangon, pama, plucker, shamo dan ayam ratu.

Untuk ayam bangkok sendiri masih cukup relatih murah. Biasanya ayam bangkok anakan usia 1 bulan harganya dari 50-100k. Sedangkan ayam import mencapai harga 1-2 jutaan untuk anakan 0-1 bulan. Nah dari hal ini bisa sobat simpulkan bahwa kualitas dan jenis sangat berpengaruh terhadap nilai harganya.

Jadi kalau ayam jalak sobat ingin menjadi mahal upayakan dengan bibit dan bobotnya sangat berkualitas. Alhasil telur fertil ataupun DOC-nya banyak diminati oleh masyarakat dengan harga diatas rata-rata.

Sebab ayam bangkok jalak biasa kalau sudah dewasa estimasi harganya dari 200.000-1.000.000. Belum lagi kalau jelek dari kualitasnya apa tidak rugi waktu, tenaga dan biaya perawatan. Nah, semoga rangkuman harga ayam jalak diatas ini bisa menambah wawasan kita dalam dunia sektor ternak ayam.

Demikianlah rangakain informasi seputar ayam bangkok jalak dari dunia binatang. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply