6789

โˆš Cara Mengobati Ayam Pincang Secara Alami

Dalam dunia beternak ayam bangkok atau laga resiko kaki ayam tiba-tiba pincang sebelah sangat mungkin terjadi kapan saja. Kondisi seperti kalau tidak ditangani dengan baik sangat berpotensi performa ayam saat bertarung.

Kaki ayam keseleo atau pincang umumnya terjadi ketika turun dari tempat yang agak tinggi namun posisi menapaknya ke tanah kaki ayam tidak tepat. Maka dari itu menyebabkan pincang sebelah yang bisa diketahui seperti memerah dan terasa hangat bila dipegang.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan pemaparan kepada sobat dunia binatang terkait cara menyembuhkan ayam pincang secara alami. Namun sebelum itu alangkah baiknya kita urutkan supaya lebih mudah difahami. Mari kita simak sama-sama penjelasan dibawah berikut.

Penyebab Kaki Ayam Pincang

Penyebab kaki ayam pincang sebelah

Ayam pincang sebelah, pernah mengalami hal seperti ini ayam peliharannya sobat? Atau kaki ayam pincang secara tiba-tiba, pertanyaan semacam ini sering disampaikan oleh penghobi ayam. Tapi masih sedikit yang mengetahui cara penangannya yang cepat dan tepat.

Untuk mempersingkat waktu, faktor dari kaki ayam pincang sangatlah banyak. Sehingga tidak bisa disudutkan ke satu alasan saja. Terlebih setiap peternak ayam memiliki berbagai model kandang dan perawatan hariannya. Nah, oleh sebab itu begini jawaban versi dunia binatang.

  • Terjepit di sela-sela kandang
  • Terkena pukulan jalu lawan ketika diabar
  • Karena infeksi pada kaki ayam
  • Akibat cidera saat bertarung
  • Jatuh dari atap kandang yang terlalu tinggi
  • Disebabkan benda tajam yang berubah menjadi luka pada telapak kaki ayam
  • Salah satu paha ayam bengkak

Sejatinya penyebabnya bukan pada kaki sampai pergelangannya saja. Karena sangat mungkin didasari paha atau otot ayam ada yang tidak beres. Sesudah memahami penyebabnya rasanya tidak lengkap kalau tidak menjelaskan ciri-ciri ayam pincang, untuk itu jangan diskip ya sobat.

  • Kaki/jari ayam terasa lebih panas dari salah satunya
  • Paha ayam ada yang lebih besar dan terasa hangat kalau dipegang dengan tangan
  • Lipatan siku kaki muncul benjolan seperti bubul ayam
  • Terdapat luka pada kaki ayam

Dengan penjelasan seperti ini setidaknya akan membantu sobat dalam menemukan sumber permasalahan yang akhirnya membantu proses penyembuhan ayam. Karena kaki ayam pincang penyebabnya cukup komplek dan mesti mengamati dengan cermat sebelum sobat melakukan tindakan pengobatan.

Cara Mengobati Ayam Pincang Secara Alami

Cara mengobati kaki ayam pincang tradisional

Cara mengatasi ayam pincang sebenarnya juga tidak sulit sekali, akan tetapi yang harus diketahui lebih dulu yaitu penyebabnya. Pasalnya faktornya itu ada beragam, contohnya ayam diabar terlalu dini dan bergerak asal-asalan hingga mengakibatkan benturan pada area kaki.

Hal diatas ini sudah menjadi resiko peternak ayam aduan, tapi kejadian yang serupa pun sangat mungkin dialami oleh ayam kampung atau ayam ras lainnya. Dimana notabenya bukan petarung namun ayam peliharaan saja untuk hobi.

Tidak perlu pusing ataupun merasa resah ketika ayam kesayangan sobat kakinya pincang. Pokoknya ketahui penyebabnya terlebih dahulu baru melakukan tindakan pengobatan. Kami ada rekomendasi yang bisa sobat aplikasikan dirumah, simak dengan teliti ya sobat.

Obat Tradisional Ayam Pincang Daun Serai

Batang serai atau yang lebih dikenal dengan daun serai ini bisa dimanfaatkan untuk metode pengobatan berbagai jenis unggas yang mengalami kaki pincang ataupun memar. Untuk cara pemberiannya sobat amati deskripsi dibawah.

Siapkan 3 batang serai dengan air bersih dalam panci kurang lebihnya 1 liter. Kemudian panaskan sampai air mendidih, sesudah itu diamkan sampai hangat lalu rendam kaki ayam yang sakit tadi. Terus lakukan cara ini selama 3 hari pagi dan sore hari.

Apabila setelah 3 hari tidak nampak perubahan yang bagus sobat bisa memberikan tambahan obat berupa jahe yang diminumkan pada ayam yang pincang. Selain itu ada juga menu tambahan untuk memaksimalkan pengobatan dengan memberi ragi tape, paling tidak 1 kali seminggu agar ayam bisa kembali jalan secara normal.

Cara Menyembuhkan Kaki Ayam Pincang Keseleo

Lalu metode yang kedua dalam mengobati kaki ayam yang keseleo sobat dunia binatang dapat memberikan gel lidah buaya. Seperti yang kita ketahui bahwa lidah buaya merupakan tanaman yang mengandung gel sebagai obat kaki unggas yang terluka, gigitan serangga atau akibat infeksi jamur.

Sangat simpel sekali cara penggunaannya karena sobat cukup mengeluarkan gel yang terdapat pada lidah buaya lalu lumatkan pada bagian kaki ayam yang pincang keseleo tersebut. Guna lebih efektif pastikan juga pemberian dengan rutin serta memperhatikan aktivitas ayamnya.

Kalau saran dari kami minimal memberikan selama 3-5 hari yakni pagi dan sore. Selain itu bisa juga sekalian diurut-urut untuk mengecek perkembangan dari kaki ayam yang pincang. Untuk obat dalamnya bisa menggunakan bawang putih sebagai antibiotik bila kaki ayam terluka.

Obat Kaki Ayam Bengkak & Pincang

Daun Kemangi memang sangat terkenal sebagai lalapan tambahan ketika makan yang bersifat daging. Namun perlu ketahui pula bahwa daun kemangi bisa pula digunakan sebai obat untuk kaki ayam yang bermasalah bengkak ataupun pincang.

Prosedur mengobatinya pun tidak ribet karena cukup sobat tempelkan pada bagian kaki ayam yang sakit bengkak. Manfaat lainnya pun bisa dijadikan obat karena gigitan serangga ataupun nyamuk. Karena kaki ayam pincang pun bisa dilatarbelakangi gigitan nyamuk.

Nah itulah beberapa contoh untuk cara mengobati ayam pincang secara alami versi dunia binatang. Maka dari itu untuk metode pencegahan sobat bisa mengamati lebih lengkap pada penjelasan dibawah.

Tips Mencegah Lutut Ayam Bengkak & Pincang

Lutut ayam bengkak dan pincang

Setelah ayam diobati dan sembuh apakah sudah berakhir begitu saja? Oh tidak sobat, karena informasi penting lainnya yaitu perihal pencegahan sebagai upaya agar tidak sampai terjadi lagi pada ayam peliharaan sobat lainnya.

Beberapa metode pencegahan ini setidaknya akan membantu sobat untuk mencegah resiko pada kaki ayam. Lalu bagaimana dan apa saja yang perlu dilakukan oleh penghobi ayam di Nusantara? Berikut poin-poin penting yang dapat diupayakan :

  • Melatih ayam aduan dialas yang lembut dan rata
  • Membungkus taji ayam untuk menghindari benturan serius
  • Jarak alas kandang perlu diperhatikan untuk batasan usia ayam
  • Tangkringan ayam jangan terlalu tinggi
  • Membatasi aktivitas ayam dari tempat ketinggian diatas 1,5 meter
  • Mengecek kondisi kandang ayam khususnya untuk anakan
  • Sebelum melatih fisik ayam kondisinya sedang prima dan tidak ada permasalahan
  • Menjauhkan tempat umbaran/jemur ayam pada kontur bebatuan atau kaca

Demikianlah rangkaian infomasi untuk kali ini yang bisa kami sampaikan perihal cara mengobati ayam pincang secara alami. Mudah-mudahan dengan adanya berbagai cara diatas dapat bermanfaat untuk kita semuanya, sekian dari kami dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply