401

√ 10+ Penyebab, Gejala & Cara Mengobati Radang Sendi

Radang sendi atau arthritis adalah kondisi peradangan yang terjadi pada persendian baik satu sendi atau beberapa sendi. Penyakit ini sangat mengganggu bisa menghambat aktivitas penderitanya, karena persendiannya menjadi kaku.

Untuk itu sangat penting mengetahui cara mengobati radang sendi agar bisa mengatasi bila mengalaminya. Namun sebelum cara mengobatinya ketahui dulu penyebab dan gejala radang sendi berikut.

Penyebab Radang Sendi

Penyebab Radang Sendi

Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan radang sendi mulai dari keadaan fisiologis, usia atau pun penyakit tertentu. Peradangan/RS paling sering terjadi adalah osteoarthritis yaitu peradangan sendi pada lutut.

Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan arthritis atau radang sendi:

  • Keadaan obesitas atau berat badan yang sangat berlebih akan menyebabkan terjadinya peradangan sendi pada lutut. Hal itu karena berat badan yang terlalu berlebih akan membuat beban pada sendi lutut yang berlebih juga sehingga akan menipis juga meradang.
  • Kurang olah raga. Pada kondisi kurang olah raga akan menyebabkan sendi menjadi kaku, dan kurang pelumas. Hal itu karena sendi tidak terlatih akibat tidak pernah diajak berolah raga.
  • Cidera sendi. Kejadian cidera sendi biasanya terjadi pada atlet, akibat terlalu banyak latihan olah raga atau tanpa pemanasan. Cidera sendi yang tidak segera diatasi akan menyebabkan peradangan sendi.
  • Faktor usia. Usia memang tidak bisa dihindari menjadi salah satu penyebab peradangan sendi.
  • Hal ini karena pelumas sendi akan semakin menipis seiring pertambahan usia yang terjadi sehingga gesekan akan semakin terasa.
  • Infeksi sendi. Keadaan infeksi itu sendiri juga merupakan peradangan, sehingga infeksi sendi pasti mengakibatkan radang sendi. Oleh arena itu saat terjadi infeksi harus segera diatasi agar tidak berlanjut ke radang sendi.

Nah itulah beberapa penyebab radang sendi yang bisa menyebabkan kondisi tidak nyaman pada penderitanya.

Setelah mengetahui penyebabnya sebaiknya mulai menghindarinya dari sekarang agar tidak sampai mengalami radang sendi yang sangat menyakitkan.

Sebenarnya bagaimana gejala radang sendi yang dari tadi dikatakan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman?

Gejala Radang Sendi

Gejala Radang Sendi

Radang sendi memang bukan penyakit spesifik, karena ada banyak faktor dan penyakit lain yang bisa menimbulkan radang sendi.

Namun memang keadaan sakit peradangan ini sangat tidak nyaman, saat mengalaminya akan menimbulkan gejala tertentu. Berikut ini gejala radang sendi yang umumnya terjadi pada penderitanya:

  • Nyeri dan kaku pada sendi. Nyeri dan kaku pada sendi adalah salah satu gejala yang paling sering terjadi dan bisa dijadikan penanda radang sendi. Gejala ini terjadi akibat penipisan pelumas pada sendi sehingga saat sendi digerakkan akan terasa kaku.
  • Gerakan sendi jadi terbatas. Akibat dari gejala pertama nyeri dan kaku pada sendi di atas akan menyebabkan gerakan sendi jadi terbatas. Gejala tersebut juga akan terlihat pada penderita radang sendi.
  • Kulit pada sendi merah dan panas. Seperti gejala peradangan pada umumnya yaitu warna merah dan panas. Pada penderita radang sendi akan timbul warna merah dan rasa panas pada sekitar sendi.
  • Bengkak. Sama seperti gejala sebelumnya, bengkak juga merupakan gejala khas peradangan, tidak terkecuali peradangan sendi. Jika sendi mengalami peradangan maka akan menimbulkan gejala bengkak pada sendi penderita.
  • Otot di sekitar sendi mengecil dan kekuatan menurun. Akibat yang paling parah karena peradangan sendi yang tidak segera teratasi adalah kelemahan, Otot di sekitar sendi akan mengecil dan kekuatannya akan menurun.

Itulah gejala-gejala radang sendi yang sering timbul pada penderitanya dan sangat mengganggu karena menimbulkan rasa tidak nyaman. Bagi yang mengalami gejala-gejala di atas sebaiknya segera pergi ke ahlinya dan mencari tahu cara mengobati radang sendi yang benar. Dengan begitu gejala yang mengganggu akan segera teratasi bahkan peradangan akan segera sembuh.

Pengobatan Untuk Radang Sendi

Pengobatan Untuk Radang Sendi

Ada banyak sekali alternatif pilihan pengobatan RS yang ada saat ini, mulai dari medis dan non medis. Bisa memilih salah satu cara mengobati radang sendi yang paling cocok untuk mengatasi penyakit radang sendi.

Berikut ini adalah beberapa cara mengobati radang sendi yang menjadi alternative pilihan bagi penderita:

1. Menggunakan Obat Medis

Menggunakan Obat Medis

Cara mengobati radang sendi bisa dengan menggunakan obat medis, artinya penderita bisa pergi ke dokter untuk mengetahui obat untuk radang sendinya.

Obat yang biasa diberikan adalah obat anti inflamasi untuk peradangan dan anti nyeri untuk mengurangi rasa sakitnya.

2. Melakukan Akupuntur

Melakukan Akupuntur

Akupuntur bisa menjadi salah satu alternatif mengobati radang sendi yang bisa dilakukan. Dengan pergi ke dokter ahli akupuntur maka penderita akan menjalani proses terapi akupuntur agar radang sendinya mereda.

3. Mengoleskan Gel Lidah Buaya

Mengoleskan Gel Lidah Buaya

Lidah buaya bukan lagi tumbuhan yang asing di telinga, tumbuhan ini memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk mengobati penyakit.

Kandungan anti inflamasinya akan menjadi cara mengobati RS, dengan cara mengoleskan gelnya pada sendi yang nyeri.

4. Mengoleskan Kayu Putih

Mengoleskan Kayu Putih

Seperti lidah buaya minyak kayu putih bisa digunakan untuk meredakan rasa nyeri dan bengkak pada peradanagan sendi.

Mengoleskan minyak kayu putih menjadi salah satu cara mengobati radang sendi pada penderita karena mengandung tannin.

5. Membuat Ramuan Jahe

Membuat Ramuan Jahe

Jahe merupakan salah satu nama bumbu dapur yang banyak didapati dan mudah ditemukan di dapur. Menggunakan jahe untuk membuat ramuan akan membantu mengobati peradangan/RS.

Kandungan senyawanya yang memiliki sifat panas dan anti-inflamasi dapat meredakan nyeri pada bagian sendi yang radang.

6. Konsumsi Daging Ayam Cemani

Konsumsi Daging Ayam Cemani

Salah satu manfaat daging ayam cemani yang diketahui adalah untuk mengobati radang sendi. Kandungan selenium dan mineralnya akan membantu meredakan peradangan yang terjadi pada sendi.

Mengkonsumsi daging ayam ini memang menjadi satu cara mengobati RS/peradangan yang menyakitkan.

7. Minum Teh Hijau

Minum Teh Hijau

Teh hijau adalah minuman yang sudah populer di dunia dan diyakini memiliki banyak sekali manfaat terutama mengatasi peradangan.

Tidak menutup kemungkinan teh hijau juga bisa menjadi salah satu cara mengobati radang sendi dengan zat aktif yang dimilikinya.

8. Konsumsi Ramuan Bubuk Kunyit

Konsumsi Ramuan Bubuk Kunyit

Kunyit atau curcuma memang dikenal sebagai anti inflamasi yang bisa dikonsumsi atau pun dijadikan obat luar saja. Ada studi yang menyatakan jika konsumsi ramuan kunyit akan memperlambat perkembangan nyeri pada sendi-sendi yang terkena peradangan.

9. Berendam Dengan Air Garam

Berendam Dengan Air Garam

Garam sangat mudah didapatkan bahkan di seluruh rumah pun mungkin memiliki simpanan garam. Untuk mengatasi radang sendi, bisa dengan membuat larutan air garam dengan air hangat kemudian gunakan untuk merendam bagian tubuh yang mengalami peradangan.

10. Konsumsi Sayur Hijau Sumber Vitamin K

Konsumsi Sayur Hijau Sumber Vitamin K

Rendahnya konsumsi vitamin K menjadi salah satu faktor penyebab munculnya radang pada sendi. Untuk itu konsumsi sayuran hijau sumber vitamin K akan membantu mengatasi peradangan yang terjadi pada sendi. Vitamin K banyak terdapat pada sayuran seperti brokoli, bayam, zaitun, dan sayuran hijau lainnya.

Demikian cara mengobati radang sendi yang bisa menjadi referensi bagi penderita peradangan untuk mengatasi masalah sendinya. Sebenarnya mencegah akan lebih baik dari pada mengobati radang sendi.

Oleh sebab itu lakukan langkah pencegahan dengan menghindari penyebab yang sudah dibahas di atas agar terhindar dari radang sendi.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply