1
309

โˆš Tanaman Penangkal Penyakit Ayam

Tanaman penangkal penyakit ayam memang benar adanya, cocok banget buat sobat yang mencari referensi untuk mencegah penyakit pada hewan ternaknya. Metode seperti ini sangat direkomendasikan karena bisa mengurangi resiko ayam mati karena virus. Bahkan lebih hemat dibandingkan membeli obat ayam yang belum tentu cocok juga.

Karena ayam menjadi salah satu hewan peliharaan sekaligus sumber pangan hewani, sehingga dalam menjaga kelangsungan ternak dibutuhkan beberapa metode khusus sebagai upaya pencegahan terhadap kesehatan ayam. Selain itu beberapa masyarakat juga menggantungkan sumber pemasukannya dari mempelihara ayam.

Memang jenis ayam di Indonesia sangat banyak, entah dari ayam hias maupun konsumsi. Meskipun demikian kita tidak boleh menganggap bahwa memelihara ayam itu mudah. Sebab kalau tidak memiliki ilmunya sangat mungkin mengalami kerugian atau gagal.

Untuk itu pada kesempatan yang baik ini, kami sebagai admin akan membagikan informasi lebih lengkapnya seperti dibawah berikut.

Contents

Tanaman Penangkal Penyakit Ayam Bangkok

tanaman penangkal penyakit ayam

Ayam merupakan salah satu jenis ternak yang banyak dipelihara di Indonesia. Tidak hanya sebagai sumber protein hewani, namun juga sebagai sumber penghasilan bagi masyarakat peternak.

Akan tetapi, salah satu masalah yang sering dihadapi dalam beternak ayam adalah penyakit yang dapat menyerang ayam. Penyakit pada ayam dapat menimbulkan kerugian yang besar bagi peternak, baik dari segi ekonomi maupun kesehatan ternak. Oleh karena itu, diperlukan upaya pencegahan penyakit ayam yang efektif.

Salah satu cara pencegahan penyakit ayam yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan tanaman-tanaman tertentu. Tumbuhan tersebut mengandung senyawa aktif yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ayam sehingga mampu melawan serangan berbagai jenis penyakit.

Selain itu, tanaman juga bersifat alami sehingga lebih aman digunakan dibandingkan dengan obat-obatan kimia yang berpotensi menimbulkan efek samping.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan beberapa jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai pencegah penyakit pada ayam. Selain itu, akan dijelaskan pula cara penggunaan dan dosis yang tepat agar tanaman tersebut dapat memberikan manfaat yang optimal bagi ayam.

Dengan memanfaatkan tanaman ini, diharapkan dapat membantu peternak dalam menjaga kesehatan ayam sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatan mereka. Beberapa jenis tanaman yang dapat digunakan sebagai penangkal penyakit ayam antara lain:

Tanaman Temulawak Penangkal Penyakit Ayam

penangkal penyakit ayam dengan temulawak

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) Tanaman satu ini memiliki kandungan kurkumin yang berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi. Selain itu, temulawak juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh ayam.

Sifat dari temulawak bila diberikan pada ayam akan membantu mengeluarkan racun dan memberantas jamur yang mengkontaminasi dalam tubuh ayam.

Terkhusus pada bagian seperti hati, pankreas dengan demikian kehadirannya akan meningkatkan proses penyerapan pakan yang berupa karbohidrat, lemak dan protein.

Tumbuhan Kunyit Pencegah Penyakit Ayam

Curcuma longa atau kunyit memiliki kandungan kurkuminoid dan kurkumin yang juga berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi. Dengan pemberian kunyit yang teratur sesuai dosis dan kebutuhan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh ayam

Obat Alami Penangkal Penyakit Ayam

Jahe Zingiber officinale mengandung gingerol dan shogaol yang berfungsi sebagai antiinflamasi dan antioksidan. Selain itu, jahe juga dapat meningkatkan produksi antibodi dan meningkatkan daya tahan tubuh ayam.

Alhasil, walau kondisi lingkungan yang tidak menentu sistem kekebalan tubuh ayam tetap bagus.

Manfaat Daun Kemangi Untuk Ayam

khasiat daun kemangi untuk ayam

Daun kemangi Ocimum Basilicum mengandung eugenol dan linalool yang berfungsi sebagai antibakteri dan antivirus. Mungkin yang belum banyak diketahui banyak peternak mengenai khasiat daun kemangi yakni salah satu antiseptik alami yang sangat mudah didapatkan.

Apalagi jika diberikan sebagai campuran pakan bisa mencegah ayam bangkok atau kampung mengalami pilek ataupun ngorok. Sehingga kesehatan ayam tetap optimal dan produktivitas serta pertumbuhan semakin meningkat.

Tanaman Penangkal Penyakit Ayam Daun Sirsak

Daun sirsak atau nama lainnya Annona muricata mengandung acetogenin yang berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi. Selain itu, daun sirsak juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh ayam.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa penggunaan tanaman sebagai penangkal penyakit ayam sebaiknya disesuaikan dengan dosis yang tepat dan dikonsultasikan dengan dokter hewan terlebih dahulu.

Selain itu, pencegahan dan pengobatan penyakit ayam juga harus dilakukan dengan cara-cara lain seperti menjaga kebersihan kandang dan memberikan pakan yang sehat dan bernutrisi sesuai kebutuhan dari ayam yang dipelihara.

Demikianlah rangkaian informasi dari kami sobat, mudah-mudahan dengan beberapa tanaman penangkal penyakit ayam diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply