1779

โˆš Ayam Bangkok Wangkas

Ayam bangkok wangkas memang sudah sangat terkenal dimana-mana. Akan tetapi dibeberapa daerah lain ayam ini diberikan nama yang berbeda, contohnya seperti semprang, wongko & belurang. Biasanya penyebutan tersebut sangat berpengaruh pada wilayahnya.

Secara garis besar ayam ini sama dengan ayam bangkok pada umumnya. Tapi dengan keberagaman setiap warna bulu yang terdapat pada setiap ayam memiliki keistimewaan atau mitos tertentu. Bahkan juga kerap disangkutkan kepercayaan berupa katuranggan yang dinilai dari kelebihan yang tak selalu dimiliki setiap ayam.

Maka dari itu tak jarang yang memperhitungkan waktu, hari dan primbon jawa di area gelanggang ayam. Sudut pandang ini hingga kini masih berlaku bagi mereka yang mempercayai primbon guna ayam kesayangannya bisa memenangkan pertandingan.

Karakteristik Ayam Bangkok Wangkas

Ciri-Ciri Ayam Wangkas

Sebetulnya istilah wangkas diambil dari penamaan ayam yang memiliki warna ataupun corak di bulu sayapnya. Umumnya ayam wangkas memiliki ciri fisik yang sama antara tubuh dengan bercak kedua sayapnya.

Pemberian nama ini sudah berlangsung turun temurun dari sesepuh dan masih berlaku juga dalam menilai keistimewaan ayam tersebut. Bagi sobat yang belum mengetahui secara rincinya, berikut akan kami lampirkan sesuai informasi yang kami ketahui :

  • Memiliki warna badan atau sayapnya kuning orange seperti api yang menyala
  • Beberapa jenis lainnya dengan ciri khas warna bulu atau rawis kemerahan
  • Semakin tembus antara bulu, paruh, mata, kaki & sisik menjadi kelebihan yang meningkatkan harga jual belinya.
  • Postur tubuh tegak dan perabotan badan tebal
  • Jengger telon atau tunggal tegak
  • Karakteristik ayam wongko juga sama dengan ayam bangkok pada umumnya.

Dari penjelasan diatas bahwa pada intinya ciri-ciri fisik ayam wongko masih sama dengan jenis bangkok yang kerap kita jumpai disekitar kita. Jadi jangan heran kalau masih ada sedikit perbedaan pendapat bagi penghobi berbeda daerah.

Klasifikasi Warna Ayam Bangkok Wangkas

jenis ayam bangkok wangkas

 

Keberagaman ayam wangkas ini menjadikan perbedaan yang bisa ditandai warna bulu dasarnya ataupun rawisnya. Karena sangat banyak jenis warnanya, oleh maka dari itu kami akan memberikan penjabaran supaya lebih mudah fahami dengan detail.

Mungkin disebagian daerah perbedaan ini tidak begitu berlaku, namun di kawasan lain tetap berlaku walaupun warnanya hampir sama. Apa saja klasifikasinya, yuk simak penjelasan dibawah berikut.

Ayam Wangkas Putih

Ayam wangkas putih

Jenis yang pertama ini merupakan ayam bangkok wangkas putih dimana identitas utamanya hampir seluruuh badannya berbulu putih, namun dibagian kedua sayap atau ekornya bercorak kuning orange. Dengan demikian menjadikan ciri khas nama ayam wangkas putih.

Umumnya warna bulu merah ini akan menyebar baik dari leher, dada, sayap dan punggung. Sebagian kecil juga terdapat diwarna bulu ekor sang ayam. Akan tetapi keberagaman warna yang paling dominan tergantung dari faktor usia dan genetik indukannya.

Ayam Wangkas Geni

Ayam bangkok wangkas geni

Wangkas geni adalah ayam yang mempunyai karakteristik warna bulu badannya di dominasi kemerahan. Jadi kalau diperinci lagi ada perpaduan warna kuning kemerahan yang titik utamanya leher ayam dan rawisnya bercorak gelap. Presentase warna menunjukkan 75% merupakan paling dominan menurut nama ayam ini.

Walaupun warna merah menjadi simbol dominan, namun di bagian lehernya nampak jelas sekali warna merahnya lebih gelap. Meskipun demikian kalau dibandingkan jenis warna bulu yang lain wayam wangkas ini tetap lebih gagah karena perpaduan yang matang dan badan tinggi.

Alhasil tak heran kalau di gelanggang ayam wangkas geni menjadi daya tarik dan mengeluarkan wibawa. Hal ini tak lepas dari warna bulunya yang melambangkan mental dan kekuatan yang tidak ada rasa takutnya sama sekali.

Ayam Wangkas Klawu

ayam klawu wangkas

Kemudian yang ketiga ini mungkin tidak begitu sulit kita temui di daerah sekitar. Meskipun tak banyak yang mengoleksi warna wangkas klawu masih menjadi hal unik jika diternak. Kenapa bisa demikian? Salah satu faktornya yakni keindahan dari perpaduan dua jenis warna bulu yang tidak mudah untuk mencetaknya.

Ciri khas dari wangkas klawu yaitu bulu dasarnya didominasi dengan kelabu dan bagian rawis dilengkapi dengan warna wangkas atau orange kemerahan. Terkadang warna kelabu juga sering muncul pada ayam yang mempunyai corak kopi susu atau wangkas muda.

Walau kekurangannya ketika bulu tua terlihat kusam dan corak acak-acakan. Ayam klawu wangkas masih menjadi idola bagi penghobi ayam bangkok klasik. Sebab keistimewaannya tak sekedar dari struktur tulang dan kepadatan badannya. Melainkan gaya pertarungannya juga cukup merepotkan lawannya.

Ayam Wangkas Emas

Ayam wangkas emas

Klasifikasi selanjutnya yaitu ayam wangkas emas yang merupakan jenis bulu ayam paling banyak diminati dan diburu para penghobi. Bagaimana tidak keindahan perpaduan bulunya saja menjadi daya tarik banyak orang. Maka dari itu bisa dijadikan ayam laga ataupun hias saja.

Ciri-ciri dari ayam bangkok wangkas emas yaitu bulu dasar dan rawisnya serupa dengan emas. Ya benar sekali jadi kuning orange muda yang mengkilap, apalagi jika warnanya tembus menambah keunggulan berdasarkan fisiknya.

Umumnya kelebihan ayam wangkas emas yaitu pukulan yang keras, akurasi tepat sasaran, teknik tarung tenang namun mau bongkar sayap lawan. Selain itu kekuatan fisik nafasnya sangat panjang dan mentalnya tidak mudah dikalahkan.

Jadi jangan heran kalau ayam wangkas ini bisa dihargai sangat mahal dan tak sedikit yang memelihara untuk dijadikan ayam klangenan atau hias. Karena diera modern ini ada jenis ayam bangkok yang dipelihara untuk kontes hias layaknya hewan katuranggan di nusantara.

Ayam Wangkas Sapi

Ayam wangkas sapi

Jenis warna bulu ayam bangkok wangkas terakhir ini diberi nama wangkas sapi? Kok bisa seperti itu, apakah karena warnanya mirip dengan sapi. Iya hal ini bisa dibenarkan lantaran penyebutan tersebut tidak lepas dari kemiripan warna rawis atau bagian leher dan sayapnya.

Wangkas sapi ciri-ciri fisiknya yaitu warna dasarnya ada dua pertama hitam lalu dilengkapi dengan orange kemerahan. Sedangkan disisi leher, rawis punggung, sayap dan ekornya orange kemerahan tapi paling petang muncul di bagian luar sayapnya.

Keberagaman seperti terkadang membuat diri kita terkecoh lantaran saking banyaknya dan perbedaannya tak jauh berbeda. Hanya saja ayam bangkok wangkas sapi identing dengan merah bata sedangkan wangkas geni dominan ke warna gondang alias wangkas petang.

Sedangkan kelebihan dari ayam ini tak jauh berbeda dengan ayam umumnya. Untuk spesifikasi lebih detail sobat bisa mencari informasi dari silsilah ayam ataupun bertanya dengan peternaknya langsung. Karena dari karakteristik fisik terkadang tak sesuai kualitas aslinya.

Kekurangan Ayam Wangkas

Berbicara kekurangan pastinya tetap ada setiap makhluk hidup, begitu pula dengan ayam wangkas. Lalu apa yang menjadi titik kelemahan dari ayam ini, namun disisi lain faktor perawatan dari pemilik ayam juga sangat penting terhadap kualitas ayamnya.

Menurut mitos yang beredar bahwa kelemahan dari ayam bangkok wangkas yaitu ketika bertarung harus dibawah pohon bambu. Jika tidak biasanya mentalnya kurang garang dan sulit memenangkan pertarungan. Namun hal ini ternyata tidak sesuai dengan kenyataannya, karena ayam wangkas memiiki trend ayam jawara.

Kelebihan Ayam Bangkok Wangkas

Kelebihan ayam bangkok wangkas

Dari penjelasan diatas tadi bahwa ayam wangkas sangat banyak klasifikasi warna bulu. Begitu juga keistimewaan dari ayam ini kerap memberikan pukulan yang mengejutkan dan akurasi sangat bagus. Lalu dari tekniknya membuat lawan kwalahan dengan pukulan keras.

Tidak hanya itu saja masih banyak lagi keungguan dari ayam wangkas yang tidak kita sadari memiliki peminat sangat banyak diberbagai penjuru tanah air ini, berikut beberapa contohnya.

  • Memiiki katuranggan yang bagus
  • Bisa dijadikan ayam hias ataupun laga
  • Menurunkan genetikan warna yang kuat
  • Mental bertarung sangat bisa diandalakan oleh pemiliknya
  • Ciri khas bertarung dengan mayoritas dongkrak, bongkar sayap dan pukul samping
  • Warnanya sangat beragam dan bagus jika disilangkan dengan betina warna hitam rawis, lurik & wiring kuning.

Demikianlah rangkaian informasi mengenai ayam bangkok wangkas yang bisa kami sampaikan dari berbagai sumber. Semoga dengan adanya pemaparan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply