150

√ 4+ Cara Budidaya dan Manfaat Cacing Tanah Untuk Ikan Lele

Manfaat cacing tanah- Cacing tanah tentu menjadi hewan yang banyak kita jumpai. Hewan yang satu merupakan bagian dari Filum Annelida. Cacing tanah sendiri sesuai namanya biasa hidup di tanah. Ia bertahan hidup dengan mengkonsumsi berbagai bahan organik.

Meskipun banyak yang jijik dengan hewan satu ini, namun ternyata memiliki segudang manfaat. Salah satu manfaat cacing tanah adalah sebagai pakan lele.

Ada banyak alasan kenapa cacing tanah dipilih untuk menjadi pakan lele. Bahkan cacing tanah dianggap menjadi pakan yang terbaik untuk lele. Sebenarnya apa saja kelebihan yan dimiliki cacing tanah?

Bagaimana tahapan untuk melakukan budidaya cacing tanah? Sebaiknya simak lebih lengkapnya di ulasan berikut ini.

Mendalami Kehidupan Cacing Tanah

manfaat cacing tanah

Sebelum mulai membahas alasan di balik pemilihan cacing tanah serta bagaimana tahap budidaya cacing tanah sebaiknya kita mulai dari mengenal cacing tanah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dari cacing tanah sebelum mulai menyelami kedua hal tersebut.

Jadi cacing tanah sendiri sebenarnya merupakan nama umum dari anggota terbesar Oligocheata.

Cacing tanah sendiri merupakan hewan hemaprodit yang berarti memiliki dua jenis kelamin. Biasanya cacing tanah dapat lebih banyak dijumpai di lingkungan yang ‘terganggu’.

Cacing tanah juga menjadi lebih aktif ketika ada air. Inilah salah satu yang menjadi penyebab kenapa saat hujan kita jadi lebih mudah menemukan cacing tanah. Untuk bernapas, cacing tanah mengandalkan kulitnya.

Kenapa Cacing Tanah Cocok Untuk Pakan Ikan Lele?

manfaat cacing tanah untuk ikan lele

Nah tadi sudah dibahas sedikit tentang cacing tanah. Sekarang saatnya kita membahas lebih lanjut terkait dengan manfaat cacing tanah sebagai pakan lele. Ada banyak alasan yang mendasari kenapa cacing tanah dimanfaatkan sebagai pakan lele.

Berbagai alasan tersebut pastinya akan membuat para pembudidaya lele tertarik untuk mencoba alternatif pakan yang satu ini. Berikut ini adalah beberapa alasannya.

1. Harga Terjangkau

harga cacing tanah terjangkau

Kelebihan pertama dari cacing untuk pakan lele adalah harganya yang terjangkau. Meningkatnya harga pakan membuat pembudidaya lele harus memutar otak mencari sumber makanan alternatif.

Salah satunya jalan keluar adalah dengan ditemukan manfaat cacing tanah sebagai pakan lele. Ini menjadi salah satu sumber makanan terjangkau yang dapat digunakan untuk pakan lele.

Tentunya penghematan harga pakan dengan menggunakan cacing tanah ini dapat membantu menekan biaya produksi. Hal ini juga akan turut membantu menjaga harga lele di pasaran.

Apalagi memiliki harga murah, ternyata cacing tanah juga memiliki banyak kelebihan. Berbagai kelebihan yang dapat diperoleh dengan harga murah inilah yang membuat cacing tanah menjadi primadona.

2. Mengandung Banyak Nutrisi

manfaat cacing tanah

Kelebihan lain yang dimiliki cacing tanah adalah nutrisi yang dimilikinya. Jangan salah, meskipun bertubuh kecil sebenarnya cacing tanah memiliki banyak protein. Kandungan protein pada cacing tanah dapat mencapai hingga 68%. Selain kandungan protein, cacing tanah juga memiliki beragam kandungan lainnya.

Kandungan lain yang hadir dari cacing tanah antara lain asam glutamat, lisin, treonin, hingga glycine. Berbagai kandungan pada cacing tanah, utamanya protein yang dimilikinya akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi pada ikan lele.

Jadi pembudidaya pun tak perlu khawatir jika kebutuhan nutrisi lele yang di budidayakannya tidak terpenuhi. Pasalnya ada cacing tanah yang membantu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada lele tersebut.

3. Dipercaya Mampu Membantu Melawan Penyakit Pada Lele

manfaat cacing tanah

Salah satu kelebihan lain manfaat cacing tanah untuk pakan lele adalah pada kemampuan yang dimiliki cacing tanah tersebut. Jadi cacing tanah dipercaya dapat membantu ikan untuk melawan parasit atau penaykit yang didalamnya.

Hal ini dibuktikan dari percobaan yang dilakukan guna melihat efek pemberian tepung cacing tanah pada lele. Pada percobaan itu diperlihatkan jika hasil yang diperoleh berbeda untuk tiap pemberian.

Salah satu dampak pemberian tepung cacing tanah adalah peningkatan leukosit, limfosit serta trombosit yang difungsikan sebagai zat antimikroba. Selain itu pemberian tepung cacing tanah dapat membantu menambah kekebalan ikan.

4. Mudah Dikembangkan

manfaat cacing tanah

Kelebihan keempat yang dimiliki cacing tanah adalah kemudahannya untuk dikembangkan. Budidaya cacing tanah memang dinilai cukup mudah. Hal ini yang kemudian membuat banyak orang tertarik untuk melakukan budidaya cacing tanah.

Tak hanya mudah dikembangkan, namun juga memiliki banyak keuntungan lainnya yang membuat ia menjadi alternatif pakan pilihan.

Tahapan Budidaya Cacing Tanah Untuk Pakan Ikan Lele

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan bagi pihak-pihak yang ingin membudidayakan cacing tanah. Beberapa tahapan itu pastinya akan membantu para calon pembudidaya cacing tanah untuk mulai melakukan usahanya. Berikut ini tahapan-tahapan budidaya cacing tanah yang harus diketahui.

1. Menyiapkan Bahan dan Alat

cara praktis ternak cacing tanah

Hal pertama dari rangkaian budidaya adalah menyiapkan alat dan bahan. Ada berbagai alat yang dapat digunakan untuk melakukan budidaya cacing tanah ini. Selain itu bahan-bahan yang dibutuhkan juga harus dipersiapkan guna menjadi media pengembangan cacing tanah tersebut nantinya.

Bahan serta alat yang diperlukan pun bermacam-macam. Mulai dari batang pisang, limbah, hingga genteng tanah liat. Semuanya dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dari budidaya cacing tanah yang berlangsung.

Berbagai media budidaya tersebut yang nantinya akan dibentuk menjadi media untuk tempat hidup cacing tanah.

2. Mulai Membuat Media Pengembangan

cara budidaya cacing tanah

Selanjutnya mulai dengan membuat sebuah media pengembangan. Jadi dari bahan serta alat tersebut buatlah sebuah media pengembangan. Campur bahan-bahan yang ada untuk kemudian masukkan ke dalam wadah yang telah disediakan.

Jangan lupa juga siapkan bahan yang nanti digunakan untuk sarang. Pembuatan bahan untuk sarang ini dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Bahan-bahan yang biasa digunakan sendiri antara lain kotoran hewan, batang pisang, limbah pasar, hingga limbah rumah tangga. Semua bahan tersebut nantinya akan diaduk untuk kemudian di aduk dengan menggunakan air.

Lalu jika proses ini selesai dilakukan tambahkan kotoran ternak. Perbandingan bahan yang sudah diaduk dengan kotoran ternak adalah 70:30. Jika sudah, tambahkan kembali air.

3. Memberikan Pakan

Tahapan Ternak Cacing tanah

Selanjutnya yang harus dilakukan adalah menebar bibit. Tebarkan bibit pada media yang telah disiapkan. Pastikan jika bibit tersebar merata ya. Setelah itu yang dapat dilakukan adalah mulai melakukan pemberian pakan.

Biasanya pemberian pakan dilakukan sekali dalam sehari semalam. Pakan yang diberikan harus sesuai dengan berat cacing saat pertama kali ditebarkan. Untuk pakan ini ada banyak alternatif yang dapat dipilih. Salah satunya adalah menggunakan kotoran hewan yang telah terkomposisi. Ini guna menghindari naiknya suhu di dalam media.

4. Melakukan Penggantian Media

cara ternak cacing tanah

Jangan lupa untuk rutin mengganti media pada cacing. Penggantian media ini dilakukan apabila di dalam media tersebut banyak terkandung telur atau kokon.

Ini bertujuan menjaga agar cacing terus konsisten berkembang biak. Jadi baiknya terjadi pemisahan antara induk, larva serta telur.

5.Masa Panen

Teknik budidaya cacing tanah

Tahap terakhir dari rangkaian tahapan budidaya cacing adalah masa panen. Pada masa ini sebaiknya untuk memanen gunakan bolham atau neon. Ini tujuannya untuk membuat cacing berkumpul di komponen lain.

Hal ini dikarenakan cacing yang peka terhadap cahaya. Jika sudah terkumpul, segera pisahkan antara cacing dengan media.

Itulah beberapa hal seputar cacing yang harus diketahui. Cacing tanah ternyata memiliki segudang manfaat serta kelebihan ketika digunakan sebagai pakan ikan lele.

Berbagai manfaat cacing tanah ini tentunya akan membantu para pembudidaya lele untuk mengatasi masalah naiknya harga pakan.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply