6
62

โˆš Cara Memilih Voer untuk Burung Peliharaan

Memilih makanan yang berkualitas untuk burung peliharaan merupakan hal penting untuk di perhatikan sebelum memberikannya ke burung peliharaan.

Dengan memberikan makanan yang berkualitas dan bagus tentunya akan membuat burung menjadi sehat, aktif dan menjadi rajin berkicau terutama untuk jenis burung kicauan.

Ketika di alam liar, burung terbiasa mengkonsumsi makanan yang biasa mereka konsumsi yang di temukan di alam liar tersebut, seperti makanan dari serangga, pakan dari biji-bijian, burung pamakan buah-buahan dan jenis burung lainnya.

Ketika di perlihara di dalam sangkar, untuk beberapa jenis burung memang lebih di sarankan untuk mau mengkonsumsi pakan buatan Voer, karena ketika stok makanan sedang tidak tersedia, seperti stok pakan jangkrik atau pakan lainnya tidak ada, maka voer bisa di berikan setiap harinya.

Cara Memilih Voer untuk Burung Peliharaan

Memilih voer untuk burung peliharaan

Pakan buatan seperti voer memang di anjurkan untuk beberapa jenis burung peliharaan, seperti yang di kutip dari Kicaumania.net , dimana biasanya kandaungan dari voer memiliki kandungan gizi yang bervariatif sesuai kebutuhan yang di butuhkan oleh burung peliharaan.

Namun, meskipun pada umumnya voer memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap, maka dalam memilihnya harus teliti lagi. Karena ada beberapa jenis voer yang tidak di rekomendasikan untuk di berikan pada burung peliharaan.

Ciri-ciri Voer yang Sudah Rusak :

  • Voer yang sering di simpan dalam keadaan lembab biasanya voer akan lengket dan lama-kelamaan akan berjamur dan tidak layak untuk di berikan pada burung peliharaan
  • Tekstur voer sudah lembek dan lunak dan berpotensi sudah tercemar jamur dan bakteri
  • Warna voer sudah berubah, lebih gelap dari warna sebelumnya
  • Voer sudah berubah warnanya menjadi hijau dan berjamur
  • Voer kotor, entah itu karena sudah tercemar dengan debu dan tercemar oleh lainnya
  • Wanginya bau menyengat

Setiap burung memang tidak bisa di berikan makanan dari voer, namun sebagian besar dari burung peliharaan bisa di ajarkan untuk mau makan voer, seperti murai batu, burung kacer, burung kenari, burung pleci, Cucak IJo, Burung Jalak, Burung Anis dan burung lainnya.

  1. Merk Voer

Banyak voer yang ada di pasar burung yang di jual dengan beragam jenis dan Merk. Untuk memberikan pada burung, jangan gunta-ganti merk voer dengan merk lainnya. Jika burung sudah merasa cocok dengan satu merk , maka pilih merk itu untuk terus di berikan pada burung peliharaan anda.

  1. Perhatikan Kemasan Voer

Untuk melihat dari kemasan, perhatikan sekeliling dari kemasan voer tersebut dan pastikan tidak ada kemasan yang rusak. Karena ketika ada kemasan yang rusak, misalkan ada yang bolong, maka voer tersebut berkemungkinan sudah tercemar dan mudah basi.

Selain itu pastikan kadaluarsa masih lama, untuk memastikan voer tersebut masih layak di konsumsi oleh burung.

Kandungan pada voer sebaiknya lengkap, dan biasanya kandungan protein pada voer cukup tinggi, dan perhatikan juga kandungan gizi lainnya seperti karbohidrat, asam amino, lemak dan lainnya agar bisa memenuhi kebutuhan gizi burung ketika di berikan.

Cara Memberikan Voer untuk Burung

Cara memberikan voer burung kicau

Voer merupakan makanan yang cepat basi jika di simpan di tempat yang lembab. Untuk itu untuk memperhatikan dalam penyimpanan voer pada cepuk pakan burung sehingga tidak mudah basi.

  • Untuk penyimpanan cepuk voer dengan cepuk air minum burung di jauhkan posisinya, agar voer tidak terkena cipratan air minum burung.
  • Jangan menyimpan voer dengan mencampurnya dengan buah-buahan. Sebab jika sudah tercampur dengan buah, hanya itungan beberapa jam, voer sudah akan basi
  • Pemberian voer di sesuaikan dengan pakan lainnya, jika burung sudah mengkonsumsi makanan yang mengandung protein yang lumayan tinggi. Maka tinggal di sesuaikan jumlah voer dan pakan tinggi protein tersebut agar tidak kelebihan asupan protein yang tinggi

Itulah Tips memilih voer untuk burung peliharaan yang bisa kami bagikan untuk rekan-rekan percinta burung peliharaan agar burung memiliki asupan pakan yang berkualitas.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply