√ Contoh Kandang Ayam Birma Box dan Umbaran

Kandang ayam birma merupakan hal yang penting bagi siapa saja yang sekedar memelihara ataupun beternak, selain itu ukuran kandang juga menjadi faktor utama berhasil apa tidaknya. Maka dari itu kita sebagai pemilik memberikan yang terbaik kepada hewan peliharaan kita.

Lalu bagaimana kandang yang sesuai dengan umurnya? Tenang sobat karena kami akan menyajikan contoh kandang ayam yang tepat untuk ayam birma. Jika kita ingin beternak maka harus memilih indukan dengan kualitas super.

Apakah mudah mencari indukan yang bagus untuk di ternakkan? Sejatinya tidak susah jika kita mau telaten insyaallah akan mendapatkannya. Simak ulasan dibawah berikut ini ya sobat :

Pemilihan Indukan Berkualitas

cara memilih indukan ayam birma

Supaya mendapatkan sepasang indukan yang unggulan pertama-tama kita harus mengetahui silsilah keturunannya. Alangkah bagusnya lagi bila induk tersebut berasal dari kalangan juara.

Selain trah juara juga berasal dari keturunan yang belum di silangkan alias asli. Namun sekarang ini banyak ayam yang telah dipadukan sehingga melahirkan anak-anak ayam yang sesuai yang diharapkan sang pemilik.

Berikut ini ada beberapa ciri-ciri fisik dan non fisik indukan yang berkualitas antara lain :

Ciri-ciri Induk Pejantan Berkualitas

ciri-ciri pejantan ayam birma berkualitas

 

  • Bentuk kepala layaknya buah pinang
  • Tulang leher yang rapat
  • Sisik kaki kering
  • Jari-jari kaki halus dan panjang
  • Tulang kepala tebal dengan ciri khas alis menjorok keluar
  • Tulang sapit rapat dan keras
  • Paruh melengkung seperti paruhnya elang dan agak panjang
  • Bulu sayap rapat ke badan
  • Bentuk badan bulat seperti buah pinang
  • Tulangan badan tidak terlalu besar namun kokoh dan badan yang tegak

Ciri-ciri Induk Betina Berkualitas

ciri-ciri induk berma bagus

  • Bulu mengkilap dan tidak bogang
  • Bentuk kepala seperti ular bila diamati dari depan
  • Jika di pegang badan ayam mbotol
  • Mata menjorok ke dalam dan bersih
  • Sisik-sisik kaki kering dan jarinya panjang (merit)
  • Upayakan sejak kecil tidak mengalami sakit atau anak tembean
  • Paruh tidak terlalu tipis dan tebal
  • Postur tubuh tegak layaknya seperti elang

Contoh diatas merupakan cara memilih induk dan jantan yang berkualitas tinggi sehingga akan memudahkan kita ketika beternak dan memasarkan anakannya.

Kandang Ayam Brooding/box

kandang box doc ayam birma

kandang anakan ayam bangkok birma

Biasanya anak ayam usia 1 hari sampai 2-3 minggu bahkan 2 bulan untuk jenis ayam bangkok. Kandang yang bagus bisa dibuatkan dengan brooding atau kotak boks. Walau brooder house biasanya untuk bibit ayam broiler namun juga bisa di manfaatkan jenis ayam birma pula.

Akan tetapi lebih tepat jika mengaplikasikan dengan sistem kandang kotak box sehingga pergerakan ayam tidak terlalu luas alhasil pertumbuhan bisa maksimal. Namun dalam kandang boks ini memerlukan alat pemanas sebagai pengganti penghangat dari induknya.

Baca Juga : Ciri-ciri Ayam Birma Ori/Asli

Kita bisa menggunakan lampu bholam dengan daya 5 watt saja atau 10 watt. Suhu yang ideal ialah sekitar 33-35 C, tetapi ketika umurnya semakin bertambah maka suhu ruangan semakin di kurangi pula.

Bahan-bahan untuk membuat kandang DOC ini bisa memakai blabak, triplek, atau kawat ram. Dengan mengaplikasikan ini insyaallah pertumbuhan dan berat badan bisa maksimal jika dibarengi dengan pakan yang bagus pula.

Kandang Box Ayam Jago Birma

kandang box ayam jago

kandang box ayam bangkok dan birma

Kandang boks ini bisa mulai digunakan dari anakan ayam yang usianya 3 bulan sampai dewasa. Dengan harap dapat tumbuh maksimal tanpa gangguan dari ayam lainnya.

Idealnya ukuran kandang boks ini ialah 70 cm x 70 cm atau 75 cm x 75 cm. Kandang dibuat khusus untuk satu ayam saja per tiap kandangnya. Selain memudahkan kita membersihkan kotoran ayam juga bisa memantau pertumbuhan ayam tersebut.

Dalam pembuatan kandang boks ini bisa menggunakan bahan-bahan seperti bambu, kayu reng, dan kawat ram. Bahan-bahan ini sama-sama bagusnya jadi tidak usah khawatir dengan kualitasnya.

Manfaat menggunakan kandang boks ini ialah menjadikan rapi ruang kandang, bisa di pindah-pindah, awet bisa 2-3 tahun, dan memudahkan ketika membersihkan kandang.

Kandang Umbaran Indukan Ayam Birma

kandang umbaran ayam birma

kandang umbaran ayam birma

Khusus ayam birma yang sudah 6 bulan lebih maka saatnya masuk rawatan di kandang umbaran tersendiri, hal semacam ini guna menghindari ayam tidak bantat.

Dengan ini akan menjadikan bulu-bulu ayam mengkilap dan posture tubuh yang kuat dan gagah. Alhasil sangat prospek untuk bertarung, selain itu juga dibarengi dengan pakan yang berkualitas pula.

Kalian bisa membuatnya sendiri di rumah kandang umbaran yang seperti diatas, sebab pembuatan kandang ini termasuk kategori mudah. Yang paling penting ialah mempersiapkan bahan bakunya. Sesuaikan saja dengan selera diri kalian masing-masing.

Manfaat Sistem Kandang Ini

Diatas tadi kita sudah mengulas cara pembuatan kandang dan bahan bakunya, yang mana sudah di kelompokkan berdasarkan usia ayam masing-masing. Jadi tinggal membuatnya dirumah ya sobat duniabinatang.net.

Manfaat yang kita dapat dari penggunaan kandang ini ialah? Memudahkan pengelompokkan ayam, memudahkan membersihkan kotoran, penempatan kandang menjadi rapi dan bersih, ayam dapat tumbuh maksimal, kandang bisa digunakan 2-3 tahun.

Demikianlah rangkaian dari kandang ayam birma yang dapat kami sampaikan, semoga dengan adanya ini membantu dan menjawab pertanyaan-pertanyaan selama ini. Sekian dari kami dan terimakasih.

Leave a Reply