8
36

โˆš Penyebab Heat Stress Pada Ayam

Heat stress pada ayam terjadi ketika ayam mengalami kesulitan untuk menjaga suhu tubuh mereka di bawah kondisi panas yang berlebihan. Ayam adalah hewan yang sangat sensitif terhadap suhu tinggi. Karena mereka tidak memiliki kelenjar keringat dan mereka menghilangkan kelebihan panas melalui pernapasan dan pantat mereka.

Kondisi panas yang berlebihan dapat disebabkan oleh suhu lingkungan yang tinggi, kelembaban yang tinggi, dan paparan sinar matahari langsung.

Ayam yang mengalami heat stress mungkin tampak lesu, penurunan produksi telur atau penurunan berat badan, penurunan kualitas telur dan bahkan kematian. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa ayam diberikan lingkungan yang cukup sejuk dan ventilasi yang baik untuk mencegah terjadinya heat stress.

Gejala Heat Stress Pada Ayam

Penyebab ayam heat stress

Tanda-tanda yang sangat mudah kita ketahui apabila ayam mengalami heat stress yakni dari aktivitas ayam. Jadi kecenderungan ayam lebih banyak diam dan berkurangnya nafsu makan, bahkan disertai ayam panting alias bernafas terengah-engah.

Inilah beberapa gambaran ejala yang dapat terlihat pada ayam yang mengalami heat stress antara lain:

  1. Nafsu makan menurun: Ayam yang mengalami heat stress mungkin tidak memiliki nafsu makan yang baik, yang dapat menyebabkan penurunan berat badan.
  2. Nafas cepat: Ayam yang mengalami heat stress mungkin mengalami kesulitan bernapas dan bernapas dengan cepat.
  3. Kepala dan sayap terkulai: ayam yang mengalami heat stress mungkin tampak lesu dan memiliki kepala & sayap yang terkulai.
  4. Kotoran cair: Ayam yang mengalami heat stress mungkin memiliki kotoran cair yang lebih sering daripada biasanya.
  5. Menjaga jarak dari satu sama lain: Ayam yang mengalami heat stress mungkin akan mencoba untuk menjaga jarak dari satu sama lain untuk menghindari kerumunan dan menjaga suhu tubuh mereka.
  6. Kematian: Jika tidak ditangani dengan baik, heat stress dapat menyebabkan kematian pada ayam.

Jika Anda melihat gejala-gejala tersebut pada ayam Anda, penting untuk segera mengambil tindakan untuk mendinginkan lingkungan ayam dan membantu ayam agar pulih dari heat stress.

Cara Mengatasi Heat Stress Ayam

Cara Mengatasi Heat Stress Pada Ayam

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi heat stress pada ayam antara lain:

  1. Berikan akses ke air bersih dan segar: Pastikan ayam memiliki akses yang mudah ke air bersih dan segar sepanjang waktu. Hal ini dapat membantu menjaga suhu tubuh ayam tetap stabil dan mencegah dehidrasi.
  2. Meningkatkan ventilasi di kandang ayam: Pastikan kandang ayam memiliki ventilasi yang baik untuk membantu sirkulasi udara yang baik dan mengurangi suhu di dalam kandang.
  3. Berikan tempat berteduh: Berikan tempat berteduh bagi ayam, seperti payung atau tempat yang teduh. Ini dapat membantu ayam merasa lebih nyaman dan mencegah paparan sinar matahari langsung.
  4. Kurangi kepadatan populasi: Kurangi kepadatan populasi ayam dalam kandang, karena ini akan memungkinkan udara mengalir lebih baik dan mengurangi panas yang dihasilkan oleh ayam.
  5. Berikan makanan dengan gizi yang baik: Berikan makanan dengan kualitas dan nutrisi yang baik untuk membantu menjaga kondisi tubuh ayam dan meningkatkan daya tahan terhadap heat stress.
  6. Mendinginkan lingkungan kandang: Gunakan metode mendinginkan lingkungan, seperti penyemprotan air pada dinding atau penggunaan kipas angin, untuk membantu menurunkan suhu di dalam kandang.
  7. Memberikan es batu: Memberikan es batu yang ditaruh di dalam tempat minum ayam dapat membantu menurunkan suhu tubuh ayam.

Jika Anda mengalami kesulitan mengatasi heat stress pada ayam, alangkah baiknya konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapatkan saran dan bantuan lebih lanjut.

Pencegahan Heat Stress Pada Ayam

Tips Mengantisipasi Heat Stress Ayam

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati, begitu juga dalam menjaga kelangsungan bisnis peternakan ayam pedaging maupun ayam hias. Bagaimana sikap yang seharusnya diambil seorang pelaku ternak supaya tidak sampai merugikan.

Nah dengan adanya tips antisipasi ini, setidaknya bisa memberikan edukasi supaya ayam tidak mengalami heat stress antara lain:

  1. Pastikan ventilasi yang baik di kandang ayam, sehingga udara bisa bergerak dengan lancar dan mengurangi panas di dalam kandang.
  2. Berikan akses ke air bersih dan segar sepanjang waktu. Pastikan jumlah tempat minum yang cukup untuk semua ayam dan jangan biarkan air menjadi kotor atau terkontaminasi.
  3. Berikan tempat berteduh, seperti payung atau tempat yang teduh di dalam kandang ayam.
  4. Pastikan kandang ayam terlindung dari sinar matahari langsung dan kelembaban yang tinggi.
  5. Atur waktu pemberian makan ayam pada saat yang tepat. Sebaiknya memberi makan ayam pada pagi dan sore hari ketika suhu cenderung lebih dingin.
  6. Kurangi kepadatan populasi ayam dalam kandang, sehingga suhu di dalam kandang bisa lebih terkontrol dan udara bisa bergerak lebih baik.
  7. Gunakan sistem pengairan yang dapat menyebar air ke seluruh area kandang ayam, sehingga suhu bisa lebih terkendali.
  8. Berikan pakan dengan nutrisi yang baik untuk mendukung kesehatan ayam dan membantu ayam lebih tahan terhadap suhu panas.

Dengan melakukan tips antisipasi ini, diharapkan ayam dapat terhindar dari heat stress dan tetap sehat serta produktif. Dikarenakan ranah memelihara hewan bernyawa pastinya ada resiko yang cukup besar.

Jadi buat sobat yang mau mengembangkannya lebih bagus jangan lupa terus, meskipun kadang penyakit ringan kalau tidak langsung ditangani bisa merugikan diri sobat sendiri. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply