√ Mengenal Lebih Fakta & Mitos Burung Hantu

Burung Hantu atau dares dalam bahasa jawa ia merupakan kelompok burung dari Ordo Strigiformes. Selain itu manuk wuk termasuk golongan burung karnivora yakni makanannya daging dan beraktivitas ketika malam hari.

Hewan yang melakukan aktivitas ketika malam hari atau menjelang pagi disebut hewan nokturnal. Uniknya lagi burung ini setidaknya sudah ada 222 spesies yang diketahui dan menyebar seluruh dunia, kecuali pulau-pulau kecil yang terpencil, Greenland dan Antartika.

Di negara kita ini beberapa daerah menyebutnya dengan nama yang berbeda beda contohnya di jawa mereka menyebutnya sebagai manuk dares yang tidak ada konotasi dengan kematian. Di Sulawesi Utara burung ini juga dikenal dengan nama Manguni.

Aktivitas Burung Hantu

aktivitas burung hantu

https://klikhijau.com/

Secara umumnya jenis burung ini melakukan aktivitas pada malam hari. Walau sebagian juga melakukan berburu ketika menjelang pagi atau waktu subuh, ada pula yang berburu sore dan siang.

Hewan ini memiliki paruh yang tajam dan kuat sehingga sangat mungkin memangsa hama seperti tikus, kodok dan serangga lainnya. Kelengkapan mata yang menghadap ke depan juga membantu untuk mengukur jarak yang tepat.

Biasanya burung ini membuat sarang utama di pepohonan baik pelepah dan daun bangsa palem. Ketika reproduksi si Owl bisa bertelur antara 1-4 butih, rata-rata telurnya berwarna putih dan putih bercak.

Ciri-ciri Burung Hantu

ciri khusus burung hantu

https://burungnya.com/

  1. Mata Tubular
  2. Memiliki kemampuan memutar leher 180 derajat ke belakang.
  3. Paruh berbentuk bengkok dan tajam layaknya paruh Elang.
  4. Kebanyakan ciri-ciri tubuh sama yakni mata besar dan menghadap ke depan
  5. Susunan bulu yang di kepala membentuk lingkaran wajah
  6. Rata-rata corak bulu burung hantu burik, yaitu abu-abu, coklat kecoklatan disertai bercak hitam dan putih. Namun ada spesies tertentu yang memiliki warna bulu putih polos.
  7. Mempunyai Pendengaran yang tajam
  8. Rentang sayap bisa mencapai 3 kali panjang tubuhnya
  9. Bisa berkamuflase

Itulah beberapa ciri-ciri dari burung hantu yang bisa menambah wawasan sobat semua duniabinatang.net

Fakta Burung Hantu

Fakta burung hantu

https://www.99.co/

Ternyata banyak fakta menarik dari burung nokturnal ini yang mesti sobat ketahui, berikut daftarnya :

  • Mampu mendengarkan suara dari berbagai frekuensi
  • Rabun dekat
  • Hewan yang setia
  • Betina memiliki badan lebih besar
  • Sebagai simbol berbagai bangsa
  • Memiliki 3 kelopak mata
  • Burung yang penyendiri
  • Tidak semua spesies berburu pada malam hari
  • Bulu yang menyerap banyak air

Fakta yang kami ketahui bahwa burung hantu mempunyai kelopak mata 3 yang mana setiap kelopaknya berfungsi yang berbeda-beda. Fungsi kelopak pertama yakni guna berkedip sedangkan yang kedua untuk tidur, yang terakhir berguna menjaga mata supaya tetap bersih dari debu dan sehat.

Selain itu hewan buas ini juga setia pada pasangannya karena seumur hidupnya hanya kawin sekali saja. Bahkan memiliki pendengaran yang super sebab bisa menyalurkan suara 10 kali lipas ke telinganya sendiri. Kemampuan ini menjadikan burung yang dapat mendengarkan beragam frekuensi suara salah satunya yang tak bis di dengar oleh manusia.

Mitos Burung Hantu

Mitos Burung Hantu

Terkait mitos yang beredar di masyarakat kita, tak ada salah-nya untuk mengulasnya supaya warga negara +62 mengetahui hal yang benar dan hoax saja.

  • Menurut penduduk Indonesia terkhusus Jawa, bahwa burung ini kerap dianggap sebagai simbol kematian. Burung ini dianggap sebagai pemanggil roh. Jika ada burung hantu di sekitar rumah tertentu maka mitos-nya beberapa hari kemudian ada salah satu orang meninggal dalam rumah tersebut. Pendapat sobat bagaimana?
  • Di negara Jepang yakni orang ainu sebagai pribumi yang menetap di pulau Hokaidou, yang notabene sebagian besar Kuril dan sakhalin. Burung hantu jenis Tyto Alba/Serak Jawa dipercaya pembawa pesan para dewa dan leluhur. Sehingga penduduk setempat menempatkan patung/ukiran burung hantu di rumahnya guna menangkal wabah penyakit dan kelaparan.
  • Burung Hantu sebagai pertanda ibu hamil di negara prancis, mitos pada penduduknya jika ibu hamil mendengar suaranya menjadi pertanda calon buah hati itu berkelamin perempuan. Meski demikian, tidak sedikit pula masyarakat yang tidak percaya karena calon bayi lahir itu urusan Tuhan.
  • Orang Irlandia cukup unik dengan mitos hewan karnivora ini, apabila burung hantu masuk ke dalam rumah, maka akan membawa seluruh keberuntungan dari dalam rumah. Sehingga penduduk yang percaya akan segara menangkap dan membunuhnya.
  • Berbeda dengan hal menyeramkan, diketahui bahwa burung hantu dipercaya sebagai simbol kebijaksanaan. Hal ini didasarkan kekuasaan dari burung malam di wilayah tertentu. Bahkan orang Inggris menganggap burung ini akan membawakan keberuntungan.

Makanan Burung Hantu

makanan burung hantu

https://www.pinterest.es/pin/773915517190552686/

Walaupun memiliki nama yang berkaitan dengan hal mistis, tetapi burung ini sangat ekstotis dan harga jual-nya cukup tinggi. Maka dari itu sebagai warga negara yang baik sudah menjadi kewajiban untuk melestarikan, supaya populasi bisa bertambah bukan berkurang.

Karena banyaknya spesies yang tersebar ke seluruh dunia, makanan yang dikonsumsi juga berbeda pula. Berikut makanan berdasarkan jenis-jenisnya :

  • Mungkin burung hantu salju sangat jarang kita temui di lingkungan sekitar, sebab perbedaan cuaca sebagai faktor utama.

Jika adapun tidak akan bisa bertahan lama karena sudah terbiasa di iklim yang dingin. Sedikitnya jenis makanan dari burung ini ialah anakan tikus dan ikan.

  • Celepuk Reban ialah salah satu burung dares yang mudah ditemukan di Indonesia. Habitat asli-nya wilayah Jawa, Bali, Sumatra dan Kalimantan.

Tubuhnya lebih kecil dibandingkan spesies lainnya, nama latin-nya Otus lempeji dan makanan favorit tikus yang masih kecil.

  • Burung Hantu Tyto Alba makanan menu alaminya ialah mamalia kecil tikus biasa dan tikus kayu. Kegemarannya makan yang utuh dibandingkan potongan dari hewan besar.

Alangkah baiknya tidak memberi makan tikus liar sebab 70% mereka membawa leptospirosis yang lebih dikenal dengan penyakit Well. Karena termasuk sumber penyakit berbahaya, bahkan bisa menularkan kepada manusia.

Demikian rangkaian informasi tentang Fakta & Mitos Burung Hantu yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply