7
1707

√ Entok Dragon Ciri-Ciri & Perbedaannya

Entok dragon ialah salah satu jenis entog yang sedang naik daun karena keunikan dan keunggulannya dengan menthok lainnnya. Beradasarkan informasi yang kami ketahui ada dua sudut pandangan mengenai sejarah entok satu ini.

Secara fisik entog dragon tidak jauh berbeda dengan entok lokal, maka dari itu tidak heran jika masih banyak masyarakat yang keliru dari penyebutannya. Agar hal tersebut tidak berlarut-larut atau istilahnya maklumat yang fatal.

Dengan ini kami selaku admin dari dunia binatang ingin membagikan informasi yang lebih detail. Seperti dari asal usul, ciri fisik, maupun perbedaannya. Untuk itu jangan skip artikel ini agar tau kalau entog ini memang berbeda dengan jenis lainnya.

Contents

Entok Dragon Adalah

entok dragon adalah

Entog merupakan unggas yang termasuk dalam keluarga bebek yang mana masih dalam kategori jenis burung. Istilah lain dari hewan ini yaitu itik serati atau itik manila.

Sementara sejarah dari entok dragon yaitu merupakan hasil dari persilangan antara entok rambon dengan lokal. Akan tetapi ada juga yang menegaskan bahwa menthok dragon bukan dari perkawinan silang. Akan tetapi hasil dari gen asli.

Dengan demikian silahkan sobat percaya dengan yang mana. Tapi yang pasti jenis entok di tanah air saat ini sudah banyak dan mempunyai keunikan masing-masing. Bahkan bisa dijadikan sumber pendapatan bagi yang mau usaha skala rumahan.

Ciri-Ciri Entok Dragon

Karakteristik Entok Dragon

Apakah karakteristik pada entog dragon sama dengan entok pada umumnya? Pasti sobat sedang mencari referensi penjelasannya bukan. Daripada semakin penasaran, yuk simak infonya dibawah berikut.

  • Memiliki ciri khas warna bulu dominan hitam
  • Kaki Paruh berwarna hitam
  • Aksen bulu samber iler atau kehijauan
  • Bobotnya lebih besar daripada entok lokal
  • Bulu batik dibawah paruh atau sekitar leher depan entok
  • Sifat bulu seperti sisik ular dan coraknya lebih pekat
  • Cangkang telur terlihat lebih pekat daripada entok lokal yang putih terang

Secara garis beras ciri khas yang dimiliki oleh entog satu ini yakni bulu berwarna hitam yang mendominasi sekujur tubuhnya, mulai dari kaki, paruh dan bulunya. Tetapi, tak semua entog dragon bercorak hitam total.

Perbedaan Entok Dragong Dengan Entok Lokal

Cara mudah untuk pemula dalam membedakan entok lokal dengan jenis dragon yaitu secara visual. Namun tidak cukup dengan cara tersebut, karena pada dasarnya kedua entok ini memang berbeda.

Langkah pertama bisa dibandingkan dari warna, selain hal tersebut ada ciri-ciri khusus yang dapat kita pelajari bersama. Bahkan dari aspek pertumbuhan dan bobotnya entok lokal cenderung lebih pendek serta kecil.

Perbedaan paling mencolok antara keduanya yaitu di bagian dada depan entog dragon terdapat warna bulu seperti batik atau corak merah orange. Bahkan bulu mentok dragon hitam kemilau.

Β Kelebihan Entok Dragon

Kelebihan entok dragon

Keunggulan yang dimiliki oleh entog dragon sangatlah banyak, maka dari itu tidak ada salahnya buat sobat binatang untuk mengembangkannya. Apalagi bisa menetaskan anakan yang hitam dapat menjadi aset maupun dijual dengan harga yang fantastis.

Beberapa kelebihan yang mungkin banyak belum diketahui oleh masyarakat indonesia yakni :

  • Pertumbuhan lebih cepat besar
  • Sebagai bahan persilangan entok pedaging & hias
  • Harga jual tinggi dan sangat banyak peminatnya
  • Warna solid tidak mudah dicetak
  • Perawatan mudah dan tidak mudah sakit

Harga Entok Dragon

Daftar harga entok dragon

Dulu stigma masyarakat memelihara entok selalu dengan kotor, bau dan mencemari lingkungan. Namun siapa sangka, bahwa keberadaan entok bisa menjadi pundi-pundi rupiah yang nilainya hingga jutaan.

Walaupun masa pemeliharaan entok dari DOE hingga dewasa tidaklah instan namun tidak dipungkiri bahwa sangat menggiuarkan harga jualnya. Berikut ini merupakan referensi harga entok dragon versi dunia binatang.

Jadi untuk harga telur tetas dari entok dragon kisaran 15.000-20.000 sedangkan DOE nya bisa mencapai harga 50.000/ekor. Karena tidak ada patokan dalam jual belinya sehingga kita harus bisa memilihnya yang berkualitas super. Apabila suatu saat akan dijadikan indukan/pejantan tidak rugi waktu, pakan dan perawatannya.

Sementara yang sudah dewasa bisa mencapai harga 10-30 kali lipat dari harga telur maupun DOE. Terlebih entog tersebut sudah memenangkan kontes, maka taksirannya tergantung dari sang pemiliknya mau melepas diharga berapa. Bisa jadi 3 juta hingga puluhan juta.

Demikianlah rangkaian informasi seputar entok dragon dari kami, mudah-mudahan dengan adanya penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply