184

√ 5+ Manfaat Bekicot Buat Ikan, Hewan & Manusia (siput)

Manfaat Bekicot tentu menjadi hewan yang seringkali kita jumpai keberadaannya. Memang hewan satu ini dapat ditemukan hampir di semua tempat. Bahkan banyak yang menyatakan jika bekicot hadir hampir di seluruh dunia.

Ternyata hewan moluska yang satu ini hadir bukan tanpa alasan lho. Jadi sebenarnya ada banyak manfaat bekicot di berbagai bidang.

Apa saja manfaat bekicot yang dapat kita rasakan? Nah sebelum membahas hal tersebut baiknya kita membahas dahulu seputar bekicot. Rasanya tak ada salahnya mengenal lebih dahulu seputar hewan yang satu ini sebelum beranjak lebih lanjut membahas mengenai bekicot. Jadi sudah siap megenal bekicot? Yuk simak seputar bekicot di sini.

Mengenal Bekicot

Manfaat bekicot

Bekicot atau yang memiliki nama latin Achatina fulica merupakan siput darat yang masuk dalam suku Achatinidae. Hewan yang satu ini sebenarnya berasal dari Afrika Timur.

Jalur perdagangan membuat hewan ini akhirnya mampu menyebar ke seluruh dunia. Hewan yang termasuk dalam fillum Mollusca ini rupanya memiliki beragam nama di Indonesia. Mulai dari siput, bekicot hingga keong.

Ada berbagai habitat dari hewan ini. Mulai dari sawah hingga kebun. Namun, berinteraksi dengan hewan ini juga harus hati-hati. Pasalnya bekicot juga memiliki potensi untuk membawa parasit.

Bahkan salah satu jenis bekicot yang memiliki habitat di sawah atau lebih dikenal sebagai tutut memiliki potensi membawa parasit cacing. Parasit ini berbahaya karena dapat menyebabkan radang otak.

Fakta Seputar Bekicot

Fakta Seputar Manfaat Bekicot

Tadi kita sudah sedikit mengenal tentang bekicot. Nah sekarang sebelum membahas terkait manfaat bekicot, kita akan membahas lebih dahulu fakta-fakta seputar bekicot.

Ada beberapa fakta menarik yang dapat ditemui dari bekicot. Apa saja fakta yang menyelimuti hewan satu ini? Berikut beberapa di antaranya.

1. Ada Jenis yang Melakukan Hibernasi

Ternyata bekicot menjadi salah satu hewan yang juga melakukan hibernasi. Peristiwa hibernasi pada bekicot ini terjadi pada beberapa jenis bekicot. Hibernasi yang terjadi ini juga tidak hanya terjadi di musim dingin,namun juga saat musim panas.

Pada saat musim dingin misalnya bekicot akan menggunakan lendir untuk melapisi tubuhnya. Tujuannya agar tubuhnya tidak terkena dampak dari musim dingin yang ‘kering’.

Hal yang sama juga akan dilakukan bekicot pada musim panas yang panjang. Hewan ini nantinya akan menyimpan lemak. Tujuannya menyimpan lemak adalah untuk membantu dirinya bertahan di musim panas yang panjang.

2. Lendir seribu Manfaat

Ada banyak yang menganggap hewan bekicot menjijikkan karena lendir yang dimilikinya. Namun, tahukah jika lendir ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk bekicot. Salah satu manfaat yang dimiliki oleh lendiri ini adalah untuk menjadi perlindungan diri.

Selain memiliki fungsi sebagai pelindung tubuh, rupanya lendir ini juga memiliki fungsi lain. Fungsi yang dimiliki lendir bekicot adalah sebagai pelumas. Hadirnya pelumas ini akan membantu bekicot untuk berjalan di berbagai permukaan tanpa terluka.

3. Termasuk Hewan Hermaphrodites

Bekicot termasuk hewan yang hermaphrodites jadi ia memiliki dua jenis kelamin di dalam tubuhnya. Namun, kehadiran dua jenis kelamin ini bukan berarti ia mampu bereproduksi sendiri ya. Bekicot tetap harus kawin denganbekicot lainnya untuk menghasilkan keturunan.

4. Memiliki Banyak Gigi

Saat ini mungkin banyak yang mengira bekicot merupakan hewan lembut dan lemah yang tidak memiliki gigi. Hanya saja siapa sangka jika hal ini ternyata salah.

Faktanya justru bekicot memiliki bayak gigi yang pasti membuat siapapun merinding mengetahuinya. Diperkirakan ada sekitar 14.000 gigi berukuran kecil yang dimiliki oleh bekicot untuk mengunyah makanannya.

5. Memiliki Banyak Jenis Makanan

Bekicot memiliki berbagai macam jenis makanan. Bahkan dapat dikatakan bekicot makan hampir semua bagian dari tanaman yang diserangnya. Mulai dari batang, bunga, buah hingga sisa tumbuhan yang telah mengering.

Tak heran jika kemudian banyak yang menganggap hewan yang satu ini sebagai hama. Pasalnya ia dinilai seringkali memakan banyak tanaman petani.

Berbagai Manfaat Bekicot

Berbagai Manfaat Bekicot

Tadi sudah banyak kita bahas tentang bekicot berikut fakta-fakta yang dimilikinya. Sekarang saatnya kita membahas terkait dengan manfaat bekicot. Ada beberapa manfaat bekicot yang harus diketahui. Untuk lebih lengkapnya baiknya simak di sini ya.

1. Pakan Ikan Lele

manfaat bekicot

Manfaat bekicot yang pertama hadir dari kegunaannya sebagai pakan alternatif untuk lele. Kehadiran bekicot dianggap sebagai solusi praktis serta ekonomis di tengah harga pakan yang semakin melonjak.

Tak heran jika kemudian bekicot dianggap sebagai alternatif pakan yang banyak disukai pembudidaya lele. Bukan hanya mudah di dapatkan, namun ia juga memilik harga yang relatif murah.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengolah lele sebagai pakan. Pertama adalah dengan memberi daging bekicot yang sudah dipotong tanpa diolah. Lalu kedua adalah mencampur bekicot dengan dedak, jagung giling serta ampas tahu. Ketiga adalah menggunakan campuran bekicot dengan tepung kedelai dan dedak halus.

2. Dapat Digunakan Sebagai Makanan

manfaat daging bekicot

Kripik bekicot atau sate bekicot tentu sudah banyak kita jumpai di sini. Memang olahan bekicot ini dianggap tidak hanya enak namun juga cukup murah.

Bahkan di luar negeri terdapat menu makanan Escargot yang berasal dari daging bekicot. Menu makanan yang satu ini tidak hanya banyak digemari namun juga seringkali ditawarkan dengan harga yang fantastis.

Kehadiran Escargot bahkan seringkali menandakan bahwa restoran tersebut memiliki menu makan yang enak-enak. Wah, ternyata tidak hanya masyarakat Indonesia saja yang menyukai olahan bekicot, ya? Pasalnya di luar negeri terdapat makanan olahan bekicot seperti Escargot yang cukup menjadi primadona.

3. Dipercaya Memiliki Khasiat Sebagai Obat

Dipercaya Memiliki Khasiat Sebagai Obat

Daging bekicot ternyata juga dianggap memiliki banyak khasiat untuk obat. Ada beragam penyakit yang diyakini dapat sembuh dengan menggunakan daging bekicot. Salah satunya adalah masalah pernafasan.

Bagi penderita asma, mengkonsumsi daging bekicot dianggap baik untuk membantu menyembuhkan asma yang berlangsung. Selain itu para penderita gangguan jantung juga dianggap cocok mengkonsumsi daging bekicot.

4. Dipercaya Memiliki Banyak Khasiat Untuk Kulit

manfaat bekicot

Manfaat bekicot ternyata tidak hanya dipercaya hadir sebagai obat saja. Bekicot juga dianggap memiliki banyak khasiat untuk kulit. Inilah yang kemudian membuat banyak orang tertarik untuk menggunakan bekicot sebagai penambah kecantikan kulit. Manfaat-manfaat yang hadir seperti melembabkan kulit, mengatasi jerawat, hingga menyamarkan bekas luka dapat ditemui dari bekicot.

5. Pakan Hewan Ternak

manfaat bekicot

Manfaat bekicot selanjutnya adalah dapat digunakan untuk pakan hewan ternak. Pakan yang dimaksud di sini dapat melalui berbagai macam cara. Mulai diberi secara mentah, matang hingga dibuat tepung. Campuran tepung bekicot sebagai pakan ternak ruminansia maupun unggas dianggap banyak memiliki manfaat.

Kehadiran bekicot ternyata dapat menambah kandungan protein pada pakan. Selain menambah kandungan protein pada pakan, bekicot juga dipercaya memiliki kandungan kalsium. Berbagai tambahan gizi inilah yang kemudian membuat bekicot hadir sebagai campuran pakan ternak.

Bekicot ternyata menjadi hewan yang tak hanya menyimpan fakta menarik namun juga beragam manfaat. Tentunya manfaat-manfaat bekicot ini dapat membuka pikiran dan pengetahuan baru ya. Jadi, meskipun banyak yang menganggapnya menjijikan namun ternyata bekicot juga memiliki banyak kegunaan lho.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply