32

โˆš Asal Usul Entok Rambon & Keunggulannya

Entok rambon merupakan salah satu jenis itik atau unggas ternak yang kini semakin dikenal masyarakat karena memiliki keunggulan seperti bobot dan warna bulunya. Kepopuleran entok ini semakin berkembang dengan cepat karena adanya kontes dan bisa menjadi sumber pemasukan peternak mentok.

Stigma masyarakat memelihara entok itu kotor dan menimbulkan bau menyengat, namun banyak di era modern ini peternak memodifikasi kandang sedemikian rupa agar selalu bersih, kering dan tidak bau.

Jadi tidak salah sekali bila sobat sedang mencari informasi mengenai entok rambon sebagai referensi usaha ternak skala rumahan. Bagaimana tidak menggiurkan kalau harga jual entok entah jantan dan betinanya bisa mencapai ratusan ribu bahkan hingga jutaan per ekornya.

Biar tidak semakin penasaran tentang unggas ternak satu ini, mari kita simak pemaparannya dibawah berikut.

Contents

Asal Usul Entok Rambon

Sejarah entok rambon asli

Menurut informasi yang kami dapatkan bahwa entok jenis rambon asal muasalnya dari daerah Indramayu Cirebon Jawa Barat. Ternyata istilah rambon pada menthok ini diambil dari paduan kata Indramayu & Cirebon. Dengan inilah nama yang sampai sekarang dikenal diberbagai penjuru daerah.

Nah itulah penjelasan singkat yang bisa menjadi referensi teman-teman jika bingung ditanya mengenai sejarah menthok rambon.

Ciri-Ciri Entok Rambon

Karakteristik Entok Rambon

Pada dasarnya setiap jenis unggas ternak memiliki karakteristik tertentu sebagai penanda dan mudah untuk diketahui masyarakat umum maupun peternak. Adanya ciri-ciri tersebut bisa menjadi perkawinan silang yang mendapatkan anakan jenis baru maupun keunikan tertentu.

Entok rambon mempunyai ciri khas tersendiri yang entah sudah dari kapan dijadikan patokan. Namun beberapa ciri-ciri fisik yang bisa kita ketahui pada visual entog rambon yakni :

  • Memiliki warna dasar abu-abu atau bahasa jawanya klawu
  • Beberapa contohnya ada yang bercorak coklat kemerahan hingga coklat kehitaman
  • Ada pula yang berwarna hitam klawu
  • Berbulu silver putih
  • Memiliki motif
  • Kaki kuning polos
  • Paruh pink polos tanpa ada corak sedikitpun

Secara garis besar untuk membedakan antara entog rambon dengan menthok lokal yaitu dari aspek perpaduan warna bulu lebih unik atau indah selain itu, meskipun sama berwarna hitam entog rambon dominan mengkilap.

Lalu ciri khasnya lainnya dari bobotnya juga jauh lebih karena ketika sudah basong entog rambon dapat mencapai berat 5 kg.

Keungulan Entok Rambon

kelebihan entok rambon

Kelebihan dari entog rambon mempunyai bulu-bulu yang indah, pertumbuhan lebih cepat dan bisa dikelompokkan menthok jumbo. Daya tahan kuat akan berbagai serangan penyakit.

Kategori entog rambon sebagai unggas ternak hias ataupun hobi karena keindahan perpaduan warna yang eksotis sehingga bisa diperlombakan untuk semakin dikenal banyak penghobi. Kemudian dapat diperuntukkan bahan beternak dengan entok lokal dan jadilan ras baru bernama entog dragon.

Dari sisi jual beli sangat berpotensi karena belum begitu banyak yang mengembangkannya. Bila sobat memiliki jumlah yang cukup banyak bisa dijual dengan DOE ataupun pedaging untuk hasil ternak entoknya tersebut.

Adanya penyampaian informasi seperti ini setidaknya memberikan dampak positif bagi peternak entok supaya bisa terus eksis dan menciptakan strain entok baru yang lebih unggul.

Harga Entok Rambon

Berapakah harga entog rambon anakan hingga dewasa untuk saat ini? Mengingat banyaknya jenis dari menthok rambon maka dengan demikian dapat dipastikan tidak ada patokan khusus. Sehingga yang perlu kita ketahui yakni harga secara umumnya.

Untuk DOE atau usia 1 minggu per ekor entog rambon dari harga 50-100 ribu sementara untuk yang remaja/dewasa Rp. 700.000-1.500.000 ribu setiap ekornya. Semakin berkualitas entok tersebut dapat dipastikan harganya juga tidak murah.

Oleh sebab itu jangan asal menawar dan pastikan mengetahui atau menanyakan ke peternak supaya mendapatkan arahan maupun edukasinya. Demikianlah rangkaian informasi mengenai entok rambon dari kami, semoga bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply